Peduli Hutan, Karta Cogreg Panawangan Ciamis Tanam Ratusan Pohon

Peduli Hutan, Karta Cogreg Panawangan Ciamis Tanam Ratusan Pohon
Karang Taruna Dusun Cogreg, Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, melaksanakan kegiatan penanaman pohon di hutan Madati Panawangan, Kamis (26/3/2020).Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Karang Taruna Dusun Cogreg, Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan penanaman pohon di hutan Madati Panawangan, Kamis (26/3/2020).

Ketua Karang Taruna Dusun Cogreg Dudu Hermawan mengatakan, penghijauan lahan kosong ini berlokasi di petak 16 dan 17 hutan Madati. Jenis pohon yang di tanam yaitu pohon angsana dan dadap yang jumlah 750 pohon.

Kata dia, penanaman pohon ini merupakan langkah antisipasi untuk menjaga keseimbangan alam dan ekosistem hutan. Sebab, hutan memiliki fungsi sebagai penyimpan cadangan air, pelindung manusia serta aneka satwa.

“Dengan reboisasi atau penanaman pohon ini, semoga bisa mengembalikan fungsi hutan sebagaimana mestinya, sehingga keberadaan hutan bisa bermanfaat untuk kelangsungan hidup,” ujarnya.

Lewat gerakan reboisasi ini, pihaknya berharap cadangan air di hutan Madati kedepan akan tetap terjaga. “Sehingga apabila masuk musim kemarau, masyarakat tidak kesulitan air. Pun jika hujan tidak terjadi longsor dan banjir,” katanya.

Di tempat yang sama, pelopor lingkungan hidup Anda Lesmana menyebut, reboisasi ini akan membuat hutan Madati tetap hijau, dan ekosistemnya terlindungi.

“Apa yang dilakukan oleh Karang Taruna Cogreg Desa Mekarbuana ini merupakan solusi terbaik untuk menjaga ekosistem alam, sehingga alam tetap terlindungi dan memberikan kehidupan bagi masyarakat,” pungkasnya. (Edji/R8/HR Online)