Makanan Penyebab Penyakit Jantung Perlu Anda Waspadai!

Makanan Penyebab Penyakit Jantung Perlu Anda Waspadai!
Makanan penyebab penyakit jantung perlu anda hindari dan waspadai sejak sekarang. Foto:Ist/Net

Makanan penyebab penyakit jantung perlu anda hindari dan waspadai sejak sekarang. Kesehatan organ jantung harus terus dijaga dengan cara berolahraga teratur dan menjaga makanan.

Penyakit jantung ini ditandai dengan adanya penyempitan pembuluh darah yang disebabkan adanya penumpukan plak pada dinding arteri dan kemudian bisa menyumbat arteri. Di Amerika Serikat penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor satu tahun 2007 silam, dengan rata-rata kasus satu orang meninggal akibat sakit jantung per 34 detik.

Untuk mencegah penyakit jantung agar tak menimpa diri kita, mulai saat ini hindari makanan penyebab penyakit jantung dan olahraga secara rutin. Lalu apa sajakah penyebab timbulnya penyakit jantung?

Penyebab penyakit jantung sendiri bervariasi, mulai dari masalah pada pembuluh darah jantung (koroner), irama jantung, serta bawaan lahir. Biasanya seseorang yang memiliki riwayat hipertensi dan diabetes akan memiliki resiko terkena penyakit jantung.

Lalu apa sajakah makanan penyebab penyakit jantung? Dilansir dari berbagai sumber, ini lah makanan yang harus anda hindari agar terhindar dari resiko penyakit jantung;

Makanan Penyebab Penyakit Jantung

1. Gula, Garam, dan Lemak

Konsumsi garam, gula, dan lemak berlebihan akan meningkatkan seseorang terkena penyakit jantung. Mulai sekarang, kurangi makanan yang mengandung gula, garam dan lemak berlebih. Perbanyak sayur dan buah-buahan untuk mengimbangi nutrisi dalam tubuh anda.

2. Daging Olahan

Makanan penyebab penyakit jantung berikutnya yakni makanan terbuat dari daging olahan seperti hot dog, nugget, sosis dan bacon. Makanan tersebut akan membuat jantung anda menjadi tidak sehat.

Hal tersebut karena tingginya kalori, garam dan lemak jenuh dalam makanan berbahan daging olahan tersebut. Kebiasaan mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah berlebihan, akan membuat seseorang berpeluang terkena serangan jantung dan stroke.

3. Daging Merah

Makanan penyebab penyakit jantung ketiga yakni daging merah. Baik daging sapi, domba, atau kambing akan memproduksi lemak jenuh dan kolesterol dalam jumlah yang sangat tinggi.  Jika anda terbiasa konsumsi daging merah dalam jumlah banyak, segera batasi mulai saat ini. Agar anda terhindar dari risiko penyakit jantung.

4. Soda

Minuman bersoda juga berpengaruh buruk terhadap kesehatan jantung. Tambahan gula pada minuman bersoda bisa memicu timbulnya penyakit jantung. Soda diketahui mengandung pemanis buatan yang cukup tinggi dan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan diabetes. Seseorang yang terbiasa minum soda akan meiliki berat badan berlebih atau obesitas dan mengidap diabetes. Penderita diabetes cenderung mudah terkena penyakit jantung.

5. Kue

Makanan penyebab penyakit jantung berikutnya yakni kue. Kue yang diolah dengan cara dipanggang seperti muffin dan kukis, mengandung gula yang tinggi, lemak jenuh lemak trans (akibat campuran mentega dan minyak sawit). Seseorang yang terbiasa konsumsi makanan kue berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

6. Mi Instan

Mi instan merupakan makanan cepat saji. Walaupun rasanya enak dan mudah dimasak, konsumsi mi instan akan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung. Mie instan mengandung natrium yang tinggi, beban glikemik dan lemak jenuh.

7. Pizza

Pizza termasuk salah satu makanan penyebab penyakit jantung. Namun pizza juga bisa menjadi makanan sehat asalkan diolah dengan benar.

Namun kebanyakan, pizza diolah dengan tidak sehat yakni dengan menggunakan jumlah sodium yang banyak, penggunaan bahan yang mengandung lemak dan kalori tinggi. Hal tersebut akan membuat seseorang bisa terkena gangguan jantung jika sering mengonsumsinya.

8. Alkohol

Alkohol memang minuman yang tidak sehat dan tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang mempunyai nriwayat penyakit darah tinggi atau hipertensi. Namun, meskipun tubuh normal dan tidak memiliki kadar trigliseridanya (TG) tinggi, kebiasaan konsumsi alkohol dalam jumlah berlebih bisa beresiko menaikan tekanan darah, bisa menyebabkan gagal jantung, stroke, dan obesitas.

9. Mentega

Mentega juga masuk dalam daftar makanan penyebab penyakit jantung. Mentega mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Hal ini bisa membuat seseorang terkena penyakit jantung. Mulai saat ini, gunakan mentega yang lembut serta tidak mengandung minyak, gunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega kalau perlu.

10. Kentang goreng

Kentang goreng biasanya terdapat di restoran-restoran cepat saji. Kentang goreng ternyata mengandung garam dan lemak yang cukup tinggi. Kentang goreng pun diolah dengan cara penggorengan konvensional yaitu dengan teknik deep fry.

Teknik penggorengan dengan cara konvensional ini, akan menghasilkan lemak trans yang dapat meningkatkan jenis kolesterol jahat dan menurunkan jenis lemak baik.

Dalam sebuah studi menyebutkan, seseorang yang memiliki kebiasaan makan kentang goreng dua hingga tga kali sehari berpeluang meninggal dunia lebih awal karena serangan jantung.

Itulah beberapa makanan penyebab penyakit jantung yang bisa kami sampaikan. Mulai sat ini, hindari makanan-makanan tersebut, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Semoga bermanfaat. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...