HP Xiaomi Redmi 8A Pro, Inilah Bocoran Spesifikasinya

HP Xiaomi Redmi 8A Pro
HP Xiaomi Redmi 8A Pro. Foto: Istimewa

HP Xiaomi Redmi 8A Pro merupakan smartphone kelas entry level yang akan segera diluncurkan di pasaran Indonesia. Berita tersebut telah dinyatakan dalam akun media sosial Twitter milik Xiaomi.

Vendor smartphone asal China tersebut menghadirkan Redmi 8A Pro setelah meluncurkan Redmi 8 dan Redmi 8A. Kemungkinan Redmi 8A Pro akan mendarat di Indonesia bulan April mendatang.

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 8A Pro

Pada situs resmi Xiaomi, telah disebutkan jika smarphone Redmi 8A Pro telah terdaftar dalam sertifikasi RF. Smartphone ini baru akan diluncurkan di situs web Mi di India.

Namun, daftar ponsel belum dapat diklik, sehingga belum dapat dilihat berapa nomor modelnya serta rincian spesifikasi secara detail.

Hal tersebut merupakan sebuah indikasi jika ponsel tersebut akan diluncurkan di India. Inilah kali pertamanya seri entry level dari Redmi A series mendapatkan versi Pro.

Dapat dipastikan bahwa HP Xiaomi Redmi 8A Pro akan membawa peningkatan spesifikasi dari seri sebelumnya, yakni 8A.

Redmi 8A Pro dengan tampilan notch baru akan tampak seperti ponsel kelas menengah. Kamera selfie yang disematkan pada layar terlihat lebih modern dan elegan. Spesifikasi dari Xiaomi Redmi 8A Pro adalah sebagai berikut:

Dapur Pacu

Smartphone diotaki dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450. Pada sektor penyimpanannya terdapat dua varian, yakni menggunakan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB serta RAM 3 GB dengan ROM 32 GB.

Redmi 8A Pro menjalankan sistem operasi Android 9 Pie. Pada antar mukanya dilapisi dengan MIUI 10. Sementara untuk prosesor yang disematkan memakai Quad core 1.8 GHz, Cortex A53 dengan arsitektur 64 bit.

Layar dan Desain

Layar ponsel terbaru dari HP Xiaomi Redmi 8A Pro seluas 6.22 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Perlindungan layarnya menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Lebih menariknya lagi, layar ponsel ini menggunakan panel IPS LCD dan beresolusi HD+. Desain layar mengadopsi bezel-less serta poni yang mirip seperti tetesan air atau waterdrop.

Redmi 8A Pro dibekali touch screen dengan Capacitive Touchscreen dan Multi Touch dengan pixel density mencapai 270 ppi.

Konfigurasi Kamera

Pada aspek fotografi, HP Xiaomi Redmi ini dibekali dengan dua kamera belakang yakni kamera utama 12 MP dan kamera depth 5 MP.

Kamera didukung fitur Digital Zoom, Auto Flash, Touch to focus dan Face Detection. Pengaturan kamera menggunakan ISO Control dan Exposure compensation.

Untuk resolusi gambarnya 4000 x 3000 piksel dengan dukungan autofokus dan LED Flash. Pada shooting modes mendukung Continuous Shooting dan High Dynamic Range Mode atau HDR.

Sementara untuk kamera depannya mempunyai lensa 8 MP yang terletak pada notch dengan gaya waterdrop.

Baterai dan Konektivitas

Keunggulan lain dari spesifikasi yang dimiliki HP Xiaomi Redmi 8A Pro adalah mempunyai kapasitas baterai jumbo.

Tidak main-main, baterai yang ditanamkan sebesar 5.000 mAh dengan dukungan fast charging. Type baterai yang digunakan adalah Li-ion.

Pada sektor konektivitas telah dilengkapi dengan audio jack 3.5 mm untuk Mass storage device dan USB charging, Wifi 802.11, b / g / n dengan fitur Mobile Hotspot, Bluetooth v4.2, GPS dan Volte. Selain itu terdapat slot Micro SD yang bisa diperluas hingga 512 GB.

Smartphone telah didukung pemindai sidik jari yang berada di belakang body. Sensor lainnya adalah Light sensor, Proximity sensor serta Acceleromete.

HP Xiaomi Redmi 8A Pro, Harga dan Ketersediaan

Jika dilihat dari spesifikasi yang ditingkatkan dari versi sebelumnya, tentu akan berdampak pada harga. Harga yang ditawarkan akan lebih mahal bila dibanding dengan edisi sebelumnya.

Namun anda akan mendapatkan performa yang lebih tangguh, seperti halnya tipe chipset, kapasitas penyimpanan, konfigurasi kamera dan sensor sidik jari yang disematkan.

Kehadiran versi Pro dari Redmi ini diharap dapat menjawab kebutuhan para pengguna kelas entry level.

HP Xiaomi Redmi 8A Pro di pasaran India dibanderol dengan harga 8.499 Rupee atau sekitar 1,8 jutaan. Untuk pihak Xiaomi di Indonesia belum dapat memastikan kisaran harganya.