10 Makanan Untuk Penderita Asam Urat, Enak dan Menyembuhkan

10 Makanan Untuk Penderita Asam Urat, Enak dan Menyembuhkan
10 makanan untuk penderita asam urat, enak dan menyembuhkan. Foto:Ist/Net

Banyak makanan untuk penderita asam urat yang sebaiknya dihindari. Begitu juga sebaliknya, tak sedikit makanan yang baik untuk asam urat. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga bisa menurunkan dan mengatasi penyakit itu.

Penyakit asam urat terjadi karena tingginya konsumsi zat purin yang masuk ke dalam tubuh. Dalam jumlah normal, purin akan dicerna oleh tubuh menjadi asam urat. Namun gangguan terjadi jika asupan dilakukan berlebihan.

Seperti dikutip dari Wikipedia, besarnya asupan purin menyebabkan ginjal tidak bisa mengolahnya secaar optimal. Akibatnya kristal asam urat akan menumpuk dalam persendian yang menyebabkan terjadinya nyeri, bengkak dan peradangan.

Mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat yang direkomendasikan bisa mengurangi atau menurunkan kadar purin dalam tubuh. Namun langkah ini juga perlu dibarengi dengan pola makan sehat agar efektif.

Sedangkan purin itu sendiri adalah zat yang ditemukan pada semua makanan yang berasal dari bagian tubuh makhluk hidup. Zat ini juga ditemukan dalam sayuran dan buah. Penumpukan purin umumnya dialami orang berusia lanjut.

Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Untuk menurunkan atau mengatasi penyakit asam urat memang ada sejumlah alternatif yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat yang disarankan. Berikut ini daftarnya.

  1. Buah Berries

Buah berries, seperti stroberi dan blueberry sangat baik dikonsumsi orang yang menderita asam urat. Kandungan nutrisi buah ini bersifat antiinflamasi yang tinggi sehingga baik untuk meredakan nyeri akibat asam urat.

2. Buah Apel

Buah apel diketahui banyak mengandung zat malat atau malid acid yang cukup efektif dalam menetralisir asam urat sekaligus meredakan nyeri yang ditimbulkannya. Makan buah ini secara rutin agar hasilnya efektif.

3. Buah Alpukat

Buah alpukat juga termasuk buah yang disarankan dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain rendah gula, buah ini juga mampu memicu peningkatan sifat basa tubuh sehingga meredakan asam urat yang ada.

4. Buah Ceri

Selain rasanya yang asam manis, buah ceri juga berkhasiat mencegah asam urat. Penelitian di Boston University menemukan buah ini mampu menurunkan kadar asam urat tubuh sekaligus menghancurkan kolesterol dan lemak jahat.

5. Buah Pisang

Pisang diketahui kaya kalium dan kadar alkali namun rendah gula. Kandungan ini sangat baik dalam mengurangi nyeri sendi dan asam urat tubuh. Konsumsi makanan untuk penderita asam urat ini secara rutin karena kaya nutrisi.

6. Buah Delima

Salah satu penyebab tinggi asam urat karena adanya plak dalam arteri. Nah, buah delima ternyata ampuh dalam mencegah dan menghilangkan plak sehingga bisa mengatasi gangguan nyeri akibat asam urat.

7. Seledri

Sayuran yang satu ini juga kaya dengan flavonoid, apiol, dan glikosida yang efektif meredakan rasa nyeri sendi karena asam urat. Untuk hasil yang efektif, rebus sayuran ini dan minum airnya secara rutin.

8. Buah Wortel

Makanan untuk penderita asam urat yang juga aman dikonsumsi adalah buah wortel. Buah ini juga mengandung purin namun dalam kadar yang rendah. Meskipun aman sebaiknya jangan terlalu banyak konsumsi buah sayuran ini.

9. Jeruk Nipis

Jeruk nipis umumnya dibuat minuman atau campuran jus. Kandungan asam sitrat buah ini ternyata ampuh dalam melarutkan asam urat. Konsumsi buah ini sangat dianjurkan untuk mencegah dan meredakan nyeri akibat asam urat.

10. Teh Hijau

Minum secangkir teh hijau juga efektif untuk menurunkan kadar asam urat yang berlebihan. Jenis teh yang populer sebagai minuman diet ini juga mampu meredakan dan mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

Itulah berbagai jenis makanan untuk penderita asam urat yang sangat disarankan. Selain rasanya yang enak, buah dan sayuran ini juga efektif dalam meredakan dan mengatasi nyeri akibat penyakit ini. (R9/HR Online)

Loading...