Kelebihan HP OnePlus 6T, Bawa Layar Lebar dan RAM Besar

kelebihan hp oneplus 6t
Salah satu kelebihan HP OnePlus 6T yaitu membawa layar dengan ukuran lebar. Foto : OnePlus

Kelebihan HP OnePlus 6T tidak perlu diragukan lagi. Sebab, OnePlus besutan produsen ponsel pintar asal China, yang berbasis di Shenzhen, Guangdong ini, membawa spek dan fitur yang menggoda.

Spesifikasi dari OnePlus 6T yang bikin orang menjadi tertarik untuk membelinya, yaitu pada bagian layar serta RAM berkapasitas besar.

Smartphone ini pertama kali dirilis pada bulan November 2018 lalu, di sebuah acara yang diadakan di New York, Amerika Serikat.

OnePlus memang memiliki tradisi dengan merilis varian atau seri “T”. Sebut saja OnePlus 3T, OnePlus 5T, OnePlus 7T, OnePlus 7T Pro dan sebagainya.

Kelebihan HP OnePlus 6T

Seri T yang diproduk oleh OnePlus sering menjadi ponsel flagship di setiap tahunnya. Begitu juga smartphone OnePlus 6T, yang juga mengalami peningkatan dari seri sebelumnya.

Untuk HP yang satu ini memiliki ukuran layar dengan diagonal 6,14 inci, beresolusi 1080 x 2340 piksel (full HD+) dan aspek rasio 19.5:9.

Ponsel besutan OnePlus untuk varian 6T tersebut berpenampilan elegan, dengan layarnya yang dibalut dari material kaca sehingga terkesan mewah.

Kelebihan OnePlus 6T pada bagian layarnya sudah menggunakan tipe AMOLED, dan diproteksi Corning Gorilla Glass 6 sebagai anti goresnya.

Selain itu, display atau layarnya ini mengusung “Waterdrop Screen”, sebuah layar yang terdapat poni atau notch berukuran kecil. Notch tersebut hampir sama dengan apa yang ada pada HP Oppo R17 atau Oppo F9.

Di dalam layar OnePlus 6T dipasang juga sensor fingerprint atau sidik jari. Untuk sistem keamanan ponsel, seri 6T ini juga mengandalkan Face Unlock yang bisa membuka kunci ponsel dengan cepat.

Kelebihan OnePlus 6T lainnya yaitu pada sektor memori atau RAM dengan kapasitas dua pilihan, antara lain 6 GB dan 8 GB tipe LPDDR4X.

RAM yang besar itu disandingkan dengan penyimpanan internal yang juga dua opsi yaitu 128 GB serta 256 GB. Sayang HP ini tidak tersedia slot untuk memori eksternal.

Memori atau RAM ini sebagai pendukung dari performa HP OnePlus 6T, yang bagian dapur pacunya dipersenjatai dengan chip Snapdragon 845.

Dengan dukungan RAM besar serta jantung pacu yang handal, maka apa yang dibutuhkan oleh pengguna dapat dilibat dengan enteng tanpa adanya masalah, baik itu saat bermain game atau membuka aplikasi bersamaan.

Kamera Menjadi Kelebihan HP OnePlus 6T

Selain unggul dalam layar serta RAM, OnePlus 6T juga tidak bisa dianggap entang dalam hal kamera.

Meski HP sekarang banyak yang dibekali dengan 3 lensa di belakang, namun untuk OnePlus 6T memiliki konfigurasi dual kamera yang dipasang di punggung.

Walaupun hanya dual kamera OnePlus 6T, akan tetapi kedua lensanya itu memiliki resolusi yang menjanjikan.

Sebagai kamera utama dengan kekuatan 16 MP memakai sensor Sony IMX 519, bukaan f/1.7 dan berukuran 1.22 mikron, kameranya ini bisa diandalkan untuk mengambil foto objek lebar.

Lensa kedua juga bisa menjadi kelebihan HP OnePlus 6T, karena ditanam kamera beresolusi 20 MP dengan sensor dari Sony IMX 376K, bukaan f/1.7 dan berukuran 1 mikron.

Fitur dari kameranya ini dilengkapi AI Scene Detection, Dual-LED flash, HDR, panorama, Night Mode, Portrait Mode, RAW Image, Pro Mode, Time-Lapse, hingga Studio Lighting.

Sedangkan untuk kamera depan juga bisa diandalkan bagi yang demen akan foto selfie. Pasalnya, kamera selfie-nya ini beresolusi 16 MP bukaan f/2.0 yang juga menggunakan sensor Sony IMX 371.

Spesifikasi Lainnya

Pada bagian baterai memang tidak besar dan juga tidak kecil. HP OnePlus 6T ini dibenamkan baterai 3700 mAh, namun lebih baik dari seri sebelumnya OnePlus 6 yang hanya 3300 mAh.

Selain itu juga sudah dilengkapi dengan teknologi Dash Charge, serta Fast battery charging 20W.

Akan tetapim jangan berharap pada ponsel besutan OnePlus tersebut memiliki metode pengisian daya nirkabel. Pasalnya, seri 6T ini belum dibenamkan fitur tersebut.

Kelebihan HP OnePlus 6T lainnya meski tidak memiliki sertifikasi antiair, namun sebenarnya ponsel ini cukup resisten pada air.

Jadi, apabila smartphone tersebut terkena percikan, dibasahi, tertumpah atau ke genangan air, HP ini masih bisa bekerja dengan normal. Namun, tidak disarankan memakai HP HP OnePlus 6T saat menyelam atau berenang.

Spesifikasi lainnya, bagian sistem perasi (OS) berbasis Android 9.0 (Pie) dan bisa ditingkatkan ke Android 10.0. HP ini juga sudah menggunakan skin OxygenOS.

Bagian konektivitas dibekali dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, 4G VoLTE, Bluetooth 5.0, USB Type-C, GPS sampai NFC. Untuk warna tersedia dalam varian Mirror Black, Midnight Black, dan Thunder Purple.

Meski kelebihan HP OnePlus 6T tidak perlu diragukan lagi, namun sayang smartphone ini ada kekurangannya yaitu hilangnya lubang audio 3.5 mm. (Adi/R5/HR-Online)