Jumlah ODP Covid-19 Kecamatan Langkaplancar Terbanyak di Pangandaran

Kecamatan Langkaplancar
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kecamatan Langkaplancar dikabarkan merupakan kecamatan yang memiliki jumlah terbanyak Orang Dalam Pemangawasan (ODP) covid-19 di Kabupaten Pangandaran.

Banyaknya jumlah ODP yang berasal dari Langkaplancar tersebut lantaran banyaknya perantau yang pulang dari daerah zona merah virus corona, seperti Jakarta.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah ODP di Pangandaran sebanyak 135 dengan rincian Kecamatan Langkaplancar 48, Cigugur 3, Cijulang 20, Cimerak 12, Kalipucang 8, Mangunjaya 4, Padaherang 1, Pangandaran 15, Parigi 21, dan Sidamulih 3 orang.

Camat Langkaplancar, Deni Ramdani, menanggapi keadaan saat ini, pihaknya mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus covid-19 ini, terutama di wilayah Kabupaten Pangandaran. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Bupati.

“Setiap orang yang datang dari luar negri dan luar kota wajib melaporkan diri kepada Ketua RT dan diharapkan mengisolasi diri selama 14 hari,” ujarnya kepada HR Online, Minggu (29/3/2020).

Data yang terhimpun oleh RT tersebut, kata Deni, langsung dilaporkan ke pemerintah desa dan Puskesmas agar segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Apa lagi sampai hari ini Kecamatan Langkaplancar merupakan Kecamatan  terbanyak yang masuk daftar ODP,” paparnya.

Pihaknya berharap masyarakat meningkatkan kewaspadaan dalam mengataksi covid 19, sesuai arahan dari Pemerintah.

“Pemerintah desa juga harus terus memberikan edukasi mengenai cara pencegahan dan budaya hidup sehat,” pungkasnya. (Enceng/R6/HR-Online)

Loading...