Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruLubang Misterius di Mars Tertangkap NASA, Tanda Kehidupan Alien?

Lubang Misterius di Mars Tertangkap NASA, Tanda Kehidupan Alien?

Di awal bulan Maret 2020, Badan Antariksa Amerika (NASA) mengejutkan publik dengan menunjukkan foto lubang misterius di Mars. Dari foto tersebut, diketahui bahwa lubang ada di permukaan planet.

Selama ini kita tahu bahwa Mars menjadi salah satu planet yang kerap diteliti karena diperkirakan mampu dihuni manusia. Diperlihatkannya foto tersebut seakan menambah gambaran bagaimana kondisi planet Merah saat ini.

Lubang Misterius di Mars Diprediksi Tabung Lava

Temuan NASA yang menggegerkan publik terkait keberadaan lubang aneh di Mars didapat berkat pemanfaatan Mars Reconnaissance Orbiter.

Sebenarnya foto tersebut sudah diambil sejak tahun 2011. Hanya saja, foto baru dipublikasikan dalam situs NASA pada Rabu, 4 Maret 2020. Foto lubang misterius ini juga ditampilkan dalam Astronomy Photo of the Day (APOD).

Sejak pertama kali diabadikan, temuan ini langsung diteliti lebih lanjut oleh ilmuwan. Hal ini dilakukan tak lain untuk mengungkap sebenarnya lubang apa itu.

Dalam penelitian tersebut, ilmuwan bisa mengetahui bahwa lubang misterius ini adalah tabung lava. Dimana tabung lava akan menjadi calon hunian manusia di masa depan.

Mengenai penemuan lubang misterius di Mars tersebut, peneliti mendeteksinya di sisi Pavonis Mons. Kawasan ini sendiri berupa gunung berapi yang berada di dekat khatulistiwa Mars.

Lokasi penemuannya ini memiliki ketinggian 8,7 mil atau sekitar 14,4 km. Hal inilah yang menjadi daya tarik tabung lava untuk terus diteliti.

Dari lokasi penemuan tersebut, tabung lava ada di lereng sebelah baratnya. Perihal bagaimana penampakannya, tabung lava ini berbentuk kerucut dengan cekungan tajam.

Baca Juga: Jika Manusia Meninggal di Mars, Seperti Ini Proses Pemakamannya

Tak bisa dipungkiri bahwa penampakan tabung lava ini terbilang aneh. Selain penampakannya, bagaimana proses terbentuknya juga mengundang rasa penasaran banyak pihak.

Terkait hal tersebut, lubang ini bukanlah hasil eksperimen tambang, melainkan langit-langit dari tabung lava. Dimana lubang misterius di Mars ini bisa terbentuk karena dampak aktivitas vulkanik kuno yang ada di bawah permukaan planet.

Lebih lanjut, pengamatan yang dilakukan peneliti ini juga mengungkap bahwa tabung lava memiliki bukaan selebar 35 meter. Sementara untuk bagian paling atas tumpukan reruntuhan lava diketahui ada di kedalaman 28 meter.

Hasil Analisa Tabung Lava

Informasi seputar lubang aneh di Mars tak henti-hentinya dicari publik. Hal inilah yang membuat peneliti gencar mengungkap hasil analisanya.

Dari hasil analisa tersebut, diperkirakan bahwa ketinggian tabung lava ini sekitar 90 meter. Perhitungan ini didapat berdasar peta digital.

Dalam pemanfaatan peta digital ini, ilmuwan juga bisa mengetahui volume material yang hilang dari kerucut. Disamping itu, terungkap juga bahwa ketinggian tumpukan reruntuhannya mencapai 62 meter.

Dari hasil analisa lubang misterius di Mars ini, bisa dipastikan bahwa kedalaman kerucutnya terbukti lebih besar jika dibandingkan dengan tabung lava yang ada di planet Bumi.

Adanya tabung lava di Mars ini pun diyakini bisa bermanfaat bagi manusia. Digadang-gadang sebagai hunian manusia di masa depan, tabung lava di Mars dianggap mampu menangkap berbagai ancaman bahaya.

Adapun ancaman bahaya yang dimaksud yaitu radiasi kosmik, mikrometeroit, dan masih banyak lainnya yang mana berkaitan dengan keselamatan manusia.

Lubang Misterius Sebagai Tanda Kehidupan Alien?

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, lubang misterius yang ada di planet Merah diyakini bisa menjadi tempat permukiman manusia.

Namun tahukah anda bahwa bukan hanya anggapan itu saja yang mengejutkan publik, akan tetapi juga dugaan adanya kehidupan alien di lubang misterius di Mars ini.

Tentu bukan rahasia lagi jika planet Mars seringkali dikait-kaitkan dengan alien. Adanya temuan lubang misterius ini pun seakan memperkuat dugaan tersebut.

Lubang misterius ini kemungkinan menjadi salah satu dari sekian banyak tempat yang diteliti dalam melancarkan misi perburuan alien di masa depan.

Sekilas untuk diketahui, pada dasarnya lava diduga kuat berperan dalam menciptakan banyak goa bawah tanah di Mars. Anggapan ini muncul karena Mars kekurangan zat-zat sebagaimana pembentukan goa bawah tanah di Bumi.

Seperti yang diketahui, goa bawah tanah di Bumi terbentuk karena air di bawah tanah yang mengikis batu kapur maupun batuan lainnya secara bertahap.

Sementara perihal lubang misterius di Mars, hingga kini kalangan ilmuwan masih terus meneliti untuk mengungkap fakta lainnya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -