Makanan Penyebab Bisul yang Wajib Dihindari

Makanan penyebab bisul
Beberapa Makanan penyebab bisul. Foto: Istimewa

Menjauhi makanan penyebab bisul merupakan langkah bijak agar terhindar dari gangguan penyakit ini. Dengan mengenali penyebab bisul juga berguna agar Anda dan keluarga dapat mencegah atau mengatasinya. Termasuk Anda akan tahu bagaimana cara hidup sehat.

Bisul (abscessus) merupakan benjolan merah yang terjadi akibat infeksi pada kulit. Meskipun tidak berbahaya, namun bisul sangat mengganggu. Selain gatal kadang juga diikuti dengan rasa nyeri.

Bisul umumnya menyerang bagian bokong. Selain itu bagian tubuh lainnya juga bisa terkena ganggan ini, seperti wajah, leher, jari-jari tangan, ketiak, ataupun di sekitar payudara.

Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab bisul. Seperti dikutip dari Wikipedia, selain makanan penyebab bisul, gangguan ini juga bisa karena bakteri Staphylococcus. Bisul yang disebabkannya biasanya berkembang lebih serius.

Meskipun sangat mengganggu dan terasa gatal atau nyeri, bisul sebenarnya merupakan reaksi tubuh terhadap serangan bakteri. Saat bakteri menyerang, tubuh akan mengeluarkan toksin untuk mempertahankan sel kulit.

Nah, toksin inilah yang kemudian memicu radang sebagai bentuk perlawanan tubuh terhadap serangan bakteri. Pada kondisi inilah ketahanan dan imunitas tubuh sangat penting agar penyakit ini bisa diatasi.

Daftar Makanan Penyebab Bisul yang Wajib Diketahui

Untuk mencegah timbulnya bisul sekaligus menghalangi pertumbuhan bakteri yang menyerang kulit, ada sejumlah makanan yang sebaiknya dijauhi. Berikut ini daftar makanan penyebab bisul seperti dikutip dari Medical News Today.

Telur Ayam

Ada mitos yang menyebutkan makan telur ayam bisa menyebabkan bisul. Mitos ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar, karena makanan ini justru mengandung nutrisi yang baik. Hanya saja porsinya jangan berlebihan.

Makanan Berlemak

Makanan penyebab bisul yang juga harus dihindari adalah yang berkadar lemak tinggi. Lemak dan minyak tak sehat dalam makanan ini bisa memicu peningkatan produksi hormon yang rentan terhadap serangan bakteri.

Makanan tinggi lemak diantaranya daging olahan, jeroan, es krim, mentega, dan keju. Jika tak ingin terkena bisul sebaiknya hindari makanan tersebut terutama jika kebersihan kulit kurang terjaga.

TCL

Susu dan Produk Olahannya

Susu merupakan minuman sehat yang kaya nutrisi. Begitu juga berbagai produk olahan yang dibuat dari susu. Namun susu juga bisa menjadi makanan penyebab bisul dan menimbulkan alergi kulit.

Jika mengonsumsi susu murni sebaiknya dimasak hingga matang. Agar tidak menimbulkan alergi kulit yang bisa memicu bisul, sebaiknya pilih susu yang terjaga kebersihannya, termasuk dalam menyimpannya.

Gula

Gula diketahui mengandung kadar indeks glikemik yang tinggi. Konsumsi pemanis ini bisa menyebabkan kerja insulin yang makin berat akibat meningkatnya kadar gula darah.

Kondisi ini dapat mendorong meningkatnya produksi kelenjar minyak yang menyebabkan timbulnya bisul. Karena itu hindari makanan ini agar tidak menyebabkan bisul.

Faktor Penyebab Bisul Lainnya yang Wajib Dikenali

Selain makanan penyebab bisul ada banyak faktor lainnya yang ikut memicu timbulnya gangguan kulit ini. Berikut ini beberapa penyebab bisul yang sebaiknya dikenali agar memudahkan dalam mencegah dan mengobatinya.

Kurangnya Kebersihan

Tubuh yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya juga menjadi sasaran empuk bagi bakteri untuk menyerang kulit. Karena itu menjaga kebersihan tubuh sangat penting, termasuk dengan menggunakan sabun anti bakteri.

Kurang Asupan Nutrisi

Makanan memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Meskipun ada makanan penyebab bisul, namun asupan makanan yang bergizi juga penting untuk mencegah dan mengatasi gangguan kulit ini.

Lemahnya Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh yang menurun memang menjadi celah bagi bakteri maupun penyakit untuk menyerang. Kekebalan tubuh menurun terutama saat kurang gizi, pasca sakit, maupun karena kurang berolahraga.

Selain faktor yang telah disebutkan di atas, sejumlah penyakit juga dapat menyebabkan gangguan kulit ini. Namun dengan menghindari makanan penyebab bisul tentunya bisa mencegah risiko terkena penyakit ini. (R9/HR-Online)

Loading...