Konsep Taman Hias, Begini Cara Memilihnya!

Konsep Taman Hias

Berita Properti, (harapanrakyat.com).- Konsep taman hias, begini cara memilihnya! Taman hias adalah taman yang banyak dipakai untuk mengisi halaman rumah yang tidak terpakai. Tujuannya untuk membuat rumah menjadi terlihat lebih indah.

Konsep taman ini sangat cocok bagi seseorang yang mempunyai halaman cukup luas. Namun jika Anda bingung mengenai seperti apa konsep yang akan digunakan, berikut ini tips memilih konsepnya;

Memilih Jenis Tanaman

Jika Anda bingung untuk memilih tanaman seperti apa yang akan ditanam, anda bisa memilih tanaman yang tidak mudah diserang oleh hama.

Coba bayangkan bagaimana jadinya jika taman yang seharusnya menjadi tempat menyenangkan untuk bermain dengan keluarga, berubah menjadi tempat yang menyeramkan karena adanya ulat dan hama.

Desain Model Tertentu

Saat ini ada banyak sekali jenis desain taman yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari desain taman yang minimalis, industrial, hingga klasik.

Tinggal sesuaikan saja dengan selera, dan pastikan Anda sudah punya gambaran referensinya.

Dalam hal ini, Anda bisa juga menyesuaikan dengan konsep desain rumah, sehingga tampak lebih singkron. Apalagi jika taman ini terletak di halaman depan.

Menyesuaikan Lokasi

Dalam mentukan pilihan jenis tanaman, rumput, dan desain taman tidak boleh sembarangan. Karena setiap tanaman memiliki habitatnya sendiri-sendiri.

Misalnya jika lokasi rumah Anda berada di daerah yang kering dan berada di daratan rendah.

Anda bisa menanam bunga yang memiliki kelopak kecil atau memilih tanaman yang bisa tahan terhadap kondisi kering dan panas.

Pemilihan Warna

Pemilihan warna disini adalah warna dari bunga atau warna daun tanaman yang akan ditanam.

Pemilihan warna ini harus diperhatikan agar kombinasi warna dari setiap tanaman dan bunga bisa terlihat harmonis.

Selain itu, juga pilih warna dominan untuk desain Anda nantinya. Katakan saja seperti warna dinding, warna meja kursi, sekaligus warna-warna ornamen.

Biasanya taman hias yang modern akan lebih memilih warna yang netral dan menenangkan.

Namun demikian, Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Jika lebih suka warna mencolok atau warna gelap, tinggal atur saja desainnya.

Menyesuaikan Komposisi Tanaman

Anda perlu menyesuaikan komposisi antara tanaman yang memiliki batang keras dengan tanaman berdaun kecil.

Hal ini dimaksudkan karena jika ingin membuat halaman yang rindang akan membuat rumah menjadi rusak.

Karena tanaman keras biasanya mempunyai akar yang menjalar dan bisa menghancurkan pondasi rumah Anda.

Jika Anda sudah menerapkan konsep tersebut, coba rawat tanaman hias Anda dan rapikan beberapa peralatan berkebun Anda.

Itulah beberapa hal penting mengenai konsep taman hias sebagai lokasi teduh di rumah Anda. Mudah-mudan ini membantu Anda yang sedang ingin merancang konsep taman. (Deni/R4/HR-Online)