HP Vivo Y95, Smartphone Murah dengan Kamera Selfie dan Baterai Besar

HP Vivo Y95
HP Vivo Y95 yang dibekali dengan kamera selfie dan baterai besar. Foto : Vivo Indonesia

HP Vivo Y95 menjadi salah satu smartphone yang sukses mencuri perhatian sejak pertama kali dirilis, pada pertengahan bulan November 2018. Pasalnya, HP Vivo Y95 ini memiliki kelebihan yang jarang dibawa oleh ponsel dengan harga yang sama.

Smartphone besutan vendor asal China ini termasuk dalam kelas low-end, sehinggga target dari Vivo untuk ponsel tersebut menyasar pangsa pasar dengan budget phone terbatas.

Meski dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, namun spek dari Vivo Y95 ini bisa diandalkan. Penasaran dengan andalan yang ditawarkan oleh seri Y95 ini, berikut ulasannya.

Kelebihan HP Vivo Y95

Seri Y95 besutan dari Vivo di toko online Indonesia sekarang ini dijual dengan harga mulai dari Rp 1,4 jutaan. Meski terbilang murah, akan tetapi jeroannya yang dibawanya tidak murahan.

Kamera Selfie

Sejak pertama keluar, Vivo Y95 ini menjadi pusat perhatian. Pasalnya, di bagian kamera selfie dibekali dengan lensa beresolusi 20 MP dengan bukaan f/2.0.

HP Vivo Y95 yang dipasang lensa 20 MP itu bisa menangkap lebih banyak detail wajah dari sebelumnya. Selain itu, dengan pencahayaan yang baik, maka hasil dari kameranya itu sangat tajam.

Kamera depannya itu dibekali dengan 20MP AI Face Beauty yang bisa menyempurkan kecantikan serta kejernihan saat selfie.

Sedangkan algoritma AI akan mendeteksi jenis kelamin, warna, usia, serta tekstur kulit, dan pencahayaan di sekitarnya dengan otomatis. Hal ini guna menyempurnakan wajah tanpa perlu mengatur terlebih dulu.

Sedangkan di bagian belakang dipasang dual lensa, masing-masing 13 MP sebagai kamera utama dengan bukaan f/2.2 dan kamera sekunder 2 MP (sensor kedalaman).  

Baterai Besar

Selain kamera depan yang besar, HP Vivo Y95 ini juga ditanam baterai berkapasitas jumbo, yakni berkapasitas 4030 mAh.

Dengan baterai yang besar tersebut, maka smartphone ini bisa menemani Anda saat bermain game atau menonton video streaming lebih lama setiap harinya.

Sehingga, untuk Anda yang dalam kesehariannya beraktifitas yang tinggi di luar ruangan, maka smartphone Y95 sangat pas untuk menemani mobilitas Anda yang padat, tanpa khawatir kehabisan baterai.

Sementara dari hasil uji ketahanan baterai yang diuji oleh Yugatech, HP Vivo Y95 ini bisa bertahan sampai 18 jam lima menit ketika dipakai untuk memutar video dengan pengaturan volume suara 50 persen, dan tingkat kecerahan 50 persen.

Performa Handal

Selain memiliki kelebihan di atas, Vivo Y95 juga memiliki performa yang handal. Smartphone Vivo ini ditenagai dengan chip Snapdragon 439 dengan fabrikasi 12 nm, CPU octa-core delapan inti serta GPU Andreno 505.

Sedangkan sebagai pendukung performanya itu, dipasang juga RAM berkapasitas 4 GB, yang disandingkan dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB.

Vivo mengklaim bahwa dapur pacunya itu bisa memberikan kinerja lebih baik 25 persen, ketimbang prosesor Snapdragon 430.

Selainitu, RAM dari HP Vivo Y95 ini lebih unggul dari ‘saudaranya’ yaitu Vivo Y91. Sehingga dengan perpaduan itu, ponsel ini bisa menjalankan tugas maupun dipakai untuk bermain game dengan lancar dan baik.

Layar Lebar

Kelebihan Vivo Y95 ternyata bukan hanya sampai di situ saja. Melainkan bagian layarnya juga bisa diandalkan.

HP asal negeri Tirai Bambu ini memiliki ukuran layar selebar 6,22 inci Ultra All Screen. Resolusinya 720 x 1520 piksel, dengan menawarkan rasio layar ke bodi yang optimal sebesar 88,6 %, atau jauh lebih besar jika dibandingkan dengan notch yang dimiliki smartphone lain.

Notch yang diletakkan di bagian tengah atas layar dan untuk menaruh kamera selfie itu, menimbulkan kesan seperti lingkaran cahaya matahari terbit.

Ukuran notch yang kecil serta berdesain mengesankan, memberikan pengalaman berbeda dengan tampilan yang lebih luas bagi Anda. 

Fitur HP Vivo Y95 Lainnya

Seri Vivo Y95 menerapkan proses pewarnaan yang unik dan baru pada bagian bodi belakangnya.

Dengan perpaduan warna hitam pekat serta biru yang berkilau yang sempurna itu, ditambah warna ungu violet yang terlihat dari sudut tertentu, menjadikan smartphone ini terlihat mengesankan dan elegan.

Y95 juga dibekali dengan fitur AI Game Mode yang diperbarui, sehingga fitur ini semakin lebih baik. Seperti pada Game Keyboard, notifikasi panggilan serta menambahkan fitur baru yakni Game Assistant.

Bukan hanya itu, HP Vivo Y95 juga tersedia mode Auto Gaming. Mode ini membuat game dimainkan tetap berjalan, meski layar ponsel terkunci atau ketika sedang melakukan hal lain.

Fitur lainnya terdapat Jovi Smart Scene, yang bisa menjadi asisten pribadi Anda. Fitur ini mempunyai kemampuan untuk memahami apa yang diperlukan, serta menjadi pendamping setia untuk membantu Anda.

Fitur Jovi ini sangat berguna untuk keseharian, seperti menginformasikan hasil pertandingan olahraga, menghitung kalori harian, informasi cuaca hari itu juga, dan sebagai alarm untuk beristirahat jika beraktivitas sampai larut malam.

Tidak ketinggalan, HP Vivo Y95 juga menggunakan OS Funtouch OS 4.5 berbasis Android Oreo 8.1. Antarmukanya ini mungkin akan sedikit membingungkan ketika pertama kali digunakan.

Apabila sebelumnya untuk menampilkan toggle serta shortcut harus men-swipe layar dari atas ke bawah, maka kali ini caranya secara terbalik.

Sayang, dibalik ada kelebihan tentu ada kekurangan. Untuk seri Y95 ini kekurangannya adalah bagian baterai tidak disertai dengan pengisian cepat. Sehingga saat mencharger baterai sampai penuh diperlukan waktu yang lebih lama.

Selain itu, pada bagian layarnya juga tidak diberi pelindung atau screen protector seperti Gorilla Glass.

Meski sudah dipasang kaca film pelindung, akan tetapi kesan khawatir ketika terkena goresan maka bisa saja dirasakan oleh pengguna.

Namun mengingat HP Vivo dijual dengan harga yang relatif tidak bikin kantong jebol ini, maka kekurangannya sepertinya tidak perlu dipikirkan. (Adi/R5/HR-Online)