Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaArtikelKTM 500 EXC-F 2020 Sudah Mengaspal, Motor Enduro yang Siap Melibas Medan...

KTM 500 EXC-F 2020 Sudah Mengaspal, Motor Enduro yang Siap Melibas Medan ON-OFF

KTM 500 EXC-F 2020 resmi mengaspal di jalanan. Seri terbaru dari pabrikan otomotif dari Austria ini masuk dalam mesin kelas menengah, serta motor enduro. KTM sendiri mengkalim bahwa motor barunya ini merupakan motor dual sport terkuat yang pernah diproduksi dan dijual.

Sehingga dengan desain mesin seperti itu, varian 500 EXC-F 2020 ini bakalan melahap semua medan, baik itu On-Road ataupun Off-Road (ON-OFF).

Untuk harganya sendiri, jenis 500 EXC-F 2020 besutan KTM ini dibanderol 11.399 dollar Amerika Serikat atau kurang lebih Rp 156 jutaan.

Mesin KTM 500 EXC-F 2020

KTM melanjutkan evolusinya sebagai motor enduro dengan jajaran mesin 4-tak yang mengalahkan dunia. Performa motor KTM ini telah merambah ke motor baru yang kuat.

Mesin yang dipasang pada sepeda motor dari KTM ini adalah mesin yang paling kompetitif, kompak, dan keandalan enduro yang sangat baik. Ini berarti, 500 EXC-F 2020 mampu bersaing di setiap kelas mesin, dari level amatir hingga profesional.

Mesin yang dipakai yaitu kapasitas 510,9 cc, 1 silinder serta memiliki pendingin cairan. Utuk tenaganya bisa menghasilkan 41 dk serta torsi 36 Nm.

500 EXC-F versi 2020 ini menggabungkan dimensi yang ringkas dengan output daya yang luar biasa, mesin SOHC dengan diinjeksi bahan bakar yang paling kuat dan disempurnakan di pasar otomotif.

Hal itu berkat adanya upgrade camshafts yang baru dikembangkan, sistem pembuangan, dan injeksi bahan bakar elektronik yang diperbarui.

KTM 500 EXC-F 2020 menggunakan transmisi 6-kecepatan baru yang dibuat oleh PANKL RACING SYSTEMS, yang sekarang menampilkan bahan baku yang lebih kuat dan memastikan ketahanan dan keandalan tertinggi.

Semua mesin empat langkah dilengkapi dengan sensor gir, yang memberikan opsi karakteristik mesin yang berbeda untuk setiap gir.

Selain itu, penutup mesinnya ini memiliki struktur permukaan sangat baik, yang bisa mengurangi keausan disebabkan oleh sepatu bot pengendara.

Bukan hanya itu, tampilan segar dari versi sebelumnya pada penutup mesin juga terdapat penutup kopling yang kuat sehingga bisa melindungi dan bisa dihandalkan di medan berbatu.

Selain bermesin handal, KTM 500 EXC-F 2020 dengan homologasi Euro IV membuat motor ini ramah lingkungan.

Sementara di bagian piston, motor enduro 500 EXC-F 2020 ini dibekali pin piston 10 persen lebih ringan dari versi sebelumnya buatan König. Namun kinerja mesinnya sangat baik, dengan getaran rendah dan berkecepatan tinggi.

Rasio kompresi telah meningkat dari 11,7: 1 menjadi 12,75: 1 untuk kinerja mesin yang lebih baik. Selain itu, bagian atas piston telah dioptimalkan untuk pembakaran yang lebih efisien.

Kelistrikan

Sistem manajemen mesin pada KTM 500 EXC-F 2020 menggunakan Keihin Engine Management System yang canggih, dengan injeksi bahan bakar elektronik, memiliki fitur throttle body baru 42 mm.

Starter listrik standar pada KTM 500 EXC-F terbaru ini, menggunakan drive starter yang sudah terbukti dan motor starter yang kuat buatan Mitsuba.

Semua mesin dilengkapi dengan starter listrik dengan ditenagai oleh baterai starter 2-ion lithium-ion super ringan.

Kabel Harness dikerjakan ulang dan pengemasannya direvisi, membuat sebagian besar komponen listrik terkonsentrasi pada area di bawah jok, menjadikannya lebih mudah diakses.

Casis KTM 500 EXC-F 2020

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, untuk KTM 500 EXC-F 2020 ini mengalami penurunan “berat badan”. Sehingga bobot dari model terbaru motor KTM tersebut menjadi motor enduro paling tipis, dan paling ringan.

Semua model EXC menampilkan kerangka baja chromoly terbaru berteknologi tinggi. Mereka mempertahankan geometri yang telah terbukti menghasilkan umpan balik yang lebih baik untuk pengendara, serta peningkatan stabilitas.

Head engine tetap terpasang secara lateral (sambungan antara silinder, head dan frame) yang terbuat dari aluminium, sehingga bisa mengurangi getaran.

Motor KTM 500 EXC-F 2020 ini juga menampilkan pelindung kerangka lateral yang baru dirancang dengan permukaan terstruktur, meningkatkan cengkeraman, dan juga berfungsi sebagai pelindung panas terhadap muffler di sisi kanan.

Subframe terbuat dari profil aluminium ekstra-ringan dan stabil, beratnya kurang dari 900 gr dan lebih panjang 40 mm dari seri sebelumnya, memberikan stabilitas fender belakang yang lebih baik.

Sementara bagian stang, semua model KTM EXC dilengkapi dengan stang NEKEN tapered aluminium berkekuatan tinggi. Stang ini memungkinkan untuk empat posisi berbeda.

Selain memakai sasis dengan kerangka baja krom ultraringan, motor enduro KTM ini di bagian depan dilengkapi suspensi upside down WP XPLOR, serta di belakang monoshock WP XPLOR.

Untuk sistem pengereman di belakang serta depan, KTM 500 EXC-F 2020 menggunakan Brembo, bahkan pelek yang dipakainya juga dari Brembo. (Adi/R5/HR-Online)