Makanan Kolesterol Tinggi Ini Jangan Dikonsumsi Berlebihan

makanan kolesterol tinggi
Makanan kolesterol tinggi. Foto: Istimewa

Konsumsi makanan kolesterol tinggi sebenarnya juga diperlukan tubuh. Namun yang justru harus diwaspadai adalah batasan kolesterol tinggi jangan sampai berlebihan karena malah bisa mengundang penyakit berbahaya.

Kadar kolesterol dalam tubuh bisa meningkat drastis akibat asupan makanan yang kita konsumsi. Tingginya kadar kolesterol tubuh bisa memicu sejumlah penyakit mematikan, seperti stroke, jantung, hingga diabetes.

Untuk menjaga kesehatan, tubuh juga membutuhkan asupan makanan yang mengandung kolesterol. Namun, kalangan medis menetapkan batasan wajar untuk konsumsi makanan berkolesterol tidak melebihi 200 mg perhari.

Daftar Makanan Kolesterol Tinggi yang Wajib Dikenali

Guna menjaga kolesterol darah tetap normal sangat penting mengetahui jenis makanannya. Berikut daftar makanan berkadar kolesterol tinggi yang harus dikenali sekaligus dihindari, seperti dikutip dari Wikipedia dan sumber lainnya.

Susu Sapi

Meskipun sangat bergizi, susu sapi ataupun susu sapi full cream diketahui juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi, yaitu sekitar 250 per 100 gram. Jenis minuman ini sebaiknya dihindari orang lanjut usia dan obesitas.

Mentega

Mentega khususnya dalam bentuk cair juga mengandung tinggi kolesterol yang mencapai 256 per 100 gram. Konsumsi makanan ini sesekali saja, termasuk untuk memasak atau olesan roti, namun jangan berlebihan.

Kuning Telur

Telur ayam, khususnya bagian kuningnya termasuk makanan kolesterol tinggi yang mencapai 372 per 100 gram. Makan kuning telur hingga 6 butir sekaligus sama saja mengonsumsi 1.085 mg kolesterol, melebihi batas normal.

Kopi Cream

Kopi dengan susu atau creamer bila dikonsumsi berlebihan bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi dan sebaiknya dibatasi. Kadar kolesterol kopi full cream 380 per 100 gram dan kolesterol kopi susu atau dengan creamer sekitar 230 per 100 gram.

Jeroan Hewan

Makanan dari jeroan hewan juga kolesterol tinggi yang wajib dihindari. Jeroan kambing mengandung kolesterol 610 per-100 gram, jeroan sapi 380 per-100 gram, dan jeroan ayam 320 per-100 gram.

Otak Sapi

Jenis makanan yang satu ini diketahui mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Kadarnya bahkan mencapai 3.100 per 100 gram. Makan sedikit saja makanan ini bisa langsung mendongkrak kadar kolesterol tubuh.

Udang

Jika Anda penggemar udang sebaiknya juga membatasi konsumsinya karena kandungan kolesterolnya sebesar 125 per 100 gram. Makan sesekali dan dalam jumlah kecil masih dimungkinkan asal tidak berlebihan.

Udang Lobster

Lobster atau udang berukuran besar ini juga termasuk makanan kolesterol tinggi yang sebaiknya dibatasi. Kadar kolesterol lobster sebesar 200 per 100 gram. Jika Anda pecinta seafood sebaiknya batasi konsumsinya.

Kerang

Bagi penggemar seafood, kerang tiram termasuk makanan yang populer dan bayak disukai. Namun waspada saat memakanya karena tingginya kadar kolesterol makanan ini yang mencapai 206 per 100 gram.

Kepiting

Kepiting juga termasuk makanan hewani yang tinggi kadar kolesterolnya, yaitu sebesar 127 per 100 gram. Baik kepiting merah maupun kepiting sungai kadar kolesterolnya termasuk tinggi.

Minyak Ikan

Minyak ikan juga termasuk makanan kolesterol tinggi yang kadarnya mencapai 521 per 100 gram. Karena itu untuk menjaga kesehatan tubuh batasi konsumsi minyak ini dalam masakan Anda.

Ikan Bawal

Jenis ikan air tawar ini juga populer dan banyak menjadi menu masakan yang enak. Namun ikan bawal diketahui tinggi kolesterol mencapai 120 per 100 gram. Karena itu sebaiknya batasi konsumsinya.

Belut

Belut belakangan makin populer dan banyak diolah menjadi sayuran, keripik, hingga bentuk masakan lainnya. Namun batasi konsumsinya karena belut juga mengandung tinggi kolesterol hingga 185 per 100 gram.

Itulah berbagai jenis makanan kolesterol tinggi yang sebaiknya dikenali dan diwaspadai. Konsumsi makanan atau minuman berkolesterol masih dimungkinkan asal tidak berlebihan. (R9/HR-Online)