Catat, Ini 6 Makanan Penangkal Virus Corona!

Catat, Ini 6 Makanan Penangkal Virus Corona!
Ini 6 makanan penangkal virus corona. Foto:Ist/Net

Makanan penangkal virus corona wajib anda ketahui. Saat ini virus corona atau covid-19 begitu menghebohkan dunia. Virus mematikan ini begitu ditakuti hampir oleh semua negara, termasuk Indonesia.

Bahkan di Indonesia, pemerintah pusat hingga daerah memberlakukan lockdown sebagai upaya antisipasi pencegahan dan penyebaran virus corona. Hal tersebut bukan tanpa sebab, jumlah pasien corona di Indonesia hingga Jumat (20/3/2020) kemarin, mencapai 369 orang dengan jumlah korban meninggal mencapai 32 orang.

Sebagai antisipasi wabah virus corona, masyarakat Indonesia diimbau agar tidak keluar rumah, berkontak fisik dengan orang lain, menjauhi kerumunan, pakai masker hingga cuci tangan memakai hand sanitaizer. Namun begitu, Anda juga harus memenuhi asupan makanan sehat yang bisa mencegah virus corona, agar tidak mudah tertular covid-19. Lalu apa sajakah makanan penangkal virus corona?

Makanan saat ini menjadi langkah utama bagi semua orang untuk menangkal virus corona. Memilih makanan sehat dilakukan sebagai upaya meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh agar tidak mudah tertular virus corona.

6 Makanan Penangkal Virus Corona

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami uraikan beberapa makanan penangkal virus corona:

1. Sayur Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang bisa menangkal virus corona. Penularan covid-19 bisa ditekan dengan rutin konsumsi sayur bayam. Bayam mengandung vitamin A, C, B kompleks, E, dan K, bayam juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh, seperti magnesium, zat besi, kalsium, asam folat, sodium, dan potassium.

Selain itu bayam juga menganduang antioksidan hingga beta karoten yang dipercaya ampuh melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh dan membasmi virus jahat. Inilah sebabnya bayam masuk dalam daftar makanan penangkal virus corona.

Tak hanya smapai disitu, bayam juga kaya akan kandungan serat, rendah kalori dan memiliki lemak yang sedikit. Rutin dan teratur makan sayur bayam bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh agar kami dan keluarga bisa terhindar dari yang namanya virus corona.

2. Sayur Brokoli

Makanan penangkal virus corona kedua yakni sayur brokoli. Sama halnya dengan bayam, brokoli juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan seperti vitamin A, C, dan E. Kandungan mineral dan antioksidan dalam brokoli dipercaya ampuh mampu melawan berbagai virus sumber penyakit.

Antioksidan pada brokoli dipercaya ampuh menangkal berbagai radikal bebas yang masuk pada sel atau organ tubuh. Hal ini akan membuat tubuh anda tetap kuat, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

3. Jahe

Jahe merupakan salah satu makanan penangkal virus corona. Jahe saat ini menjadi rempah-rempah yang paling dicari masyarakat, karena dipercaya ampuh menangkal virus corona. Jahe diketahui merupakan rempah yang bisa mengurangi peradadangan dalam tubuh, mengobati sakit kronis hingga menurunkan kolesterol.

Jahe mengandung curcumin yang dipercaya ampuh menangkal virus corona. Curcumin juga bisa anda temukan pada kunyit atau temulawak. Jahe juga mengandung berbagai senyawa baik salah satunya senyawa beta-karoten dan capsaicin, yang dapat dengan cepat meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh.

4. Bawang Putih

Selain jahe, makanan penangkal virus corona berikutnya adalah bawang putih. Bawang putih yang biasa jadi bumbu dapur ini dipercaya bisa menjaga dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sudah sejak lama pula, bawang putih dianggap sebagai bahan alami yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

Bawang putih diketahui memiliki antibakteri dan antivirus yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bawang putih juga memiliki antioksidan yang cukup tinggi, seperti potassium, kalsium, seng dan fosfor. Senyawa tersebut bisa memperkuar sistem pernapasan, dan juga mampu menambah jumlah sel darah putih.

Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa aliicin, kendati membuat baunya menyengat, senyawa aliicin ternyata ampuh melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya. Anda bisa mencoba memakan mentah-mentah bawang putih sebelum tidur, untuk menangkal virus corona.

5. Buah Sitrus

Makanan penangkal virus corona berikutnya yakni berbagai jenis buah sitrus, seperti seperti, jeruk mandarin, lemon, anggur, jeruk nipis, jeruk nipis hingga grapefruit. Buah sitrus memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan dipercaya ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berbagai jenis buah sitrus juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang bisa berperan dalam melawan berbagai bibit penyakit. Untuk menangkal virus corona, cobalah konsumsi buah-buah sitrus tersebut secara rutin dan berkala, agar tidak bosan.

6. Ikan Berlemak

Makanan penangkal virus corona yang terakhir adalah ikan berlemak. Lemak pada ikan lebih baik, lebih sehat dan aman, daripada lemak yang ada pada hewan lain. Selain itu, nutrisi pada ikan sangat baik untuuk dan ampuh melawan berbagai penyakit.

Jenis ikan berlemak yang bisa anda konsumsi untuk menangkal virus corona, seperti salmon, tuna, sarden, mackerel dan herring. Kandungan asam lemak omega 3, omega 9 dan omega 6 terbukti ampuh mengurangi gejala radang pada tubuh, sindrom metabolik, dan autoimum. Cobalah konsumsi ikan berlemak paling tidak dua porsi dalam seminggu.

Nah, itulah beberapa makanan penangkal virus corona yang bisa kami sampaikan. Selain sehat dan bergizi, makanan-makanan tersebut juga dipercaya ampuh menangkal virus corona. Anda bisa menerapkan makanan-makanan tersebut sebagai menu makan keluarga. Salam sehat, selamat mencoba! (Jujang/R8/HR Online)