Jalan Raya Cigugur-Langkaplancar Pangandaran Amblas

Jalan Raya Cigugur-Langkaplancar Pangandaran Amblas
Jalan raya Cigugur-Langkaplancar yang mengalami amblas. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).-  Jalan raya Cigugur-Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengalami amblas akibat hujan yang hampir tiap hari mengguyur wilayah Cigugur dan sekitarnya.

Jalan amblas yang berada di Dusun Cigugur RT 22 RW 08 Desa Campaka, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, dikeluhkan warga.

Kepala Desa Campaka, Wawan Herdiawan, mengatakan, jalan amblas dengan lebar sekitar 80 centimeter  tersebut dikarenakan gorong-gorongnya pecah setelah diguyur hujan deras beberapa waktu lalu.

“Mungkin karena tanahnya yang turun atau karena memang tak kuat. Apalagi jalan ini setiap hari dilewati oleh kendaraan dengan muatan yang berat,” ujarnya, Rabu (25/03/2020).

Kondisi ini, kata Wawan, jelas sangat membahayakan pengguna jalan, terutama sepeda motor karena amblasnya semakin hari semakin dalam. Bahkan, ia mempredik jika tidak secepatnya ditangani jalan Cigugur-Langkaplancar ini terancam putus.

Meski sampai saat ini jalan tersebut masih bisa dilalui kendaraan, namun karena makin hari amblasnya makin dalam dan sangat membahayakan untuk para pengguna jalan, para pengguna jalan harus mengurangi kecepatan ketika melewatinya

“Masyarakat sekitar pun berinisiatif memberi tanda agar pengguna jalan mengurangi kecepatan kendaraannya,” pungkasnya.

Sementara warga sekitar, Nina, mengatakan, banyak pengendara yang mengeluhkan anjloknya jalan tersebut, bahkan sudah terjadi beberapa kali orang yang jatuh dari motor, apalagi sebelum dipasang rambu.

“Selain jalan amblas, di sekitar sini juga belum terpasang PJU. Jadi kalau malam jalan ini gelap sekali. Saya berharap pihak terkait secepatnya memperbaiki jalan tersebut sebelum jalanan ini benar benar tak bisa dilewati dan secepatnya dipasang PJU,” katanya. (Enceng/Koran HR)