Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita CiamisKadinkes Ciamis; Profesi Perawat Menjadi Organ Vital Bagi Kelangsungan Kesehatan

Kadinkes Ciamis; Profesi Perawat Menjadi Organ Vital Bagi Kelangsungan Kesehatan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Profesi perawat saat ini menjadi organ vital bagi kelangsungan kesehatan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, karena para perawat menjadi garda terdepan dalam menangani masalah kesehatan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Dr. Yoyo, saat membuka Seminar Keperawatan yang diadakan oleh DPD PPNI (Persataun Perawat Nasional Indonesia) Kabupaten Ciamis, Sabtu (07/03/2020).

Menurutnya, dengan seminar keperawatan ini, maka sumber daya manusia (SDM) para perawat saat ini dipastikan sudah profesioanl dalam menjalankan tugasnya sebagai perawat, baik yang bekerja di sarana kesahatan maupun pemerintahan sebagai ASN.

Jika ingin memiliki keahlian yang mumpuni di bidang keperawatan, tentunya harus melalui proses yang panjang, dan akhirnya bisa menciptakan perawat yang unggul dalam bidang kesehatan.

Ia juga menegaskan, tidak hanya memiliki gelar perawat saja, melainkan harus mampu menjalankan pekerjaan tersebut dengan baik dan benar di masyarakat.

“Kaitannya dengan profesi keperawatan yang potensinya cukup banyak di Kabupaten Ciamis ini, sudah jelas bagaimana kita harus membentuk dan membagun masyarakat Ciamis punya satu profesonalisme dengan aturan yang jelas. Sehingga, potensi ini betul-betul menjadi modal yang sangat penting dalam menjalankan tugas,” kata Yoyo.

Ia pun mengatakan, saat ini beban masalah kesehatan yang cukup besar harus dihadapi oleh semua pihak, tidak bisa dikerjakan secara parsial. Seperti halnya masalah penanganan penyakit menular yang masih terjadi di masyarakat. Tentunya menjadi tugas perawat dan juga semua pihak.

“Di Indonesia sendiri, angka kematian paling tinggi diakibatkan penyakit tidak menular seperti struk. Dengan kejadian ini nanti bisa kelihatan tugas fungsinya para perawat,” ujarnya.

Bahkan, kata Yoyo, dengan wabah virus corona yang saat ini bikin gempar seluruh dunia, yang tadinya tidak ada di Indoensia, kini menjadi ada. Padahal, berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk menangkalnya.

“Karena itu sudah menjadi lintas negara, jadi mau tidak mau kita juga kena imbas dari bahaya virus tersebut. Untuk itu, kami mengajak kepada semua perawat di Kabupaten Ciamis untuk membantu melakukan penanganan dan pencegahan,” tandas Yoyo.

Ia juga menambahkan, meski di Ciamis belum ditemukan kasus, namun penjagaan harus tetap dilakukan supaya wabah corona tidak masuk ke Ciamis. (es/R3/HR-Online)

- Advertisment -