Laptop Mendadak Black Screen, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

laptop mendadak black screen
Laptop mendadak black screen. Foto: Ist/Net

Laptop mendadak black screen tentunya sangat merugikan bagi anda. Pasalnya, gangguan ini akan menunda pekerjaan yang hendak dilakukan.

Black screen merupakan gangguan pada laptop dengan kondisi layar yang tiba-tiba menjadi hitam dan tidak mau menyala. Gangguan semacam ini tentunya dapat terjadi kapan saja.

Tentunya juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Maka dari itu, sangat penting mengetahui cara mengatasinya.

Laptop Mendadak Black Screen 

Laptop menjadi alat elektronik yang sangat dibutuhkan bagi setiap orang. Jika ponsel yang pertama, maka laptop dapat menjadi yang kedua. 

Baca Juga: Ciri RAM Laptop Bermasalah, Sistem Operasi Bekerja Tidak Lancar

Laptop memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pekerjaan setiap orang. Jika mengalami gangguan seperti mendadak black screen, tentunya akan memberikan dampak yang kurang baik bagi pekerjaan anda.

Penyebab Laptop Tiba-tiba Black Screen 

Mengatasi laptop yang mendadak black screen, diperlukan cara yang paling tepat dalam memperbaikinya. Cara yang sesuai ini dapat dilakukan jika kita sudah mengetahui penyebab pastinya. 

Beda penyebab, perbaikan yang dilakukan tentu tidaklah sama. Maka dari itu, berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan laptop mengalami black screen secara tiba-tiba.

Kabel Konektor yang Bermasalah

Laptop mendadak black screen dapat disebabkan karena kabel konektor yang bermasalah. Kabel konektor merupakan kabel penghubung antara layar dengan mainboard. 

Ketika kabel penghubung ini mendapatkan gangguan, maka tidaklah heran bila laptop anda dapat sewaktu-waktu mengalami black screen. Pada dasarnya, permasalahan ini jarang terjadi.

Meskipun demikian, bukan berarti laptop anda terhindar dari permasalahan semacam ini. Jika anda menggunakan laptop dengan prosedur yang benar, tentunya permasalahan ini tidak akan terjadi.

Terdapat Virus yang Masuk ke Sistem

Virus merupakan salah satu ancaman bagi laptop kita. Aktivitas yang sering dilakukan dengan menggunakan laptop ini, selalu terdapat kemungkinan terjadinya penyebaran virus yang tidak disengaja.

Virus yang berhasil masuk ke sistem akan mempengaruhi sebagian atau seluruh kinerja laptop. Salah satu gangguan yang ditimbulkan adalah laptop mendadak black screen.

Terlalu Sering Menggunakan Laptop Hingga Overheat

Keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan laptop terkadang membuat kita lupa akan waktu. Sehingga menyebabkan laptop terus dioperasikan dalam waktu yang lama.

Hal ini perlu kita perhatikan, terlalu sering menggunakan laptop hingga overheat tentunya akan menyebabkan berbagai kerusakan. Salah satunya adalah laptop yang tiba-tiba black screen.

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Setelah kita mengetahui penyebab laptop yang tiba-tiba black screen, penting pula untuk mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan. Tentunya cara-cara ini terbilang mudah dan cepat.

Menggunakan Save Mode

Cara pertama kali yang dapat anda gunakan adalah dengan mengunakan Save Mode. Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengatasi laptop mendadak black screen. 

Cara ini memanfaatkan tombol F8 yang terdapat pada keyboard laptop. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menyalakan laptop seperti biasanya.

Sebelum beralih ke logo Windows, tekan dan tahan tombol F8 sampai keluar layar, berisikan berbagai daftar-daftar program beserta sistem yang dapat dipilih.

Selanjutnya, silahkan anda mencari dan pilih Save Mode. Tekan Enter, maka akan dengan segera melakukan proses booting.

Langkah terakhir adalah masuk ke Save Mode, tekan Start, lanjut All Programs, pilih Accecories, lanjut ke System Tools.

Kemudian System Restore, selanjutnya System, dan yang terakhir tekan System Restore. Cara mengatasi laptop mendadak black screen ini dapat anda lakukan dengan mudah.

Melakukan Install Ulang Windows 

Cara yang tak kalah mudah dengan cara sebelumnya untuk mengatasi laptop black screen yaitu dengan melakukan install ulang Windows.

Install ulang Windows ini merupakan langkah untuk memperbaiki bagian software di laptop yang dimiliki.

Jika anda ingin menggunakan cara ini, maka alangkah baiknya jika melakukan back up data penting yang tersimpan terlebih dahulu.

Pasalnya, dalam melakukan install ulang Windows ini, ada berbagai kemungkinan file atau dokumen penting yang dimiliki akan terhapus seluruhnya.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi laptop mendadak black screen yang dapat anda ketahui. Perawatan dan penggunaan yang baik tentunya membantu laptop lebih awet dan tahan lama serta terhindar dari berbagai macam kerusakan. (R10/HR-Online)