Makanan Penyebab Jerawat yang Mesti Anda Hindari

Makanan Penyebab Jerawat
Beberapa makanan harus anda batasi konsumsinya agar tidak menjadi penyebab timbulnya jerawat. Foto:Ist/Net

Tahukah anda makanan penyebab jerawat? Jerawat memang kerap muncul saat pori-pori di kulit tersumbat sel kulit mati, terkena bakteri, minyak (sebum), dan terpapar kotoran, atau kombinasi semua itu. Pori-pori kulit yang tersumbat tersebut, akan meradang menimbulkan jerawat.

Memang hingga saat ini, belum ada kepastian apakah munculnya jerawat dipengaruhi faktor makanan atau tidak. Beberapa studi menyebut, penyebab utama bukan dari faktor makanan.

Meski demikian, beberapa jenis makanan disinyalir dapat memicu tumbuhnya jerawat. Hal tersebut karena makanan tersebut mengandung kadar hormon insulin-like growth factor 1 (IGF-1). Kadar IGF-1 yang berlebihan pada suatu makanan, dapat meningkatkan produksi minyak atau sebum pada kulit dan berpotensi menimbulkan jerawat.

Lalu apa sajakah makanan penyebab jerawat? Bisa saja, makanan tersebut adalah makanan favorit anda lho. Beberapa makanan ini akan menjadi penyebab timbulnya jerawat jika dikonsumsi secara berlebiah.

6 Makanan Penyebab Jerawat

1. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Anda akan beresiko terkena jerawat jika konsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi dalam porsi berlebihan. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi antara lain nasi putih, pasta dan mie yang terbuat dari tepung terigu, minuman kemasan, sereal instan, roti putih, kue, permen, minuman olahan, minuman bersoda dan makanan olahan lainnya.

Makanan diatas merupakan daftar makanan penyebab jerawat yang mesti anda batasi konsumsinya. Diketahui, makanan tersebut tinggi karbohidrat dan gula yang tergolong tinggi glikemik.

Makanan yang memiliki kadar glikemik tinggi akan membuat tubuh memproduksi insulin dengan jumlah yang banyak, sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan berjalan dengan sangat cepat. Inilah yang akan memengaruhi kadar hormon lainnya sehingga produksi minyak di kulit akan meningkat dan akan menimbulkan jerawat tumbuh dengan mudah.

2. Susu

Makanan penyebab jerawat kedua yakni susu. Banyak penelitian yang menyebut, konsumsi susu berlebihan akan membuat seseorang terkena jerawat khususnya usia remaja. The European Academy Of Dermatology And Venereology dalam penelitiannya menyebut, seseorang yang gemar minum susu dan makan es krim berisiko 4 kali lebih tinggi terkena jerawat.

Konsumsi susu secara berleibihan akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga akan memperburuk keparahan jerawat. Kanduangan asam amino pada susus dapat merangsang hati menghasilkan hormon IGF-1 dengan jumlah yang banyak. Hormon IGF-1 bertanggungjawab atas munculnya jerawat.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji juga masuk dalam daftar makanan penyebab jerawat. Makanan cepat saji seperti, nugget, hot dog, burger, kentang goreng, soda, dan milkshake diketahui sudah sejak lama menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat.

Penelitian yang dilakukan Tiongkok yang diterbitkan dalam Journal Of The European Academy Of Dermatology And Venereology, menyebut,  kandungan lemak jahat dalam makanan cepat saji akan mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

Makan makanan yang memiliki lemak tinggi akan berpotensi menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Sehingga seseorang yang punya kebiasaan konsumsi makanan cepat saji. Penilitian di Tiongkok menunjukan, seseorang yang makan makanan cepat saji memiliki potensi kemunculan jerawat antara 17-43 persen.

Namun, bukan berarti konsumsi makanan cepat saji bisa menimbulkan jerawat. Perlu adanya penelitian lebih lanjut oleh ahli. Hanya saja, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan penyebab jerawat seperti makanan cepat saji, karena jika dikonsumsi berlebih bisa membuat kesehatan anda terganggu.

4. Cokelat

Beberapa penelitian menyebut, cokelat menjadi salah satu makanan yang bertanggungjawab atas munculnya jerawat. Penelitian yang diterbitkan International Journal of Dermatology menyebutkan, jerawat malah akan tumbuh semakin banyak setelah dua pekan makandark chocholate 99 persen setiap hari.

Penelitian lainnya juga menyebutkan, lelaki yang makan bubuk kakao setiap hari dalam seminggu memiliki jumlah jerawat yang lebih banyak. Untuk itu, mulai saat ini batasi konsumsi makanan penyebab jerawat seperti cokelat.

5. Makanan Tinggi Lemak Omega-6

Jagung dan kedelai adalah salah satu makanan dengan omega-6 yang tinggi. Makanan tinggi lemak omega 6 juga berpengaruh terhadap kemunculan jerawat.

Saat ini, orang lebih cenderung konsumsi makanan tinggi omega6 ketimbang omega3. Hal ini akan memperparah kondisi jerawat anda. Ketidakseimbangan asupan asam lemak omega-6 dan omega-3 akan membuat kulit mengalami peradangan dan memperburuk jerawat.

Sebaliknya, jika anda lebih banyak konsumsi makanan mengandung omega-3 maka akan mampu mengurangi tingkat keparahan jerawat.

6. Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Makanan penyebab jerawat yang terakhir adalah makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans bisanya berasal dari minyak sayur bekas anda memasak. Lemak sayur kerap ditemukan pula pada kue, biskuit, keripik dan mentega.

Lemak transs selain menyumbat pembuluh arteri di jantung, lemak trans juga akan menyumbat pembuluh darah kecil pada kulit. Pada waktu bersamaan, lemak trans akan memicu peradangan dan bisa menimbulkan jerawat pada wajah.

Nah itulah beberapa makanan penyebab jerawat yang bisa kami sampaikan. Selain membatasi konsumsi makanan tersebut, anda juga mesti memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa olahraga yang teratur. Semoga bermanfaat. (Jujang/R8/HR Online)