Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita CiamisKesadaran Pencegahan Covid-19 Rendah, Banyak Pedagang di Pasar Kawali Ciamis Tak Pakai...

Kesadaran Pencegahan Covid-19 Rendah, Banyak Pedagang di Pasar Kawali Ciamis Tak Pakai Masker

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Meski sosialisasi mengenai bahaya dan pencegahan virus corona telah dilakukan pihak pemerintah, namun tingkat kesadaran para pedagang di Pasar Galuh Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, masih rendah.

Hal itu terlihat dari masih banyaknya para pedagang tanpa memakai masker. Pantauan HR Online di Blok B dan C Pasar Galuh Kawali, Minggu (29/03/2020), para pedagang maupun pembeli banyak yang tidak menggunakan masker. Begitu juga penerapan social distancing masih belum terlihat, para pembeli tidak bisa mengatur jarak sehingga berdesakan.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Galuh Kawali, H. Empong Mustopa, mengatakan, sosialisasi mengenai penanganan agar tidak terinfeksi virus corona oleh pemerintah sudah dilaksanakan.

Hanya saja masih ada para pedagang Pasar Galuh Kawali yang tidak menggunakan masker dan menjaga jarak sosial.

“Dalam menjaga polar hidup bersih dan sehat sebetulnya sudah memahaminya. Namun, untuk mengikuti social distancing atau jarak sosial masih belum terjadi,” katanya.

Menurut Empong, segala sesuatu yang disampaikan dalam sosialisasi mengenai penanganan virus corona memang sudah dipahami para pedagang.

Terkait masih adanya pedagang yang tidak menggunakan masker, lanjut Empong, para pedagang mengaku ribet karena belum terbiasa. Meski demikian, pihaknya terus memberikan imbauan agar segala sesuatu yang disampaikan dalam sosialisasi bisa dilaksanakan.

Selain itu, para pedagang pada umumnya tidak mengetahui dari mana asalnya para pembeli yang datang ke Pasar Galuh Kawali, terkecuali konsumen yang setiap hari berbelanja.

“Meskipun begitu, para pedagang sudah mengetahui yang disebut zona merah, dan bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh. Namun, mereka pastinya tidak akan mengetahui mana pembeli yang datang dari wilayah zona merah atau kuning,” kata Empong. (Dji/R3/HR-Online)

- Advertisment -