Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi Perlu Anda Hindari!

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi Perlu Anda Hindari
Makanan penyebab kolesterol tinggi seperti seafood, steak hingga jeroan harus anda hindari dan batasi konsumsinya. Foto:Ist/Net

Makanan penyebab kolesterol perlu anda hindari dan batasi konsumsinya. Agar tidak menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, anda mesti menghindari beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selama ini, naiknya kadar kolesterol dalam tubuh kerap dikaitkan dengan makanan yang telah kita makan. Kolesterol adalah timbunan lemak serupa yang menempel di sel tubuh. Timbunan lemak jahat tersebut akan mengganggu suplai makanan menuju jantung.

Kolesterol tinggi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyumbatan pada aliran darah, dan memicu serangan jantung hingga stroke. Lalu apa sajakah makanan penyebab kolesterol tinggi yang mesti anda hindari?

Orang yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi diharuskan menghindari makanan yang bisa memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami rangkum makanan yang penyebab kadar kolesterol tinggi.

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

1. Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab kolesterol naik yang pertama adalah makanan cepat saji. Makanan seperti hamburger dan pizza, ternyata mengandung sekitar 85-180 mg kolesterol setiap satu porsinya. Itu belum termasuk minuman bersoda dan kentang goreng kerap dimakan disaat bersamaan.

Agar kadar kolesterol anda tidak naik, maka batasi atau hindari makanan cepat saji dan mengganti minuman soda dengan air putih.

2. Steak

Steak daging sapi juga merupakan salah satu makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi. Selain mengandung kolesterol tinggi, steak juga mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh konsumsi steak daging sapi sama sekali, hanya saja anda perlu memilih daging yang tidak mengandung lemak dan kadar kolesterolnya rendah.

Satu potong daging sapi tanpa lemak mengandung sekitar 300 mg kolesterol. Jika anda ingin konsumsi daging merah yang kadar kolesterolnya lebih rendah, anda bisa mengganti daging sapi dengan daging domba yang kadar kolesterolnya hanya sekitar 100 – 150 mg.

3. Jeroan

Makanan penyebab kolesterol yang ketiga adalah jeroan atau bagian dalam organ hewan (isi perutnya), seperti usus, otak, hingga babat.  Jeroan ternyata mengandung kolesterol yang lebih banyak ketimbang dagingnya.

Jeroan hewan juga mengandung banyak kadar asam urat. Maka dari itu, penderita kolesterol tinggi wajib menghindari konsumsi jeroan, apalagi bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi dibarengi asam urat.

4. Makanan Laut

Makanan laut atau seafood adalah juga termasuk salah satu makanan penyebab kolesterol yang mesti anda batasi konsumsinya. Makanan laut, seperti lobster, mengandung kolesterol tinggi, dalam 100 gram lobster mengandung sekitar 70 mg kolesterol.

Jika anda tetap ingin konsumis seafood, usahakan konsumsi ikan dan hindari udang lobster. Mengolah hidangan laut juga sebaiknya dengan cara direbus atau dikukus jangan digoreng.

5. Telur

Telur juga merupakan salah satu makanan penyebab kolesterol. Kendati telur merupakan sumber protein sehat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan tiap hari, bisa meningkatkan kadar koletesterol pada tubuh.

Namun bukan berarti penderita kolesterol tinggi tidak boleh konsumsi telur sama sekali. Penderita kolesterol tinggi masih boleh makan telur maksimal 4-6 butir per minggu.

6. Daging bebek

Makanan penyebab kolesterol selanjutnya yakni daging bebek . Daging bebek ternyata mengandung kolesterol lebih tinggi ketimbang daging ayam. 100 gram daging bebek, terkandung sekitar 80 mg kolesterol.

Sedangkan 100 gram daging ayam hanya mengandung 60 mg kolesterol saja. Jika anda tetap ingin konsumsi daging bebek, pastikan anda membuang kulit dagingnya, agar kolesterol pada daging bebek bisa berkurang.

7. Keju dan Susu

Selain daging-dagingan, makanan penyebab kolesterol adalah keju dan susu. Kedua makanan tersebut mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi. Jika anda ingin konsumsi susu atau keju, pilihlah keju dan susu yang mengandung lemak rendah.

8. Es krim

Es Krim yang biasa dijadikan hidangan penutup orang Indonesia, ternyata memiliki lebih banyak kolesterol ketimbang buah burger ataupun donat. Daripada anda makan es krim sebagai sajian penutup, anda bisa menggantinya dengan satu mangkuk buah segar yang mengandung banyak serat alami dan nutrisi, serta rendah kalori. Buah-buahan juga menjadi makanan yang bisa mengurangi kadar kolesterol tinggi pada tubuh.

Nah itulah beberapa makanan penyebab kolesterol naik/tinggi yang mesti anda batasi bahkan hindari. Namun demikian, bukan berarti Anda harus menghindari semua makanan tersebut. Sebaiknya anda lebih selektif dalam memilih makanan dan porsinya untuk mencegah kolesterol tinggi.

Selain menghindari makanan-makanan tersebut, anda juga harus rajin makan makanan yang kaya serat, seperti sayur, buah dan kacang-kacangan. Jangan lupa juga olahraga yang teratur.

Jangan lupa, selain harus membatasi makanan penyebab kolesterol, anda juga harus sering mengecek kadar kolesterol serta ruti memeriksakan kesehatan ke dokter, terutama bagi anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. Ini harus anda lakukan agar anda terhindar dari berbagai ancaman penyakit akibat kolesterol tinggi dalam tubuh.(Jujang/R8/HR Online)