Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruLaptop Kemasukan Semut, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laptop Kemasukan Semut, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gangguan yang dapat terjadi pada laptop selalu ada-ada saja, misalnya laptop kemasukan semut. Terdengar unik memang, tetapi hal tersebut tidak boleh dianggap sepele.

Meskipun hewan berukuran kecil ini tidak menimbulkan kerusakan yang berarti, tetapi pastinya keberadaannya akan sangat mengganggu. Apalagi jika semut dalam jumlah yang banyak.

Laptop Kemasukan Semut

Semut yang masuk ke dalam laptop tidak mungkin tanpa alasan. Terdapat berbagai faktor yang membuat semut-semut itu masuk ke dalam laptop.

Penyebab Semut Masuk ke Dalam Laptop

Perlu kita ketahui, masuknya semut ke dalam laptop tidak hanya terjadi dalam satu kali saja. Ada kemungkinan semut-semut tersebut sudah sering masuk ke dalam laptop tanpa disadari.

Tentunya hal yang membuat kita tahu ada semut yang masukkan ke dalam laptop, saat laptop tersebut kita sentuh. Inilah beberapa penyebab semut dapat masuk ke dalam laptop.

Tempat Penyimpanan Laptop yang Dekat dengan Sarang Semut

Laptop kemasukan semut tidak serta merta selalu dipengaruhi karena adanya makanan atau minuman. Terdapat beberapa perkiraan yang bisa saja terjadi, salah satunya sarang semut yang terlalu dekat dengan barang elektronik.

Baca Juga: Laptop Mendadak Black Screen, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laptop yang diletakkan di dekat sarang semut, tidak menutup kemungkinan semut akan masuk ke dalam laptop dengan mudahnya.

Hal ini menjadi perhatian bagi anda, mau tidak mau tempat penyimpanan laptopnya harus dipindah jika kejadian semacam ini tidak ingin terulang lagi.

Jeroan Laptop yang Menyerupai Sarang Semut

Selain itu, semut yang masuk ke dalam laptop juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan semut itu sendiri.

Terdapat berbagai sumber yang menjelaskan bahwa semut sangat menyukai ruang-ruang atau rongga-rongga yang mirip dengan sarang aslinya. Ternyata laptop pun memiliki jeroan yang tak jauh berbeda dengan sarang semut.

Cara Mengatasi Laptop Kemasukan Semut

Setelah kita mengetahui berbagai penyebabnya, kenapa semut bisa masukkan ke dalam laptop, maka saatnya memberikan tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan tersebut. Berikut ini akan kami sampaikan cara mengatasi semut yang masuk ke dalam laptop.

Menyingkirkan Semut dengan Jari Tangan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi semut yang masuk ke dalam laptop adalah dengan menekan semut tersebut dengan jari-jari anda. Cara ini terbilang sangat mudah.

Ketika laptop dibuka atau mulai dinyalakan, semut-semut yang ada di dalam laptop akan keluar dengan sendirinya. Saat itulah, kita dapat langsung menyingkirkan semut-semut tersebut dengan menggunakan jari-jari tangan.

Cara ini cukup efektif dilakukan untuk mengatasi laptop kemasukan semut. Akan tetapi, terdapat catatan penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan cara ini. Semut tidak dalam jumlah yang banyak dan hanya terdapat di permukaan keyboard laptop anda saja.

Ditiup

Cara selanjutnya untuk mengatasi semut yang masuk ke dalam laptop adalah dengan meniupnya. Saat semut keluar atau merayap di atas keyboard, maka langsung saja semut tersebut ditiup dengan kencang.

Dengan sendirinya semut akan hilang bersamaan dengan angin yang dikeluarkan dari mulut kita. Hal ini dapat dilakukan jika tidak mau mengambil resiko yang dapat menimbulkan masalah baru bagi laptop anda.

Namun seperti cara sebelumnya, untuk melakukan cara ini pun hanya berlaku untuk jumlah semut yang sedikit. Akan kesulitan jika diterapkan untuk jumlah semut yang banyak.

Menghidupkan Laptop Hingga Panas

Cara mengatasi laptop kemasukan semut berikutnya yaitu dengan menghidupkan laptop hingga panas. Langkah ini dapat dilakukan untuk jumlah semut yang relatif banyak dan sudah terlanjur masuk ke bagian jeroannya.

Saat laptop dinyalakan hingga panas, maka semut yang bersembunyi pun juga akan ikut merasakan kondisi panas tersebut. Dengan sendirinya, semut akan berhamburan keluar.

Namun, cara ini memiliki resiko. Jika laptop terlalu panas, terdapat kemungkinan tidak semua semut dapat keluar, bisa jadi terdapat semut yang tertinggal di dalam dengan keadaan sudah mati.

Atau juga bisa, semut yang keluar tidak sempat membawa telurnya, sehingga masih di dalam jeroan laptop anda. Hal ini tentunya dapat menimbulkan gangguan lain.

Intinya, ketika laptop kemasukan semut, janganlah panik. Segera cari solusi terbaik yang bisa dilakukan. Jika keadaan laptop sudah parah, maka anda dapat membongkar laptop tersebut atau membawanya ke toko service. (R10/HR-Online)

- Advertisment -