Kawasaki Ninja ZX-25R Performanya Tangguh Setara Motor Gede 600 CC

Kawasaki Ninja ZX-25R
Kawasaki Ninja ZX-25R. Foto : net/ist

Kawasaki Ninja ZX-25R yang seyogyanya akan diperkenalkan di ajang Kawasaki Bike Week 2020 di Pantai Carnaval Ancol Indonesia, pada bulan April nanti ternyata harus diundur.

Penundaan motor yang terkenal di era 1990-an tersebut, terkait dengan mewabahnya virus corona atau Covid-19.

Namun, pihak PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tetap merilis Kawasaki Ninja ZX-25R tersebut.

Bahkan, KMI sendiri telah beberapa kali merilis video teaser tentang motor maco ini, yaitu di Youtube lewat akun resmi Kawasaki Indonesia.

Paling baru, yang dirilis dari video teaser itu adalah mengunggah sportbike itu ketika dijajal di sirkuit.

Kawasaki Ninja ZX-25R dicoba oleh juara dunia WSBK atau kejuaraan dunia superbike 2019, Jonathan Rea bersama Alex Lowes, di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Sebelum direncanakan bakal hadir di Kawasaki Bike Week 2020, Ninja ZX-25R terlebih dulu diperkenalkan di acara Tokyo Motor Show 2019.

Tarikan Kawasaki Ninja ZX-25R

Kedua pembalap asal Kawasaki Racing Team itu mencoba kehebatan dari sportbike 250 cc 4-silinder.

Dalam video tersebut, motor Kawasaki sportbike 250 cc itu digeber sampai batas maksimal. Dengan gampangnya, Ninja ZX-25R bisa meraung sampai 17 ribu rpm.

Sedang dalam kecepatannya, Ninja 4-silinder ini bisa sampai menembus di atas 150 km/jam hanya dengan gear atau perseneling 5. Itulah yang membuktikan keganasan dari motor ini.

Jadi, Kawasaki Ninja ZX-25R ternyata jika masuk di perseneling 6 bisa melaju dengan kecepatan diatas 160 km/jam.

Fitur Setara Moge 600 cc

Meski sampai sekarang ini pabrikan otomotif asal Jepang belum merislis secara detail spesifikasi motor Kawasaki Ninja 250 cc, namun untuk bocorannya sudah beredar di dunia maya.

Seperti pada fitur yang dibawa setara dengan motor gede (moge) berkapasitas 600 cc. Terlihat pada bagian Suspensi upside down 41 mm SFF – BP, serta sistem pengereman yang menggunakan kaliper radial.

Kawasaki Ninja ZX-25R tersebut merupakan satu-satunya motor di bawah 600 cc yang memakai suspensi berpiston besar, yang bakal memberikan kontrol dengan baik.

Kemudian braket bawahnya diikat dengan 2 baut yang sangat kaku. Perangkat tersebut sama dipakai pada motor Kawasasi ZX-6R.

Sedangkan di sasisnya, motor Kawasaki Ninja 4-silinder ini mempunyai struktur teralis, memakai pipa baja dengan kekuatan tensil tinggi yang sudah dibuat pabrikan otomotif asal Jepang ini dalam beberapa tahun terakhir.

Berlaku sama juga untuk Ninja 250, namun dengan ZX-25R mempunyai mounting mesin ke mainframe yaitu pipa ganda.

Bukan hanya itu, pada bagian lengan ayun mempunyai tipe kekakuan tinggi yang diletakkan pada sebuah rangka, layaknya Honda CBR.

Walaupun struktur press dibikin dari baja, pivot diikat dengan menggunakan mur penyetel guna mengejar presisi tinggi.

Guna meningkatkan kapasitas muffler, maka lengan ayunnya asimetris dengan sisi bagian kiri melengkung, serta sisi kiri lurus.

Sementara shockbreaker Kawasaki Ninja ZX-25R di bagian belakang berupa monosock, dengan jenis tautan horisontal yang terlebih dulu digunakan pada motor Superbike ZX-10R.

Sedangkan pada sektor pengereman, motor ini memakai kaliper monoblok bertipe mount radial serta berstruktur one-piece dengan 4-pot, yang hampir sama dengan Z1000.

Kaliper monoblok itu dipasang di dudukan radial yang ditahan dengan baut, serta diatur searah putaran ban. Pada kelas ini, KTM RC250 pun sudah mempunyai mount radial, namun bukan monoblock.

Jantung Pacu

Diketahui, Kawasaki Ninja ZX-25R ini dalam sektor jantung pacunya mengusung mesin yang pendinginnya menggunakan cairan.

Bukan hanya itu, Ninja ZX-25R juga ditopang 4 langkah 4 silinder yang setara dengan DOHC 16 katup. Mesinnya tersebut mempunyai kapasitas 249 cc.

Tentu saja, motor yang memakai mesin 4 silinder jauh lebih mumpuni ketimbang mesin 2 silinder. Jadi, tenaga serta torsi yang dikeluarkan juga lebih besar, sehingga akselerasi motor 4 silinder kian optimal.

Bukan hanya itu, motor bermesin 4 silinder memungkinkan suara yang dikeluarkan lebih khas.

Lebih dari itu, motor Kawasaki Ninja ZX-25R juga dipersenjatai dengan teknologi KTRC (Kawasaki Taction Control) yang tangguh.

Semakin dapat dihandalkan sebab motor besutan Kawasaki ini juga memiliki fitur Kawasaki Quick Shifter (KQS) serta Power Mode.

Meski belum diketahui apakah motor Kawasaki Ninja ZX-25R ini akan dirilis secara resmi. Namun jika berminat masih dilakukan pemesanan atau inden. (Adi/R5/HR-Online)