Senin, Oktober 25, 2021
BerandaArtikelMakanan Penyebab Asam Lambung Naik yang Mesti Anda Hindari

Makanan Penyebab Asam Lambung Naik yang Mesti Anda Hindari

Tahukah anda, makanan penyebab asam lambung naik? Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung, sebaiknya hindari makanan-makanan yang berpotensi menimbulkan asam lambung naik.

Selain harus memperhatikan pola makan, anda juga jangan sembarangan konsumsi makanan yang bisa memicu asam lambung. Jika asam lambung naik, maka kemungkinan besar penyakit maag anda akan kambuh. Jika penyakit maag anda sudah kronis, maka anda akan merasakan rasa mual, pusing, rasa terbakar di dada dan tenggorokan terasa tercekik.

Agar sakit maag atau asam lambung tak kambuh lagi, sebaiknya anda hindari berbagai makanan yang memicu naiknya asam lambung. Lalu apa sajakah makanan penyebab asam lambung yang harus anda hindari?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kami uraikan makanan pemicu naiknya asam lambung;

Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

1. Makanan dan Minuman Tinggi Lemak

Makanan penyebab asam lambung yang pertama yakni makanan dan minuman yang mengandung tinggi lemak. Lemak sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tertentu. Namun jika sering konsumsi makanan dan minuman tinggi lemak, maka maag anda akan berpotensi kambuh kembali.

Makanan dan minuman yang memiliki lemak tinggi bisa membuat esofagus atau otot pada katup kerongkongan bagian bawah lemah. Tentu kondisi ini akan membuat katup kerongkongan gampang terbuka, pada akhirnya akan membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Jika asam lambung naik, maka anda akan merasakan sensari terbakar pada dada (heartburn). Selain itu, makanan yang mengandung lemak tinggi sulit untuk dicerna, ini akan membuat proses pengosongan lambung berjalan lambat, dan membuat produksi asam lambung berlebihan.

Makanya penderita asam lambung dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan penyebab asam lambung, seperti gorengan, susu olahan, daging merah seperti sapi, kambing, domba.

2. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng rasanya memang lezat dan membuat ketagihan. Namun, bagi penderita asam lambung atau maag, sebaiknya hindari dan batasi konsumsi makanan yang digoreng. Jika penderita asam lambung mengonsumsi makanan yang digoreng dengan jumlah berlebih, maka potensi naiknya asam lambung cukup tinggi.

Makanan yang digoreng semisal jajanan gorengan, biasanya diolah dengan cara direndam dalam minyak panas dan cukup banyak, sehingga gorengan akan mengandung banyak lemak trans.

Makanan yang digoreng masuk dalam daftar makanan penyebab asam lambung naik, karena mengandungan lemak tinggi yang dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan. Sehingga memudahkan naiknya asam lambung yang menjalar ke ulu hati, dada, sampai ke kerongkongan.

3. Cokelat

Cokelat merupakan satu makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung. Kandungan kafein dan stimulan theobromine, bisa membuat asam lambung naik. Selain itu bahan methylxanthine yang terdapat pada cokelat bisa melemahkan kekuatan otot pada katup kerongkongan. Lemak pada cokelat juga dipercaya menjadi salah satu penyebab asam lambung kambuh.

4. Kopi

Kopi merupakan salah satu makanan penyebab asam lambung kambuh. Biasanya dokter menganjurkan penderita maag tidak mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak, karena dapat membuat maag tambah parah.

Kopi mengandung kafein cukup tinggi sehingga bisa melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah, sehingga asam lambung akan mudah naik ke kerongkongan.

5. Soda

Soda juga termasuk makanan penyebab asam lambung naik. Meminum minuman bersoda akan membuat perut terasa kembung. Minuman soda akan melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah, sehingga membuat asam lambung naik dengan mudah.

Minuman bersoda juga diketahui mengandung kafein yang berpotensi membuat gejala maag anda kambuh. Minuman bersoda tidak dianjurkan bagi penderita maag.

6. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol masuk dalam daftar makanan penyebab asam lambung kambuh. Minuman yang mengandung alkohol atau minuman keras seperti  bir dan anggur, dapat meningkatkan jumlah produksi asam lambung. Selain itu, konsumsi alkohol juga dapat membuat otot pada katup kerongkongan melemah.

7. Buah citrus

Konsumsi buah yang tergolong ke dalam kelompok citrus seperti jeruk, jeruk nipis, lemon maupun jeruk Bali menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung. Banyaknya jumlah asam pada buah citrus menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung.

8. Tomat

Selain buah-buah citrus, tomat juga termasuk ke dalam makanan penyebab asam lambung naik. Tomat diketahui mengandung asam sitrat dan asam malat, yang terbukti dapat memicu naiknya asam lambung, dan menimbulkan sakit maag.

9. Makanan Pedas

Makanan pedas memang sudah sepatutnya dihindari oleh penderita sakit maag atau asam lambung. Konsumsi makanan pedas bisa membuat seseorang sakit perut, mulas dan diare. Konsumsi makanan pedas akan membuat asam lambung naik, dan membuat penyakit maag kambuh.

Nah itulah beberapa makanan penyebab asam lambung kambuh atau naik. Mulai saat ini hindari makanan-makanan tersebut, agar anda tidak lagi merasakan sakit maag. Olahraga teratur dan lakukan pola makan yang seimbang juga harus dilakukan, agar maag anda tidak kambuh lagi. Terimakasih, semoga bermanfaat. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img