Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisTahun 2020, Jemaah Haji Asal Ciamis, Banjar dan Pangandaran Terbang dari Bandara...

Tahun 2020, Jemaah Haji Asal Ciamis, Banjar dan Pangandaran Terbang dari Bandara Kertajati

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Mulai tahun 2020 ini, jemaah haji asal Ciamis, Banjar dan Pangandaran akan berangkat haji dari Bandara Kertajati Majalengka. Tahun-tahun sebelumnya, jemaah haji asal tiga daerah tersebut biasanya berangkat haji dari Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam, saat membuka kegiatan manasik haji yang diikuti 1.647 calon jemaah haji dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran, bertempat di gedung Nadwatul Ummah Pondok Pesantren Darussalam, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis , Kamis (12/3/2020).

“Pemberangkatan haji akan dimulai tanggal 20 Juni 2020, penerbangannya dari Bandara Kertajati Majalengka,” ujar Ajam.

Meski jemaah haji terbang dari Bandara Kertajati, namun para calon jemaah haji masih harus transit di Embarkasi Bekasi untuk melakukan pendokumentasian. “Hingga saat ini belum ada fasilitas asrama haji yang mampu menampung jemaah haji dengan jumlah yang banyak, sehingga tetap harus transit dulu di Embarkasi Bekasi,” jelasnya.

Lebih lanjut Ajam menyebut, calon jemaah haji dari Kabupaten Ciamis tahuin 2020 ini berjumlah 1093 orang, Kota Banjar 175 orang dan Kabupaten Pangandaran 379 orang.

Manasik Haji ini kata dia, merupakan yang kelima kalinya diselenggarakan di Jawa Barat, setelah sebelumnya melaksanakan kegiatan serupa Kabupaten Bandung, Cirebon dan Majalengka.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan manasik haji ini, calon jemaah haji lebih paham dan mengerti tentang cara-cara pelaksanaan ibadah haji sebelum nanti mereka di berangkatkan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyampaikan, banyaknya masyarakat yang berangkat ibadah menjadi salah satu indikator peningkatan keimanan dan ketaqwaan dan juga merupakan indikator kesejahteraan masyarakat.

“Insyaallah kita selaku pemerintah akan terus meningkatkan kinerja, mudah-mudahan pelayanan ibadah haji tahun ini bisa lebih baik dengan tahun sebelumnya,” ucapnya. 

Dikatakan, tahun depan Pemerintah Kabupaten Ciamis akan segera menyelesaikan pembangunan  asrama haji di komplek Islamic Center Ciamis. “Nanti jemaah yang akan berangkat jamaah haji bisa transit dulu di asrama haji Ciamis, tidak harus ke Bekasi,” kata Yana.

Lebih lanjut Yana mengatakan, kegiatan manasik penting dilakukan dalam upaya menyiapkan calon jemaah haji agar lebih paham tentang rukun haji, wajib haji dan mengetahui hal apa yang boleh dilakukan dan tidak joleh dilakukan pada kegiatan ibadah haji.

“Semoga kegiatan manasik haji ini lebih memantapkan persiapan para calon haji yang akan berangkat haji nantinya,” ungkapnya. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -