HP Restart Saat Main Game, Cara Mudah Mengatasinya

HP Restart Saat Main Game
HP restart saat main game, begini cara mengatasinya. Foto: Ist/Net

HP restart saat main game tentu menjadi sebuah hal yang sangat menyebalkan. Bahkan para gamer banyak yang jadi malas untuk bermain lagi.

HP yang mengalami restart dengan sendirinya tidaklah seutuhnya disebabkan oleh ponsel yang rusak. Anda jangan buru-buru untuk mengganti HP.

Baca Juga: Game Cacing Terbaik 2020 yang Sedang Viral

Kadang HP akan menyala kembali secara otomatis. Hal tersebut biasa terjadi atau wajar, namun bila terlalu sering maka smartphone anda sedang bermasalah.

Penyebab HP Restart Saat Main Game

Smartphone kadang mengalami restart meskipun kondisi baterai penuh. Hal tersebut bisa disebabkan oleh stabilitas baterai yang hampir rusak.

Kemungkinan lainnya adalah komponen seperti software dan hardware yang mengalami crash. Kerusakan ponsel restart ketika main game  bisa saja terjadi pada ponsel berbagai merk. Misalnya saja Samsung, Lenovo, Advan, Oppo dan ponsel-ponsel lainnya.

Meskipun berbeda merk, tapi kerusakannya sama. Sehingga untuk memperbaikinya juga hampir sama. Penyebab HP restart diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Terlalu Banyak

Aplikasi yang terlalu banyak membuat HP mudah restart ketika dipakai untuk bermain game. Apalagi jika berbagai macam aplikasi media sosial kesukaan dipasang.

Sebaiknya anda memasang aplikasi yang dibutuhkan saja supaya dapat mencegah HP restart saat main game.

Begitu pula jika memasang aplikasi sembarangan, kadang HP mudah mengalami crash. Kerusakan pada hardware dan software tidak akan bisa dihindari bila code apk bertabrakan.

2. Baterai dan Mesin Overheat

Banyaknya aplikasi yang berjalan akan membuat mesin HP overheat. Baik itu untuk penggunaan aplikasi pada latar depan maupun belakang. Baterai HP akan mudah terkuras.

Saat bermain game dalam waktu yang lama juga akan membuat mesin panas dan terpaksa ponsel akan restart dengan sendirinya.

Lamanya masa pemakaian HP juga menjadi penyebab dari HP restart sendiri. Kualitas baterai akan menurun dan boros saat dipakai. Sebaiknya anda mengganti baterai dengan yang baru.

3. Android Root

Setelah diroot, kadang HP restart saat main game dengan sendirinya. Root tidak selalu memberikan dampak yang positif bagi semua HP.

Malah banyak ponsel yang mengalami mati total. Smartphone yang telah diroot kadang akan mengalami error pada sistem operasinya.

Virus atau malware dalam smartphone juga dapat menyebabkan smartphone sering restart. File sampah yang menumpuk dan tidak dibersihkan secara berkala akan menjadi penyebab restart yang sering terjadi.

Cara Mengatasi Ponsel Restart Saat Main Game

Jika sudah mengetahui penyebab HP restart sendiri, maka anda dapat mengatasi dengan melakukan beberapa langkah.

1. Membersihkan Cache

Cek keadaan file sampah pada HP anda. Mungkin hal tersebut menjadi salah satu penyebab utama

Agar tidak lemot dan HP restart saat main game, sebaiknya anda  mengecek jenis prosesor pada game Android. Anda dapat menghapus file sampah secara manual. Bisa pula dengan menginstal aplikasi untuk menghapus semua file sampah dengan mudah.

2. Hapus Game dan Aplikasi yang Tidak Compatible

Bila game terlalu berat, maka hapuslah game tersebut. Kemungkinan aplikasi game tidak sesuai dengan Android yang anda miliki. Dengan demikian, HP anda tidak akan sering mengalami error atau restart.

Aplikasi yang tidak compatible juga perlu anda hapus. Mungkin anda masih merasa bingung saat mengindikasikan apakah aplikasi tersebut compatible atau tidak.

Tanda aplikasi tidak compatible adalah sering mengalami error dan tidak jarang muncul pesan seperti Force Close. Aplikasi tersebut tidak cocok dengan OS Android yang anda miliki.

Cara menghapusnya adalah dengan buka Pengaturan, pilih Aplikasi dan tap aplikasi yang ingin anda hapus. Tap copot pemasangan jika ingin Uninstall atau menghapusnya.

Dengan mencoba cara yang satu ini, dijamin masalah HP restart saat main game tak akan anda alami lagi.

3. Perbaiki Kualitas Baterai

Kualitas baterai perlu anda perhatikan untuk pemakaian berbagai aplikasi apakah mencukupi atau tidak. Karena bisa jadi penggunaan aplikasi yang terlalu banyak dan sering menyebabkan kualitas baterai menurun sehingga menyebabkan ponsel restart saat main game.

4. Factory Reset

Jika semua cara sudah anda lakukan, maka langkah terakhir adalah melakukan factory reset. Smartphone anda akan kembali ke kondisi semula. Semua data sebaiknya anda backup terlebih dahulu agar bisa dikembalikan seperti semula.

HP restart saat main game tentu akan membuat permainan anda terputus dan mengecewakan. Untuk itu, anda perlu mengenali beberapa penyebabnya sehingga dapat menentukan cara untuk mengatasinya. (R10/HR-Online)

Loading...