Manfaat Buah Bengkoang untuk Wajah Cantik Hingga Cegah Kanker

Manfaat buah bengkoang
Ilustrasi manfaat buah bengkoang. Foto: Istimewa

Manfaat buah bengkoang mungkin lebih banyak diketahui kaum wanita ketimbang pria. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah bengkoang juga dikenal sebagai masker alami untuk memutihkan wajah. Namun siapa sangka bengkoang pun baik untuk kesehatan tubuh.

Bengkoang (Pachyrhizus erosus) yang juga populer dengan sebutan bengkuang atau besusu ini ternyata berasal dari Amerika. Meskipun buah ini dihasilkan sebagai umbi dari dalam tanah, namun tanaman ini termasuk suku polong-polongan (Fabaceae).

Manfaat buah bengkoang untuk makanan paling enak dibuat rujak atau asinan. Kandungan airnya yang tinggi juga sangat menyegarkan. Banyak orang yang menyukai buah dengan teksturnya yang lembut tersebut.

Bagi kebanyakan wanita, buah bengkoang biasanya dijadikan sebagai masker wajah. Kandungan vitamin dan mineral buah ini kabarnya sangat baik untuk perawatan wajah dan membuat kulit menjadi lebih putih.

Seperti dikutip dari Wikipedia, buah bengkoang kaya dengan kadar air yang mencapai lebih dari 80 persen. Buah ini juga mengandung gula (energi), pati, protein, lemak baik, vitamin B1 dan C, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Rasa manis bengkoang dari kandungan inulin (senyawa oligosakarida) yang berguna untuk diet rendah kalori. Buah ini juga mengandung isoflavon seperti terdapat dalam kacang-kacangan.

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Kalangan industri kosmetik banyak memanfaatkan bengkuang untuk dijadikan bahan dalam pembuatan pelembab, lotion, sabun wajah, lulur dan masker. Berikut berbagai manfaat buah bengkoang untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Buah bengkuang yang kaya air sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Makan buah ini juga efektif untuk mencegah dehidrasi sekaligus meningkatkan kesegaran tubuh.

Menurunkan Kolesterol dan Menyehatkan Jantung

Manfaat buah bengkoang juga dari khasiatnya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengonsumsi buah ini secara rutin bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan air dan serat dalam buah bangkoang juga berkhasiat dalam melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Makan buah ini efektif untuk mengatasi diare, sembelit, maupun BAB tak lancar.

Mengatasi Demam

Manfaat buah bengkoang ternyata juga efektif untuk meredakan dan mengatasi panas badan dan demam tinggi. Kadar airnya yang tinggi dan nutrisnya mampu mendinginkan tubuh yang sedang panas.

Bikin Awet Muda dan Panjang Umur

Buah bengkoang diketahui kaya dengan antioksidan dan vitamin C yang sangat baik melindungi tubuh. Nutrisi buah ini juga sangat berkhasiat untuk membuat wajah awet muda dan panjang umur.

Mencegah Kanker

Manfaat buah bengkoang yang kaya antioksidan, flavonoid, dan saponin berkhasiat dalam menangkal radikal bebas dan kanker. Penelitian juga menemukan keunikan buah ini dalam melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Melindungi dan Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin B1 dan C serta mineralnya membuat bengkoang sangat baik untuk membuat kulit lebih segar, sehat, dan berseri. Makan buah ini secara langsung merupakan cara terbaik meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk Masker Wajah

Menumbuk bengkoang untuk dijadikan masker wajah juga berguna untuk mengecilkan pori-pori di wajah dan mencegah penuaan dini. Manfaat buah bengkoang untuk perawatan wajah sangat efektif melindungi wajah dari radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati.

Baik untuk Diet

Buat Anda yang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan juga wajib memasukkan buah ini dalam menu diet Anda. Selain kaya air dan serat, bengkoang kaya senyawa aktif yang efektif membakar lemak tubuh.

Itulah berbagai manfaat buah bengkoang untuk wajah dan kesehatan tubuh. Perawatan tubuh bisa dilakukan dengan buah ini secara komprehensif, baik dari dalam dengan dikonsumsi maupun dari luar sebagai masker untuk wajah. (R9/HR-Online)