Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita PangandaranLembaga Adat Pangandaran Gelar Tradisi Maca Layang, Ini Tujuannya

Lembaga Adat Pangandaran Gelar Tradisi Maca Layang, Ini Tujuannya

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Puluhan kasepuhan yang tergabung dalam lembaga adat di Kabupaten Pangandaran, menggelar tradisi tahunan Maca Layang, Sabtu (29/2/2020).

Menurut ketua lembaga adat Kabupaten Pangandaran, Erik Krisna Yuda, tradisi maca layang digelar satu tahun sekali, dan di tahun 2020 ini jatuh pada bulan Rajab.

Tradisi tersebut, kata Erik, dalam rangka memperingati Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW.  “Tujuannya tiada lain guna mempertebal rasa keyakinan kepada Alloh SWT, serta mempertebal keimanan kita,” katanya.

Pantauan HR Online di lokasi, tidak sedikit warga yang ikut bergabung dalam gelaran tradisi tersebut, yang digelar oleh Lembaga Adat Kabupaten Pangandaran.

“Kita dari lembaga adat mempersilahkan dan tidak ada larangan sama sekali. Karena dalam kegiatan tersebut kita memanjatkan doa kepada Alloh SWT, serta bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW,” tuturnya. 

Sementara itu, kegiatan Maca Layang yang digelar lembaga adat Pangandaran, juga mengundang para tokoh dari masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Warga Galuh Ciamis datang ke sini merupakan sebagai tamu kehormatan,” pungkasnya. (Ntang/R5/HR-Online)

- Advertisment -