Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita PangandaranKepala SD di Pangandaran Dituntut Tingkatkan Mutu Manajerial dan Profesionalisme di Era...

Kepala SD di Pangandaran Dituntut Tingkatkan Mutu Manajerial dan Profesionalisme di Era Milenial

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menggelar kegiatan peningkatan mutu manajerial dan profesionalisme Kepala Sekolah untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), di Ballroom Hotel Horison Palma Pangandaran, Selasa-Kamis (3-5/2020).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 266 Kepala Sekolah jenjang Sekolah Dasar. Agar efektif, kegiatan dibagi menjadi 3 termin yakni pada hari Selasa diikuti sebanyak 96 Kepala Sekolah, hari Rabu sebanyak 83 Kepala Sekolah dan hari Kamis sebanyak 87 Kepala Sekolah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah untuk mengembangkan potensi sekolah dengan menerapkan peraturan yang baru dan tidak ketinggalan zaman.

Ketua pelaksana kegiatan Maman Hermana mengatakan, dengan keluarnya peraturan baru yang juga mengadopsi peraturan lama peran, Kepala Sekolah harus bisa menginterprestasikan penerapan pelaksanaan aturan yang baru agar lebih maksimal.

“Dengan keluarnya aturan Permen no 8 tahun 2020 tentang penataan tata kelola Bantuan Operasional Sekolah (BOS), juga Permen no 6 tahun 2019 tentang tata kelola organisasi pendidikan dasar, maka Kepala Sekolah harus mampu menerapkan sesuai kondisi saat ini,” kata Maman Hermana saat diwawancara HR Online, kamis(5/3/2020).

Kata Maman, Kepala Sekolah, harus terus meningkatkan potensi sekolahnya sesuai dengan penerapan peraturan yang baru agar tidak salah dan ketinggalan, ada 5 peraturan menteri yang harus dikuasai Kepala Sekolah agar mutu sekolah tersebut meningkat.

“Kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala Sekolah/Madrasah berdasarkan Permendiknas no 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah adalah 5 kompetensi seperti kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial,” jelas Maman Hermana yang juga Ketua K3S Pangandaran ini.

Pihaknya berharap, Kepala Sekolah harus mampu melaksanakan implementasi peraturan Menteri yang baru dengan baik dan tidak salah sehingga peningkatan potensi mutu sekolah akan meningkat. (Madlani/R8/HR Online)

- Advertisment -