Makanan Penyebab Kanker Serviks Perlu Anda Waspadai!

Makanan Penyebab Kanker Serviks Perlu Anda Waspadai
Makanan penyebab kanker serviks perlu anda waspadai dan hindari sejak sekarang. Foto:Ist/Net

Makanan penyebab kanker serviks perlu anda waspadai dan hindari sejak sekarang. Penyebab kanker serviks hingga saat ini belum bisa dipastikan secara jelas. Namun para pakar menyebut, infeksi dari virus HPV (human papilloma virus) sangat berperan dalam pembentukan sel-sel kanker pada organ serviks.

Namun demikian, konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat juga diyakini menjadi salah satu pemicu munculnya serviks.

Makanan penyebab kanker serviks adalah makanan dan minuman yang tergolong tidak sehat dan mengandung gizi yang sangat sedikit. Keseringan mengonsumsi beberapa makanan tidak sehat, bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit kanker serviks.

Kanker serviks sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan adanya sel-sel kanker yang berkembang biak pada bagian leher rahim atau serviks. Kanker serviks ini merupakan jenis kanker yang paling sering diderita oleh kaum hawa.

Selain makanan, beberapa penyebab lain dari timbulnya kanker serviks yakni faktor genetik, usia, berat badan berlebihan, kehamilan di usia muda dan infeksi HPV. Lalu apa sajakah makanan penyebab kanker serviks yang perlu anda waspadai dan hindari?

Makanan Penyebab Kanker Serviks

Untuk mencegah timbulnya penyakit kanker, tentu anda harus menghindari faktor-faktor penyebab, salah satunya yakni dengan cara menghindari konsumsi makanan yang dapat memicu berkembangnya sel-sel kanker pada serviks;

  1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan penyebab kanker serviks yang pertama yakni makanan tinggi lemak seperti daging olahan dan gorengan. Makanan tersebut termasuk tinggi lemak dan bisa menjadi salah satu penyebab kanker serviks, jika terlalu sering mengonsumsinya.

Kandungan lemak tinggi pada makanan tersebut bisa meningkatkan produksi hormon estrogen. Jika produksi hormon estrogen ini berlebihan dan terus menerus, maka bagian leher rahim atau serviks akan sangat rentan dihinggapi sel kanker.

2. Makanan yang Mengandung Bahan Kimia dan Pestisida

Makanan penyebab kanker serviks kedua yakni makanan yang mengandung bahan kimia dan pestisida. Dengan majunya teknologi, saat ini banyak sekali makanan dicampuri dengan bahan kimia seperti pemanis makanan, pengawet makanan, hingga pewarna buatan.

Sayuran dan buah-buahan yang biasa dipanen petani di Indonesia pun lepas dari bahan kimia. Pestisida yang digunakan petani untuk membasmi hama cukup berbahaya jika menempel pada buah atau sayur yang biasa kita konsumsi.

Mulai saat ini, jika akan mengonsumsi sayuran atau buah-buahan pastikan cuci dengan bersih, atau pastikan anda membeli buah dan sayuran yang mengggunakan ditanam dengan bahan organik. Jika anda tidak memperhatikan kebersihan pada buah dan sayur yang akan anda konsumsi, maka bisa saja sayuran dan buah yang anda konsumsi tersebut menjadi makanan penyebab kanker serviks.

3. Makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

Gula adalah salah satu sumber energi tubuh. Hanya saja, jika mengonsumsi gula secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Konsumsi gula berlebih bisa menjadi pemicu timbulnya kanker serviks.

Mulai saat ini anda harus menghindari dan membatasi konsumsi makanan  penyebab kanker serviks yang mengandung kadar gula tinggi seperti, sirup, minuman bersoda, snack serta kue-kue manis.

4. Makanan yang Dipanggang

Makanan yang diolah dengan cara dipanggang, apalagi sampai menghitam, bisa memicu tumbuh kembang kanker serviks. Lemak yang terdapat pada makanan yang dibakar, akan memproduksi senyawa yang bernama Hidrokarbon Polisiklik Aromatik (HPA). Senyawa HPA ini yang paling bertanggungjawab atas terjadinya kanker serviks.

Mulai saat ini, batasi konsumsi makanan yang diolah dengan cara dipanggang agar kita bisa terhindar dari ancaman kanker serviks.

5. Makanan dan Minuman Beralkohol

Makanan penyebab kanker serviks lainnya yakni minuman yang mengandung alkohol. Berbagai studi menyebut, rutin konsumsi alkohol membuat akan membuat seseorang beresiko tinggi terkena kanker. Resiko ini akan lebih meningkat jika dibarengi dengan kebiasaan merokok.

Kebiasan meminum minuman beralkohol dan merokok akan membuat fungsi organ-organ pada tubuh melemah, sehingga sel-sel kanker pada mulut rahim (serviks) akan berkembang dengan sangat cepat.

6. Makanan olahan dan cepat saji

Makanan penyebab kanker serviks berikutnya yakni makanan cepat saji atau junk food misalnya

bacon dan hot dog. Makanan cepat saji memiliki kandungan lemak yang tinggi. Ini akan berpotensi menyebabkan kanker serviks.

Makanan cepat saji yang tinggi lemak akan membuat berat badan anda berlebih (obesitas). Dilansir dari laman American Cancer Society, obesitas menjadi salah satu faktor risiko penyebab kanker serviks. Mulai saat ini hindari dan batasi makanan cepat saji.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Selain anda menghindari makanan penyebab kanker serviks, anda pun harus rutin konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Jangan lupa pula, rutinlah berolahraga agar derajat kesehatan anda bisa tetap terjaga.

Sayur dan buah memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Mengandung banyak mineral dan vitamin, serta antioksidan yang tinggi, buah dan sayur-sayuran juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Kurangnya konsumsi sayur dan buah ternyata akan menjadi penyebab seseorang terkena kanker serviks, hal tersebut pun disebutkan oleh American Cancer Society.

Nah, itulah beberapa makanan penyebab kanker serviks yang mesti anda batasi bahkan hindari agar terbebas dari ancaman penyakit kanker serviks. Agar anda terhindar dari kanker serviks, jalani pola hidup sehat serta lakukan vaksinasi HPV bila perlu, konsultasi dulu dengan dokter spesialis. Semoga bermanfaat! (Jujang/R8/HR Online)