Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan Pantangan Penyakit Ambeien dan yang Dianjurkan

Makanan Pantangan Penyakit Ambeien dan yang Dianjurkan

Melanggar pantangan penyakit ambeien tentu saja akan membuat sakit semakin parah. Terutama melanggar soal makanan. Karena itu penting mengenali makanan apa saja yang harus dipantrang atau dilarang. Bagitupun makanan apa saja yang dianjurkan agar penderita penyakit ambeien cepat sembuh.

Penyakit ambeien atau wasir terjadi karena adanya pembengkakan pada bagian vena. Jika pembengkakan terjadi pada rektum bawah atau di dalam anus disebut ambeien internal. Sedangkan ambeien eksternal terjadi di luar anus.

Penyebab penyakit ambeien tidak diketahui dengan pasti. Namun dikutip dari Wikipedia, ada banyak faktor yang bisa memicunya. Seperti kurang olahraga, kegemukan atau hamil, diet rendah serat, ataupun karena duduk terlalu lama.

Berbagai penyebab tersebut akan membuat pembuluh hemoroid membesar karena adanya tekanan yang terjadi pada abdomen. Selain itu perubahan hormonal yang terjadi juga menyebabkan terjadinya peradangan.

Kondisi ini tentu saja akan membuat orang yang menderita menjadi gelisah dan tidak nyaman. Bahkan kondisi ini akan diikuti timbulnya rasa sakit pada sekitar bokong serta gatal dan nyeri saat BAB atau buang air besar.

Ini Dia Makanan Pantangan Penyakit Ambeien

Berbeda dengan penyakit lain, ambeien atau wasir lebih menjengkelkan dan menyebabkan stres. Selain banyak pantangan penyakit ambeien, kita juga tidak bisa duduk. Tidur pun harus dengan telungkap dan tidak bisa terlentang.

Menurut Angka Kecukupan Gizi, setiap hari tubuh normal memerlukan 37 sampai 38 gram serat. Namun, saat sakit wasir, ada banyak menu makanan yang mesti diubah. Untuk hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Nah, selain dengan pengobatan dari dokter, Anda juga harus menjauhi berbagai jenis makanan atau minuman yang terlarang. Berikut ini berbagai makanan pantangan penyakit ambeien yang harus dihindari seperti dikutp dari berbagai sumber.

Gorengan dan Makanan Berlemak

Cemilan atau jajanan yang digoreng atau yang berlemak sebaiknya dijauhi penderita wasir. Selain dapat mengganggu kerja pencernaan, makanan ini juga mengandung kolesterol tinggi yang bisa merusak dinding usus dan memperparah ambeien.

Makanan Rendah Serat

Makanan pantangan penyakit ambeien lainnya adalah yang mengandung rendah serat atau tidak ada seratnya. Nasi atau kentang adalah makanan rendah serat yang sebaiknya diganti dengan makanan tinggi serat agar sakitnya cepat sembuh.

Makanan Pedas

Buat anda yang doyan makanan pedas terpaksa harus menghindari kesukaan anda. Dikutip dari Boldsky, makanan yang dibuat dengan cabai akan mengganggu sistem pencernaan tubuh dan menyebabkan diare yang bikin wasir makin parah.

Minuman Berkafein

Minum kopi juga termasuk pantangan penyakit ambeien yang harus dijauhi sementara waktu. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan sejenisnya bisa menyebabkan iritasi lambung dan dehidrasi.

Minuman Beralkohol

Begitu juga untuk Anda yang sering mengonsumsi minuman beralkohol juga harus dihentikan karena bisa menyebabkan wasir kambuh lagi. Selain bisa mengganggu pencernaan tubuh, minuman beralkohol juga bisa memicu dehidrasi dan sembelit.

Keju

Keju dan produk olahan susu juga harus dihindari hingga wasir terusir. Makanan pantangan penyakit ambeien ini bisa menyebabkan timbulnya gas dalam perut yang dapat memicu kram dan rasa sakit.

Buah Rasa Asam

Buah-buahan yang mengandung atau bercita rasa asam yang tinggi sebaiknya juga dihindari. Jeruk dan apel hijau termasuk buah yang tidak boleh dimakan penderita ambeien. Rasa asam yang kuat bisa menyebabkan ambeien kumat lagi.

Menu Makanan yang Baik Untuk Penderita Wasir

Selain berbagai pantangan penyakit ambeien, ada banyak menu makanan yang baik untuk penderita wasir. Beberapa yang dianjurkan diantaranya kacang-kacangan, biji-bijian, maupun sayur dan buah yang tidak bercita rasa asam.

Makanan yang kaya serat sangat dianjurkan untuk penderita ambeien. Bahkan jenis sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam, kangkung, dan brokoli sangat baik dimakan. Begitu juga buah pisang atau pepaya.

Itulah berbagai makanan pantangan penyakit ambeien yang sebaiknya dihindari. Sebaliknya, pilih makanan yang dianjurkan agar penyakit ambeien cepat sembuh dan wasir pun terusir dari tubuh. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img