Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita BisnisIngin Ternak Ikan Hias Air Tawar? Kenali Jenis yang Terpopuler

Ingin Ternak Ikan Hias Air Tawar? Kenali Jenis yang Terpopuler

Jenis ikan hias air tawar ada banyak sekali. Selain bentuknya yang indah dan cantik, ikan hias juga cocok dipelihara di rumah atau di perkantoran. Melihat ikan yang cantik bisa mengurangi stres setelah kerja seharian. Memelihara atau ternak ikan hias pun menjanjikan keuntungan.

Indonesia termasuk negara yang kaya dengan jenis ikannya. Seperti dikutip dari data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia memiliki 400 spesies dari 1.100 lebih jenis ikan hias non laut yang diperdagangkan di dunia.

Agar menguntungkan, usaha ternak atau budidaya ikan hias tentunya perlu memilih jenis ikan yang populer. Selain menyangkut pangsa pasarnya, tingkat kesulitan dalam pemeliharaannya juga perlu menjadi pertimbangan.

Baca juga: Potensi Bisnis Budidaya Ikan Hias yang Sangat Menjanjikan

Dibanding ikan laut, jenis ikan hias air tawar lebih mudah untuk diternak dan dibudidayakan. Selain tidak membutuhkan teknologi yang tinggi, biaya pemeliharaannya juga murah dan bisa dilakukan dalam skala usaha rumahan.

5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler yang Cocok Dibudidayakan

Jika Anda ingin mencoba untuk menggeluti usaha budidaya ikan hias, penting untuk mengenali jenis ikan yang cocok diternakkan. Cocok dalam artian usaha ternak mudah dijalankan dan tentunya juga banyak dibutuhkan pasar.

Diantara begitu banyak jenis ikan hias air tawar tak semuanya bisa dan mudah dibudidayakan. Nah, berikut ini beberapa jenis ikan hias yang terpopuler dan paling banyak disukai masyarakat.

Ikan Arwana

Ikan arwana diketahui sebagai ikan endemik yang berasal dari Indonesia. Memiliki nama latin Screlopages sp, Arwana banyak ditemukan di daerah sungai serta perairan tawar yang berada di Papua dan Kalimantan.

Baca juga: Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Ikan hias air tawar ini termasuk jenis ikan eksklusif karena memiliki harga jual yang tinggi. Arwana juga kerap dianggap sebagai ikan keberuntungan. Anda bisa memilih ikan ini untuk budidaya ikan hias yang menjanjikan.

Ikan Louhan

Selain yang telah disebutkan di atas, ikan louhan juga termasuk jenis ikan hias yang sangat disukai. Jenis ikan ini bahkan setara dengan arwana yang merupakan ikan eksklusif dan berharga jual tinggi.

Ikan Cupang

Ikan satu ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang endemik di beberapa negara Asia Tenggara. Ikan ini mempunyai habibat asli di rawa daerah tropis, sehingga ikan ini mampu hidup dengan volume air sedikit dan kandungan oksigen minim.

Untuk anda yang ingin memulai budidaya ikan hias, maka ikan satu ini akan cocok untuk dipilih. Warna sisik dan siripnya yang cantik tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias.

Ikan Koi

Ikan yang pertama kali populer di Jepang ini merupakan ikan hias air tawar yang cocok untuk dibudidayakan. Hal ini karena daya tarik dari warnanya yang cantik dan pastinya akan memikat para pecinta ikan hias.

Baca juga: Ikan Hias Aquarium untuk Usaha Ternak Rumahan yang Menjanjikan

Untuk budidaya ikan koi juga tergolong mudah. Namun untuk mendapatkan ikan yang memiliki kualitas bagus tidaklah mudah. Anda pun perlu untuk mengetahui cara budidayanya dengan benar.

Ikan Guppy

Ikan hias air tawar selanjutnya yang cocok untuk usaha budidaya adalah ikan guppy. Ikan imut ini merupakan salah satu ikan yang mudah dipelihara dan diternakkan. Penyebarannya pun cukup luas dan ada di seluruh dunia.

Ikan ini mampu bertelur hingga 3 kali dalam satu kali perkawinan dan menghasilkan 100 hingga 300 burayak dalam sekali melahirkan. Karena itu sangat potensial untuk usaha yang menguntungkan.

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang terpopuler dan banyak dicari para pecinta ikan cantik ini. Dengan mengenali sifat, jenis, dan karakter ikan hias ini tentunya akan memudahkan Anda dalam budidaya yang menguntungkan. (R9/HR-Online)