Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil yang Wajib Diperhatikan

makanan yang dilarang untuk ibu hamil
Ilustrasi makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Foto: Istimewa

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil tujuan utamanya guna menjaga kesehatan janin maupun ibunya. Menghindari konsumsi makanan yang dilarang sangatlah penting agar saat persalinan berlangsung normal dan lancar. Terutama untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya.

Kehamilan merupakan tahapan yang sangat penting. Menjaga proses kehamilan bukan saja untuk pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan, namun juga untuk menjaga kesehatan ibu.

Saat ini angka kematian bayi di Indonesia masih tinggi. Hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) memperlihatkan angka kematian bayi pada tahun 2017 mencapai 24/1000 kelahiran hidup. Sedangkan angka kematian ibu mencapai 300/1000 kelahiran.

Tingginya angka kematian bayi maupun ibu saat melahirkan memang tergantung dari banyak faktor. Baik dari asupan makanan sehat yang harus diperoleh ibu, makanan yang dilarang untuk ibu hamil, benturan tak disengaja, dan lainnya.

Namun dari banyak faktor tersebut, aspek makanan yang dikonsumsi mendapatkan porsi yang cukup menentukan. Tingginya angka kematian bayi di atas utamanya karena rendahnya gizi makanan yang dikonsumsi ibu.

Dalam menjaga kesehatan ibu maupun janin yang dikandungnya, ibu harus memperhatikan dengan baik makanan yang dikonsumsinya. Kalangan medis maupun pemerintah biasanya menentukan sejumlah makanan bergizi yang harus dikonsumsi ibu.

Dengan memperhatikan asupan makanan untuk ibu hamil bukan saja akan meningkatkan kesehatan dan ketahanan ibu, namun juga sangat berguna untuk perkembangan organ tubuh janin.

Daftar 6 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Selain memperhatikan makanan sehat untuk ibu hamil, ibu juga harus menjaga dan menjauhi makanan atau minuman yang memang tidak boleh dikonsumsi. Berikut daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Makanan Pedas

Ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk menahan diri terhadap makanan pedas. Jika biasanya si ibu hamil termasuk penyuka masakan pedas, sebaiknya dijauhi untuk sementara hingga bayi lahir. Makanan pedas bisa berdampak buruk terhadap janin.

Makanan Panas

Makanan panas yang dimaksud di sini bukan karena baru saja dimasak, melainkan jenis makanan atau buah yang memiliki sifat panas. Nanas dan durian adalah beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena bisa berakibat keguguran.

Minuman Kafein dan Beralkohol

Ibu yang sedang hamil sebaiknya juga menjauhi minuman beralkohol meskipun kadarnya rendah. Begitu juga minuman yang mengandung kafein, seperti kopi disarankan untuk dihindari selama hamil. Karena kopi tidak baik untuk pertumbuhan bayi.

Makanan Mentah

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil lainnya adalah daging maupun telur hewan yang dikonsumsi mentah. Memasak makanan hewan dengan setengah matang tidak baik untuk ibu hamil karena potensi bahayanya untuk janin.

Bakteri atau parasit yang terdapat dalam daging hewan atau telur ayam tidak akan mati jika dimasak setengah matang. Jika makanan ini dikonsumsi bu hamil dapat masuk dan menyerang serta mengganggu keselamatan janin.

Begitu juga memasak sayuran harus dilakukan hingga matang. Sisa pupuk organik atau pupuk kimia yang menempel pada sayuran harus disingkirkan. Buah segar yang dimakan harus dicuci agar tidak ada zat berbahaya yang ikut termakan.

Gula dan Garam

Gula atau garam juga termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil atau setidaknya dihindari. Konsumsi gula melebihi batas justru bisa menyebabkan ibu lemas. Begitu juga makan garam terlalu banyak akan mengakibatkan bengkak kaki.

Makanan Salmonella

Selama masa kehamilan, ibu sebaiknya juga menjauhi makanan yang banyak mengandung salmonella, seperti hati ayam atau yang lainnya. Konsumsi makanan ini dikhawatirkan akan memicu diare sehingga berbahaya untuk janin.

Itulah berbagai jenis minuman dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Dengan memperhatikan asupan makanan bergizi yang cukup dan seimbang serta menghindari yang terlarang, diharapkan bayi akan lahir sehat dan sempurna. (R9/HR-Online)

Loading...