Senin, Oktober 18, 2021
BerandaArtikelMakanan Penyebab Perut Buncit yang Mesti Anda Hindari!

Makanan Penyebab Perut Buncit yang Mesti Anda Hindari!

Tahukah anda makanan penyebab perut buncit? Makanan digadang-gadang menjadi salah satu penyebab perut membuncit. Perut buncit selama ini terjadi banyak dialami orang-orang baik laki-laki atau perempuan.

Memiliki perut buncit mungkin akan sedikit membuat penampilan anda kurang enak dilihat, bahkan bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Selain mengganggu penampilan, perut buncit juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit dikemudian hari.

Masyarakat Indonesia menganggap, bahwa perut buncit diakibatkan karena asupan makanan dan kurangnya olahraga. Beberapa studi juga menyebut, makanan menjadi salah satu penyebab perut seseorang membuncit. Lalu apa sajakah makanan penyebab perut buncit?

Agar tidak mempunyai perut yang buncit, mulai saat ini anda harus membatasi atau menghindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan perut anda membuncit. Meskipun sangat doyan, namun ada baiknya anda jangan terlalu sering mengonsumsinya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami uraikan makanan penyebab perut buncit yang mesti anda batasi dan hindari;

8 Makanan Penyebab Perut Buncit

1. Makanan Berlemak Tinggi

Sering konsumsi makanan berlemak tinggi akan membuat seseorang memiliki perut buncit. Hal tersebut karena kandungan lemak jenuh yang ada pada makanan berlemak yang diolah dengan minyak. Daging dengan berbagai olahanya seperti nuget dan sosis, juga memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Sebaiknya konsumsi makananan berlemak mesti dibatasi.

Jika anda mempunyai kebiasaan konsumsi makanan berlemak tinggi, maka jumlah lemak dalam tubuh akan meningkat dan membuat perut membuncit. Mulai saat ini kurangi makanan penyebab perut buncit seperti sosis, nuget dan lainnya.

Lebih baik anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik bagi kesehatan, yang biasanya terdapat pada ikan salmon, zaitun dan kacang-kacangan. Agar anda terbebas dari ancaman perut buncit, anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memasak atau menggoreng. Kurangi konsumsi daging merah dan daging olahan lainnya, beralih konsumsi ikan laut atau ikan tawar.

2. Makanan Cepat Saji (Junk Food)

Makanan penyebab perut buncit yang kedua adalah makanan cepat saji atau junk food. Makanan cepat saji memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Junk food biasanya diolah dengan cara deep fried sehingga kandungan minyak didalam makanan tersebut sangat tinggi.

Oleh sebab itu, terlalu sering konsumsi makanan cepat saji akan membuat perut anda membuncit. Junk food juga termasuk makanan kurang sehat, karena isinya adalah produk olahan yang mengandung sedikit serat, sehingga makanan cepat saji sulit dicerna usus dan menyebabkan perut buncit.

3. Makanan Olahan

Selain makanan cepat saji, makanan penyebab perut buncit lainnya yakni makanan olahan seperti kerupuk, keripik bahkan biskuit. Makanan tersebut merupakan makanan dengan kandungan kalori dan lemak yang cukup tinggi. Makanan olahan tersebut bisa menimbulkan peradangan dalam tubuh karena kandungan lemaknya.

Mulai sekarang, kurangi konsumsi makanan olahan dan perbanyak konsumsi sayuran, buah buahan dan biji-bijian. Sayuran, buah dan kacang-kacangan dipercaya bisa mengecilkan ukuran perut.

4. Makanan Berkalori Tinggi

Makanan penyebab perut buncit lainnya yakni makanan yang mengandung kalori tinggi. Makanan seperti kacang-kacangan dan nasi memiliki kalori yang tinggi. Maka dari itu, anda harus mengatur konsumsinya, apalagi bagi anda yang sedang program menurunkan berat badan dan lingkar pinggang.

Sebuah studi menyebut, dengan kita mengurangi 500 sampai 1000 kalori per hari ditambah aktivitas fisik setiap hari, dipercaya akan mampu mengurangi 0,5 hingga 1 kg berat badan per minggunya. Namun demikian, jika anda ingin mengurangi kalori dalam tubuh, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter gizi, agar program pengurangan kalori tidak malah menimbulkan kekurangan nutrisi. 

5. Margarin

Makanan penyebab perut buncit kelima yakni margarin. Margarin atau mentega memiliki kandungan  lemak trans dan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh. Konsumsi makanan yang mengandunng lemak trans dan lemak jenuh akan membuat perut anda membuncit.

Biasanya lemak trans digunakan oleh pabrikan makanan cepat saji ataumakanan ringan, karena kegunaannya yang bisa menambah daya simpan makanan. Saat ini memang penggunaan lemak trans mulai dilarang digunakan dalam makanan, namun untuk berjaga-jaga, sebaiknya anda cek label pangan yang ada pada kemasan makanan yang akan anda konsumsi.

6. Soda

Makanan penyebab perut buncit lainnya termasuk soda. Konsumsi soda dalam jangka waktu lama akan membuat perut anda membuncit. Konsumsi soda selain membuat perut buncit, juga erat kaitanya dengan obesitas, diabetes mellitus tipe 2, dan penyakit lainya seperti gigi berlubang dan gigi keropos.

7. Susu

Susu juga masuk dalam deretan makanan yang menyebabkan perut buncit. Namun susu yang menyebabkan perut buncit itu tergantung pada jenisnya. Jenis susu yang membuat perut buncit yakni susu yang mengandung lemak seperti whole milk. Susu tersebut dapat menimbulkan penumpukan lemak di perut, sehingga menimbulkan kebuncitan.

Selain whole milk, susu kental manis menjadi salah satu makanan penyebab perut membuncit. Hal tersebut karena tingginya kandungan gula pada susu kental manis. Apabila anda ingin konsumsi susu, pilihlah susu yang mengandung lemak rendah atau tanpa lemak.

Anda bisa konsumsi susu yang rendah lemak berbahan kacang-kacangan seperti susu almond, susu kedelai dan susu kacang mete.

8. Minuman Beralkohol

Makanan penyebab perut buncit yang terakhir adalah minuman beralkohol. Konsumsi alkohol dengan jumlah berlebih, akan membuat perut anda membuncit. Alkohol diketahui memilii kandungan kalori yang tinggi. Dalam satu gelas bir, ternyata mengandung 150 kalori.

Apabila minum alkohol secara berlebihan tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh karena akan menerima asupan kalori berlebih, sehingga resiko mengalami perut buncit sangat tinggi bagi seseorang yang suka minum-minuman beralkohol. 

Nah, itulah beberapa makanan penyebab perut buncit yang bisa kita sampaikan. Mulai saat ini batasi konsumsi dan hindari makanan-makanan tersebut. Perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, dengan dibarengi olahraga yang teratur. Terimakasih, semoga bermanfaat. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img