Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Bit, Si Ubi Superfood yang Kaya Khasiat

Manfaat Buah Bit, Si Ubi Superfood yang Kaya Khasiat

Manfaat buah bit mungkin kalah populer dibandingkan jenis buah lainnya. Apalagi buah bit adalah jenis sayuran ubi yang dikenal dengan nama ubi bit merah. Namun siapa sangka jika ubi ini mendapat predikat sebagai superfood.

Buah bit atau ubi bit merah (Beta vulgaris) dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama beetroot. Buah yang tumbuh dari akar umbinya ini memiliki warna merah keungunan yang unik.

Selain bisa dimakan langsung dalam bentuk segar, manfaat buah bit juga bisa dinikmati dengan cara direbus, dipanggang atau dibuat jus. Salad sayuran yang bergizi umumnya juga menggunakan irisan umbi ini.

Yang menarik, bit merah yang berasal dari Asia, Afrika Utara dan Eropa ini termasuk jenis bayam-bayaman. Manfaat buah bit karena kandungannya yang sangat baik untuk kesehatan dan pengobatan.

Kandungan buah bit diantaranya kalori, karbohidrat, protein, vitamin A, C, D, E, K, B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6, B9 (Folat)

Bit merah juga kaya mineral zat besi, fosfor, kalsium, potassium (kalium), magnesium, sodium, manganese, dan seng (zinc). Buah ini juga kaya serat namun rendah lemak dan gula.

Buah bit yang berbentuk agak bulat mirip gasing ini memiliki rasa yang manis. Buah ini juga sering dijadikan pemanis atau pewarna makanan. Bahkan kandungannya yang kaya nutrisi dan senyawa kimia membuatnya sering digunakan dalam pengobatan.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Pengobatan

Selain buahnya, hampir semua bagian tanaman ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini berbagai manfaat buah bit untuk kesehatan dan pengobatan yang sebaiknya Anda tahu.

Mengatasi Penyakit Kanker Hati

Buah bit diketahui kaya dengan kandungan betacyanin (betasianin) dan betanin yang membuat buah ini berwarna ungu kemerahan. Senyawa ini ampuh melemahkan tumor dan lesi prakanker, termasuk tumor hati dan kulit.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah bit juga karena kandungan seratnya yang berguna untuk melancarkan dan menjaga sistem pencernaan. Kandungan fitokimianya juga berkhasiat dalam mengatasi berbagai gangguan perut seperti diare atau BAB tak lancar.

Melindungi Jantung dan Mengontrol Tekanan Darah

Khasiat ubi bit merah lainnya juga dari kandungan phyto-nitrat yang ampuh menurunkan dan mengontrol tekanan darah serta melindungi jantung. Konsumsi buah ini berkhasiat mencegah serangan jantung dan penyakit kardiovaskular.

Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Buah bit juga banyak mengandung serat, karbohidrat dan protein. Karenanya buah ini baik dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Manfaat buah bit untuk diet karena membuat kenyang lebih lama.

Melindungi dan Mengencangkan Kulit

Ubi bit merah juga kaya dengan antioksidan dan senyawa fenolik yang berkhasiat menangkal radikal bebas dan melindungi kulit. Makan buah ini juga mampu mencegah penuaan dini dan kerutan di wajah.

Melindungi Fungsi Otak

Selain melancarkan aliran darah ke otak, manfaat buah bit juga ampuh menangkal gangguan otak seperti demensia sekaligus meningkatkan kemampuan kognitf dan kecerdasan otak.

Menguatkan Tulang

Buah bit ungu juga kaya kalsium, magnesium, boron, dan tembaga yang sangat baik untuk menguatkan tulang. Kandungan kalium bit juga bisa mengoptimalkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh.

Mencegah Anemia

Manfaat buah bit juga dari kandungan zat besinya yang berguna untuk regenerasi sel darah merah dan mencegah anemia. Vitamin buah ini juga berguna mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Menjaga Stamina Tubuh

Mengonsumsi buah bit rupanya mampu membatasi tubuh menggunakan oksigen otot khususnya saat olahraga. Apalagi dengan adanya nitrit membuat buah ini sangat baik untuk menjaga stamina saat melakukan aktivitas fisik.

Itulah berbagai manfaat buah bit untuk kesehatan yang sangat besar. Mengonsumsi ubi bit merah secara rutin sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjauhkannya dari penyakit. (R9/HR-Online)

- Advertisment -