Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy M31, Cek di Sini!

Kelebihan dan kekurangan HP Samsung Galaxy M31
Kelebihan dan kekurangan HP Samsung Galaxy M31. Photo: Istimewa.

Kelebihan dan kekurangan HP Samsung Galaxy M31 mungkin perlu kamu ketahui, terutama bagi pencinta smartphone Samsung. Meski telah dibekali sejumlah kelebihan, namun HP Samsung Galaxy M31 juga memiliki beberapa kekurangan.

Galaxy seri M terbaru yang dirilis perusahaan smartphone asal Korea Selatan pada 25 Februari lalu, merupakan penerus dari Galaxy M30 dan M30s yang telah sukses di pasaran.

Dalam waktu dekat ini, Samsung Galaxy M31 juga bakal dirilis di Indonesia dengan mengunggulkan baterai berkapasitas jumbo, yakni 6.000 mAh guna menunjang kinerjanya secara maksimal.

Dirangkum dari berbagai sumber, kapasitas baterai yang besar menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Galaxy M31, sehingga smartphone ini dijuluki sebagai Mega Monster.

Sebelum membongkar kelebihan dan kekurangan HP Samsung Galaxy M31, sebaiknya simak dulu dari segi spesifikasi yang ditawarkan. Berikut adalah ulasannya.

Spesifikasi

Layar

Selain memiliki kelebihan pada kapasitas baterainya, perangkat ini juga hadir dengan membawa layar Super AMOLED beresolusi 1080 x 2400 pixel dengan kerapatan mencapai 441 ppi serta rasio mencapai 20:9. berukuran 6,4 inci.

Dengan dukungan layar Super AMOLED seluas 6,4 inci membuat Samsung Galaxy M31 terasa nyaman dan menyenangkan saat digunakan nonton film maupun bermain game.

Kamera

Di sektor fotografi, Galaxy M31 dibekali empat kamera belakang yang terdiri dari 64 MP kamera utama dengan aperture f/1.7, dan sudah didukung Phase Detection Autofocus.

Kemudian, lensa ultra-wide 8 MP dengan jarak pandang sangat luas, lensa macro beresolusi 5 MP, lensa depth sensor 5 MP.

Sedangkan, kamera depannya beresolusi 16 MP yang bisa digunakan untuk merekam video Full HD, didukung fitur LED Flash dan HDR.

Hasil foto menggunakan Samsung Galaxy M31 tentunya jauh lebih tajam dan jernih. Pada kamera depan tersedia juga mode penjepretan video slow-motion.

Setiap moment penting kamu dapat diabadikan secara maksimal. Selain itu, dalam kamera milik Galaxy M31 ini disematkan juga fitur fotografi kekinian seperti perekaman video 4K, AR Emoji dan AR Doodle.

Dapur Pacu

HP Samsung Galaxy M31 ditenagai chipset Exynos 9611, prosesor Octa-core clock speed Quad Core 2.3 GHz Cortex-A73 dan Quad Core 1.7 GHz Cortex-A53.

Kinerja perangkat semakin optimal dengan dukungan GPU Mali-G72 MP3, RAM 6GB dan memori internal 128GB yang masih bisa diperluas lagi menggunakan microSD.

Smartphone Samsung yang satu ini berjalan dengan sistem operasi Android 10, pada antarmuka dibalut One UI 2.0, dan mendukung 4G LTE.

Fitur

Terdapat pula fitur kekinian seperti Dark Mode, Always On, Gesture, Bluetooth v5.0, port USB Type-C, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, serta GPS (A-GPS, Glonass, BDS).

Samsung Galaxy M31 menawarkan dua varian warna, Space Black dan Ocean Blue. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Namun, harga saat dirilis di Tanah Air belum bisa dipastikan.

Perangkat ini terlebih dahulu akan diperkenalkan di India. Kemungkinan kisaran harganya dibanderol sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy M31

Dari beberapa kelebihan yang ditawarkannya, tentu saja smartphone ini juga memiliki sejumlah kekurangan untuk mengurangi biaya produksinya, sehingga harganya juga tidak begitu mahal.

Kelebihannya

Beberapa kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy M31 meliputi layar Super AMOLED, Quad Camera 64 MP, baterai berkapasitas 6.000 mAh didukung pengisian cepat 15 Watt, dan Android 10 dengan antarmuka One UI 2.0.

Kekurangannya

Di samping kelebihan, Galaxy M31 juga memiliki beberapa kekurangan, seperti pemindai sidik jari masih berada di bagian belakang, meskipun sudah menggunakan layar berpanel Super AMOLED.

Selain itu, tidak mendukung NFC, pelindung layar yang digunakan juga belum diketahui, dan bodi belakang berbahan plastik, walaupun sudah dipastikan kokoh.

Itulah sejumlah kelebihan dan kekurangan HP Samsung Galaxy M31. Meski memiliki beberapa kekurangan, namun ponsel ini sudah didukung kamera yang bagus.

Selain itu, kapasitas baterai yang dimilikinya juga besar, sehingga smartphone ini layak untuk dipertimbangkan. (Eva/R3/HR-Online)