Potensi Bisnis Jual Beli Barang Bekas Ternyata Sangat Menggiurkan Loh!

Jual beli barang bekas
Ilustrasi Jual beli barang bekas. Foto: Istimewa

Jual beli barang bekas saat ini telah menjelma menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Potensi bisnis barang bekas terasa melonjak dengan banyaknya group jejaring sosial yang marak di internet. Bahkan bisnis barang seken lebih ramai di medsos ketimbang penjualan barang baru.

Kehadiran media sosial seperti Facebook mungkin lebih sering digunakan untuk sekedar pamer status atau berbagi cerita gosip. Namun bagi sebagian orang media sosial ini membuka peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Jika Anda termasuk pengguna Facebook yang aktif cobalah ketikkan grup-grup tentang bisnis. Maka akan terpajang banyak sekali daftar grup yang berisi penjualan produk. Dari HP, elektronik, fashion, hingga produk kecantikan.

Salah satu grup bisnis di Facebook yang sangat dinamis aktivitasnya adalah grup jual beli barang bekas. Bahkan di setiap kota dan kabupaten terdapat grup semacam ini dengan jumlah anggota rata-rata mencapai ribuan orang.

Apa yang bisa Anda lihat dan tangkap dari fenomena semacam ini? Sebagai aplikasi jejaring sosial terpopuler dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, Facebook mestinya bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan ketimbang sekedar untuk bergosip.

Mengulik Peluang Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Barang bekas adalah barang yang telah digunakan. Barang semacam ini nilainya akan menurun, bahkan bisa tidak ada nilainya terutama jika barang mengalami kerusakan selama pemakaian.

Produk elektronik semisal handphone umumnya akan merosot nilainya setelah digunakan, meskipun hanya sehari dipakai. Furniture, mebeler, hingga perabot rumah tangga lainnya juga kurang berharga sesudah digunakan beberapa tahun.

Meskipun nilai jual barang bekas menurun drastis, namun tak sedikit orang yang membutuhkan barang semacam ini. Selain jauh lebih murah harganya, fungsi baranglah yang bisa dimanfaatkan orang yang membutuhkannya.

Disinilah peluang bisnis jual beli barang bekas terbuka lebar. Bahkan jika Anda mencermati grup-grup di Facebook, sering sekali status penggunanya yang mencari atau membutuhkan suatu barang seken tertentu.

Para pemilik barang biasanya akan merasa bosan setelah digunakan beberapa lama. Meskipun mengalami penyusutan nilai, namun mereka biasanya akan menyingkirkannya atau menjualnya untuk diganti dengan barang baru.

Selama ini tukang rongsokan menjadi tempat favorit bagi masyarakat untuk menyingkirkan barang-barang bekas pakai. Meskipun harga jual barang seken sangat rendah, namun pemilik barang tak perlu repot membuangnya sendiri.

Yang menarik, orang yang membutuhkan barang seken ternyata juga tidaklah sedikit. Mereka biasanya membutuhkan barang seken namun fungsional tanpa harus yang baru. Inilah potensi bisnis jual beli barang bekas yang bisa dimanfaatkan.

Mempromosikan Jual Beli Barang Bekas

Jika Anda sedang bingung mencari peluang bisnis dengan modal kecil namun menguntungkan, kenapa tidak mencoba menekuni bisnis barang seken?  Laptop, televisi, kulkas, mesin cuci, maupun barang elektroik bekas banyak dicari.

Begitu juga dengan perabotan rumah tangga dan mebeler, seperti lemari, meja kursi, cermin, hingga kasur bekas juga banyak dibutuhkan orang. Untuk memastikan tingginya kebutuhan barang seken, coba saja lihat di grup-grup Facebok.

Facebook bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengawali usaha jual beli barang bekas Anda. Anda tak perlu membuka showroom atau toko untuk tempat berjualan maupun menyimpan barang.

Ada banyak keuntungan menjalankan bisnis jual barang bekas online. Dengan cara ini Anda tidak perlu menyediakan modal yang besar. Baik untuk membeli barang seken maupun untuk menyewa gudang guna menyimpan barang dan menjualnya.

Dengan menggunakan media sosial Anda juga bisa lebih mudah mendapatkan barang-barang seken yang masih bagus. Bahkan di beberapa komunitas grup FB banyak anak kos yang menjual barangnya karena telah selesai tugas belajarnya.

So, tunggu apa lagi. Untuk memantapkan langkah Anda menangkap peluang bisnis jual beli barang bekas ini silahkan lakukan riset melalui jejaring sosial ini. Anda bisa bergabung dengan banyak grup FB untuk memperluas pasar. (R9/HR-Online)

Loading...