Makanan Mengandung Lemak Baik Mampu Melindungi Jantung

makanan mengandung lemak baik

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Makanan mengandung lemak baik mampu melindungi jantung. Dan masyarakat dewasa ini banyak menghindari makanan yang mengandung lemak.

Namun sebenarnya tidak semua makanan mengandung lemak itu buruk untuk kesehatan. Sebab makanan mengandung lemak baik justru sangat dibutuhkan.

Seperti apa lemak baik itu dan makanan apa saja yang mengandung lemak baik? berikut ini penjelasannya;

Kegunaan Lemak Baik

Apabila kita mengkonsumsi lemak baik, terutama yang lemak tak jenuh tunggal, akan berguna untuk  melindungi pembuluh darah dan jantung.

Selain itu, juga mampu mengendalikan kadar lemak dalam darah, kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh terjaga, dan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dapat terkurangi.

Sedangkan makanan-makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda, biasanya dikenal dengan dua jenis lemak, yaitu omega-3 dan omega-9.

Kedua jenis lemak ini dibutuhkan tubuh, namun tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, jadi satu-satunya jalan harus didapatkan dari asupan makanan kita.

Makanan Mengandung Lemak Baik

Setelah tahu apa saja kegunaan dari lemak baik, tentu Anda harus tahu juga apa saja jenis makanan dengan kandungan lemak baik di dalamnya.

Untuk mengetahui apa saja makanannya, Anda bisa simak daftar makanan di bawah ini;

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal. Seperti kacang tanah, kacang mete, dan kacang almond. Banyak mengandung vitamin E dan magnesium.

TCL

Orang yang suka mengkonsumsi kacang-kacangan cenderung terhindar dari penyakit obesitas, jantung, obesitas tipe 2.

Selain itu, kacang kenari dan kacang kedelai banyak mengandung omega-6, yang bermanfaat baik bagi tubuh.

Omega-6 digunakan untuk membentu energi pada tubuh. Selain itu untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengurangi gejala depresi.

  • Biji-bijian

Biji-bijian seperti jagung, biji bunga matahari (kwaci), dan biji wijen, dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol jahat (LDL).

Karena biji-bijian tersebut banyak mengandung lemak tak jenuh atau lemak baik.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun megandung vitamin E, vitamin K dan anti oksidan. Kandungan antioksidan dapat mengurangi inflamasi, atau peradangan.

  • Alpukat

Alpukat mengandung lemak aleic acid yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak ini juga dapat meringankan gejala osteoarthritis atau sakit di bagian sendi.

Juga mengandung kalium dan serat. Kandungan alpukat juga membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

  • Ikan

Ikan sangat baik untuk tubuh karena mengandung omega-3. Ikan seperti Salmon, Sarden, Makarel kaya omega-3.

Omega-3 berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, membantu meringankan radang, menjadi nutrisi perkembangan otak.

Lemak pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh, terutama lemak baik. Oleh karena itu kita harus tetap mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik sehingga asupan lemak dapat tetap didapatkan oleh tubuh.

Namun mengkonsumsi makanan mengandung lemak baik juga tidak boleh berlebihan. Kemenkes RI menyarankan masyarakat untuk mengkonsumsi lemak sehari sebesar 67 gram atau tidak lebih dari 5 sendok makan perhari. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...