Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaArtikelMakanan Penyebab Keputihan, Kurangi Konsumsinya Sejak Sekarang!

Makanan Penyebab Keputihan, Kurangi Konsumsinya Sejak Sekarang!

Tahukah anda makanan penyebab keputihan? Keputihan sebenarnya merupakan reaksi tubuh alami yang berfungsi membersihkan vagina secara alami dari berbagai virus dan bakteri. Penyebab keputihan karena adanya perubahan hormon atau infeksi ringan yang bisa diakibatkan oleh perubahan pH (keasaman) pada vagina.

Meski demikian, mengalami keputihan tentu akan membuat kaum hawa tidak nyaman, apalagi sampai mengeluarkan bau yang tidak sedap dan rasa gatal pada bagian Mrs V.

Biasanya keputihan akan datang satu minggu sebelum dan sesudah menstruasi. Memang banyak faktor yang nisa menyebabkan keputihan seperti infeksi, bakteri, infeksi sampai makanan yang biasa kita konsumsi.

Lalu apa sajakah makanan penyebab keputihan? Haruskah anda menghindari makanan tersebut? Selama ini, masyarakat Indonesia beranggapan, bahwa makan mentimun dan nanas bisa menyebabkan keputihan. Apakah itu benar atau hanya mitos?

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa  makanan ternyata bisa mengubah pH dan selanjutnya akan menjadi penyebab keputihan.

Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Montefiore Medical Center, New York, Mary Rosser, MD, Ph.D, menyebut bahwa vagina yang sehat mempunyai pH asam alami, dan beberapa bakteri sehat yang  dapat menangkal dan menjaga Mrs V dari infeksi.

Menurutnya ada beberapa makanan penyebab keputihan pada organ intim perempuan. Makanan tersebut bisa saja mempengaruhi pH pada mrs V dan mengubahnya menjadi bau yang tidak sedap.

Makanan yang dimaksud diantaranya, rempah-rempah, daging merah, susu, asparagus, brokoli, bawang merah, bawang putih,  serta alkohol.

Agar anda tidak mengalami keputihan, anda harus mengontrol beberapa makanan yang hendak anda konsumsi. Berikut ini kami uraikan beberapa makanan penyebab keputihan;

10 Makanan Penyebab Keputihan

1. Mentimun

Mentimun merupakan salah satu sayuran yang cukup digemari masyarakat. Timun biasanya dimakan langsung atau dilalap, kadang juga dimasak menjadi tumis. Namun ternyata mentimun bisa meningkatkan produksi hormon estrogen lho!.

Karena itu, mentimun menjadi salah satu makanan penyebab keputihan yang harus anda batasi konsumsinya. Konsumsi secara wajar, jangan berlebihan agar anda tidak mengalami keputihan.

2. Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang mengandung cukup banyak kalori dan protein. Namun, dibalik itu semua, konsumsi telur berlebihan akan menyebabkan tubuh mengeluarkan bentuk lendir keputihan yang biasa terjadi pada organ intim perempuan.

3. Udang

Makanan penyebab keputihan ketiga adalah udang. Jika anda penyuka kuliner sea food, ada baiknya membatasi konsumsi udang agar tidak menimbulkan keputihan.

4. Pasta Tomat

Bagi anda kaum hawa yang hobi makan spaghetti atau pasta, sudah dipastikan tahu pasta tomat.

Lain halnya dengan tomat segar yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan, pasta tomat yang sudah diproses dengan fermentasi, justru buruk untuk kesehatan karena dapat menimbulkan keputihan. Hal tersebut karena proses fermentasi pasta tomat menggunakan ragi yang dapat menjadi penyebab keputihan.

5. Makanan Manis

Makanan penyebab keputihan berikutnya adalah makanan yang manis. Spesialis Kebidanan dan Kandungan asal Orlando, Florida, Christine Greves, MD, menyebut, seorang perempuan yang mengonsumsi makanan tinggi gula, kemungkinan besar akan mengalami infeksi jamur di lingkungan Mrs V, sehingga akan menyebabkan keputihan.

Makanan manis seperti permen juga bisa menjadi penyebab keputihan, hal tersebut karena permen dibuat dengan campuran bahan pengawet yang tentu bisa menjadi salah satu penyebab keputihan.

6. Keju

Makanan penyebab keputihan lainnya yakni keju. Keju yang biasanya digunakan campuran makanan seperti makaroni keju atau pizza ini, bisa menjadi penyebab keputihan jika setiap hari mengonsumsinya dengan berlebihan.

7. Nanas

Selain dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil, nanas juga tidak baik dikonsumsi dalam jumlah berlebihan oleh kaum hawa. Pasalnya, konsumsi nanas berlebihan akan membuat resiko keputihan terjadi pada seorang perempuan.

8. Tape Singkong

Makanan penyebab keputihan selanjutnya yakni tape singkong. Kita sudah tahu, bahwa tape singkong dibuat dengan cara permentasi menggunakan ragi. Makanan yang diproses menggunakan ragi akan mengganggu hormon tertentu yang dapat menimbulkan keluarnya lendir atau keputihan dari organ intim perempuan.

9. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng perlu anda batasi konsumsinya. Selain buruk bagi kesehatan, konsumsi makan digoreng juga bisa menimbulkan keputihan. Gorengan mengandung minyak yang tidak sehat sehingga bisa menyebabkan kolesterol dan diabetes.

Journal of Nutrition menyebut, efek konsumsi makanan yang digoreng menjadi salah satu penyebab keputihan. Hal tersebut karena kandungan lemak jahat pada makanan yang digoreng bisa menimbulkan keputihan.

10. Makanan Pedas

Makanan penyebab keputihan yang terakhir yakni makanan pedas. Makanan pedas identik dengan cabai.

Cabai sendiri diketahui mengandung zat capsicum yang bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri penyebab keputihan.

Nah itulah beberapa makanan penyebab keputihan yang bisa kami sampaikan. Mulai saat ini, jika kamu tidak ingin mengalami keputihan, kurangi konsumsi makanan-makanan tersebut. Konsumsi dalam jumlah wajar saja, jangan berlebiha. Terimakasih, semoga bermanfaat. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img