Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaArtikelMakanan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Ini Perlu Anda Waspadai!

Makanan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Ini Perlu Anda Waspadai!

Tahukah anda makanan penyebab kanker kelenjar getah bening? Memang, beberapa peneliti masih belum menemukan penyebab pasti seseorang terkena kanker kelenjar getah bening. Namun sejumlah pakar menyebut, beberapa faktor terjadinya kanker kelenjar getah bening diakibatkan oleh umur, paparan radiasi, bahan kimia, penyakit autoimun, hingga infeksi.

Agar anda terhindar dari kanker kelenjar getah bening, anda harus menjaga asupan makanan sejak dini. Salah satu cara agar anda bisa terhindar dari kanker kelenjar getah bening yakni dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Agar sistem kekebalan tubuh anda meningkat, tentunya harus dibarengi dengan asupan makanan sehat. Hindari makanan penyebab kanker kelenjar getah bening. Sebaiknya mulai saat ini, anda harus terbiasa konsumsi makanan sehat, sayuran dan buah-buahan.

Untuk antisipasi, berikut kami sampaikan beberapa makanan yang bisa memicu tumbuhnya kanker kelenjar getah bening.

Makanan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

1. Makanan yang Mengandung Pengawet dan Pemanis Buatan

Makanan penyebab kanker kelenjar getah bening  yang pertama adalah makanan yang mengandung pemanis buatan. Makanan yang memakai pemanis buatan mengandung senyawa kimia bernama aspartame.

Jika senyawa kimia ini masuk ke dalam tubuh, senyawa ini malah akan mengurai dan berubah menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh. Selanjutnya, kandungan dari racun tersebut bisa saja memicu tumbuhnya kanker pada kelenjar getah bening. Jika makanan yang mengandung pemanis buatan ini dikombinasikan dengan bahan pengawet, maka perkembangan sel kanker dalam tubuh akan semakin cepat dan mematikan.

2. Mengonsumsi Soda dan Alkohol

Makanan penyebab kanker kelenjar getah bening  kedua yakni soda dan alkohol. Kedua minuman ini adalah sumber terbesar dari berbagai penyakit yang ada dalam tubuh manusia, terutama kanker. Pewarna buatan dan bahan pengawet dalam soda, menjadi salah satu pemicu utama pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

3. Mengonsumsi Buah atau Sayuran yang Sudah Terpapar Pestisida

Pestisida banyak digunakan masyarakat untuk membunuh atau membasmi hama. Tentu apabila pestisida ini akan sangat berbahaya bagi tubuh apabila kita tidak sengaja mengonsumsinya dalam buah atau sayuran yang terpapar pestisida. Maka dari itu, ketika anda akan mengonsumis buah dan sayuran, pastikan cuci dengan bersih. Akan lebih baik lagi, jika anda mengonsumsi buah dan sayur, yang dipastikan bebas pestisida (menggunakan bahan organik).

4. Makanan Kaleng

Makanan penyebab kanker kelenjar getah bening  selanjutnya, yakni makanan kaleng atau makanan praktis siap saji. Makanan yang ada dalam kaleng sudah pasti mengandung pengawet. Pengawet ini mengandung zat kimia yang sangat berbahaya jika manusia. Lebih baik saat ini anda konsumsi masakan non kaleng, dan memasaknya secara langsung. Kurangi konsumsi makanan siap saji dalam kaleng.

5. Mengonsumsi Gula Halus

Kebiasaan mengonsumsi gula halus dalam jumlah banyak sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Konsumsi gula halus berlebih akan membuat insulin bekerja lebih efektif dan menumbuhkan sel-sel kanker dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan penyebab kanker kelenjar getah bening. Selain kita sebutkan makanan yang bisa memicu kanker kelenjar getah bening, berikut kami sampaikan pula, makanan yang bisa mencegah anda terkena kanker kelenjar getah bening.

Makanan untuk Mencegah Kanker Kelenjar Getah Bening

1.Kunyit

Kunyit adalah jenis rempah-rempah yang tumbuh subur di Indonesia. Berbagai manfaat bisa anda dapatkan dengan konsumsi kunyit. Zat kurkumin pada kunyit dapat mendeteksi dan menghancurkan sel-sel penyebab kanker.

Di negara India, hampir semua masakan memakai rempah kunyit. Ini membuat presentase penyakit kanker di India sepuluh kali lebih rendah dibanding negara lainnya.

2. Anggur

Anggur memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai zat antioksidan dan anti-inflamasi. Zat ini terbukti mampu menghambat pertumbuhan kanker atau tumor pada kelenjar getah bening, payudara, perut, dan hati. Mulai sekarang konsumsi anggur dan hindari makanan penyebab kanker kelenjar getah bening yang sudah kami sampaikan diatas.

3. Sayuran Hijau

Beragam sayuran hijau memang memiliki khasiat baik untuk kesehatan termasuk mencegah timbulnya kanker, sebut saha bayam dan kale. Kedua sayuran ini memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan. Zat karotenoid pada bayam dan kale juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker yang pada tubuh.

4. Makanan dengan Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik seperti kefir, tempe dan yogurt akan mampu menambah jumlah bakteri baik yang menguntungkan usus, sehingga bisa mengatur keseimbangan pH, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Asam laktat alami dan enzim yang diproduksi saat proses fermentasi makanan dengan probiotik akan memberikan efek baik pada metabolisme dan mampu memberikan efek penyembuhan penyakit kanker.

5. Lemak Sehat

Agar anda terhindar dari kanker kelenjar getah bening, perbanyak lemak sehat dan hindari makanan penyebab kanker kelenjar getah bening yang mengandung lemak jenuh seperti kue, donat, kentang goreng, sosis serta makanan olahan lainnya.

Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat diantaranya sarden, kacang almond, ikan tuna, kacang walnut serta ikan salmon. University of Maryland Medical Center  juga sangat merekomendasikan masyarakat untuk mengonsumsi makanan dengan lemak sehat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

6. Biji Bijian

Biji-bijian diketahui mengandung banyak zat baik yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Zat-zat tersebut sangat baik untuk melawan kanker kelenjar getah bening, sebab biji-bijian bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nah itulah beberapa makanan penyebab kanker kelenjar getah bening yang bisa kami sampaikan. Mulai saat ini hindari makanan tidak sehat yang bisa memicu timbulnya penyakit kanker dalam tubuh. Perbanyak konsumsi makanan sehat tanpa pengawet, agar anda tetap sehat dan terhindar dari ancaman penyakit mematikan. Semoga bermanfaat! (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img