Makanan Pantangan Amandel Bengkak yang Harus Anda Hindari!

Makanan Pantangan Amandel Bengkak yang Harus Anda Hindari!
Beberapa makanan pantangan amandel bengkak harus anda hindari, agar sakit amandel anda tidak semakin parah. Foto:Ist/Net

Makanan pantangan amandel saat membengkak perlu anda ketahui. Jika anda tengah mengalami sakit amandel akibat bengkak, cobalah hindari beberapa makanan ini. Saat amandel membengkak, akan menimbulkan rasa sakit terutama saat menelan makanan.

Bahkan rasa sakit dari amandel yang membengkak bisa sampai ke rahang. Amandel membengkak terjadi karena infeksi bakteri Streptococcus. Virus influenza dan virus adenovirus juga ikut bertanggungjawab atas membengkaknya amandel.

Saat amandel membengkak, warnanya akan berubah menjadi kemerahan dan bisa mengganggu saluran tenggorokan. Agar amandel tidak semakin parah, hindari makanan-makanan yang akan membuat amandel anda makin bengkak. Lalu apa sajakah makanan pantangan amandel?

Namun sebelum kita sampaikan apa saja makanan yang akan memperparah sakit amandel, kami akan sampaikan dulu gejala-gejalanya. Selain membuat ukurannya menjadi lebih besar, gejala sakit amandel juga bisa dilihat dari warna amandel yang memerah, mengalami radang tenggorokan, terdapat lapisan putih atau kekuning- kekuningan di amandel.

Gejala lainnya, yakni sakit kepala, suara menjadi serak hingga hilang, berkurang nafsu makan, nyeri pada telinga, organ kelenjar pada leher dan rahang ikut membengkak, napas beraroma tidak sedap, demam hingga menggigil. Pada kasus anak anak, peradagangan pada amandel bisa membuat mereka mual dan muntah. Lalu apa sajakah makanan pantangan amandel yang mesti anda hindari?

Makanan Pantangan Amandel Bengkak

Sebenarnya peradangan amandel bisa hilang beberapa hari. Namun agar peradangan pada amandel tidak makin parah, anda harus menghindari beberapa jenis makanan.

1. Makanan Berlemak

Agar peradagangan pada amandel tidak semakin parah, hindari makanan makanan yang berlemak seperti daging merah, gorengan, olahan susu atau kue manis. Jenis makanan tersebut termasuk dalam daftar pertama makanan pantangan amandel.

Makanan berlemak sulit dicerna dan juga tidak bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi saat amandel membengkak, makanan berlemak akan sulit ditelan. Ini akan semakin memperparah kondisi amandel penderita.

2. Buah-buahan Sitrus

Buah-buahan sitrus juga masuk dalam jajaran makanan pantangan amandel yang bengkak. Buah-buahan sitrus yang harus dihindari saat amandel membengkak yakni jeruk, jeruk nipis, grapefruit, tomat, lemon, dan buah asam lainnya yang bisa membuat iritasi pada amandel makin parah. Hal itu akan membuat tenggorokan lebih sakit.

Lebih baik konsumsi buah-buahan yang dapat melegakan tenggorokan, seperti pisang, melon dan kiwi.

3. Makanan Pedas

Selain makanan berlemak, makanan pantangan amandel lainnya adalah maanan pedas. Apabila anda pecinta makanan pedas, ada baiknya tahan dulu untuk tidak mengonsumsinya, sampai sakit amandel anda benar-benar sembuh.

Jika tetap membandel konsumsi makanan pedas, maka akan berakibat pada peradangan yang semakin parah. Sebagai penggantinya, anda bisa menggunakan jahe dan bawang putih pada masakan anda. Rempah tersebut bisa membantu mengobati radang tenggorokan dan amandel.

4. Makanan bertekstur kasar

Makanan bertekstur kasar seperti roti padat,  granola hingga sayuran mentah, termasuk ke dalam makanan penyebab amandel. Konsumsi makanan padat akan memperparah luka pada bagian dalam tenggorokan. Lebih baik konsumsi kentang tumbuk, , keju, yogurt, atau pun smoothies.

5. Camilan

Selain makanan padat bertekstur padat, makanan pantangan sakit amandel berikutnya adalah camilan. Saat amandel anda membengkak, sebaiknya hindari makanan camilan seperti keripik, kerupuk hingga popcorn untuk sementara waktu. Camilan bertekstur keras ini akan malah melukai bagian tenggorokan yang mengalami peradangan, sehingga amandel akan sulit sembuh.

6. Minuman Asam dan Bersoda

Beberapa minuman juga bisa membuat sakit amandel makin parah. Minuman panas dan asam seperti jus lemon dan jeruk nipis akan membuat luka di tenggorokan semakin parah.  Selain itu konsumsi minuman bersoda dan berkafein akan membuat amandel semakin membengkak.

Cara Alami Mengobati Amandel

Setelah kita bahas makanan pantangan amandel, kita akan bahas cara alami menyembuhkan amandel dengan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan. Biasanya, dokter memberikan antibiotik pada seseorang yang mengalami bengkak amandel. Bahkan dokter juga bisa menyarankan pengangkatan amandel lewat jalur bedah kita pembengkakan amandel sudah parah dan mengganggu aktivitas penderitanya.

Berikut kami sampaikan beberapa pengobatan alami amandel yang bisa anda lakukan di rumah:

  1. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dipercaya ampuh membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan pada amandel. Berkumur dengan air garam tak hanya mampu mengobati sakit gigi, namun peradangan amandel juga bisa diobati dengan air garam jika dilakukan secara berkala.

2. Beristirahat

Selain menghindari makanan pantangan amandel, anda yang menderita sakit amandel juga harus lebih banyak istirahat.

3. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Agar sakit amandel bisa segera sembuh, anda juga perlu menjaga kebersihan lingkungan. Jika kekebalan tubuh sedang menurun, tentu akan mudah terserang penyakit. Makanya pastikan anda selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Nah itulah beberapa makanan pantangan amandel yang bisa kami sampaikan. Sebenarnya peradangan amandel bisa hilang beberapa hari. Namun agar peradangan pada amandel tidak makin parah, anda harus menghindari beberapa jenis makanan yang sudah kami sampaikan diatas. Jika sakit amandel tak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter. (Jujang/R8/HR Online)