Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisKebakaran Penggergajian Kayu di Ciamis, Kerugian Ditaksir Rp 150 Juta

Kebakaran Penggergajian Kayu di Ciamis, Kerugian Ditaksir Rp 150 Juta

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kebakaran penggergajian kayu di Ciamis terjadi pada Jum’at (20/3/2020) malam. Lokasi penggergajian kayu yang terbakar berada di Cibangkonol, Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Aan, Kepala Desa Kertaharja, menuturkan, pemilik penggergajian kayu tersebut adalah Lilis Nurlela (39). Akibat kebakaran yang menimpa penggergajian kayu miliknya, Lilis mengalami kerugian jutaan rupiah.

“Iya tadi ada laporan warga, bangunan penggergajian kayu terbakar, laporannya pukul 19.00 WIB,” ungkap Aan saat dihubungi HR Online, Jum’at (20/3/2020).

Aan langsung melaporkan peristiwa kebakaran penggergajian kayu tersebut ke Damkar maupun aparat Kepolisian dan TNI.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran karena arus pendek listrik, ada yang korslet,” terangnya.

Akibat kebakaran tersebut seluruh bangunan penggergajian kayu hangus, hanya menyisakan mesin penggergajian dalam keadaan gosong.

“Pertamanya ada warga yang lewat ke penggergajian kayu milik ibu Lilis, dari sana warga melihat sudah ada asap dari penggergajian itu. Dia kemudian mendekati asal asap, tahunya api sudah besar, langsung laporan,” katanya.

Menurut Aan, kerugian pemilik penggergajian kayu tersebut dinilai cukup besar. Pasalnya kayu olahan beserta mesin penggergajian juga ikut luluh lantak terbakar api.

“Ditaksir kerugiannya mencapai Rp 150 juta, sebab  ada dua unit mesin gergaji yang hangus, bahan baku berupa gelondongan kayu juga habis tak bersisa,” katanya.

Aan menambahkan, kebakaran penggergajian kayu di Ciamis tersebut baru berhasil dipadamkan pada pukul 21.30 WIB.

“Damkar mengerahkan 3 unit mobil pemadam, setelah berjibaku selama kurang lebih 2,5 jam, Alhamdulillah api bisa dipadamkan tanpa ada korban jiwa,” tandasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -