Manfaat Buah Delima Ampuh Cegah Kanker Hingga Sehatkan Jantung

Manfaat Buah Delima Ampuh Cegah Kanker Hingga Sehatkan Jantung
Manfaat buah delima cukup banyak salah satunya bisa cegah kanker dan menyehatkan jantung.Foto:Ist/Net

Manfaat buah delima mungkin belum banyak diketahui masyarakat Indonesia pada umumnya. Padahal, buah delima mengandung banyak manfaat untuk kesehatan lho. Delima dikenal dengan nama pomegranate memiliki rasa manis dan asam ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup banyak.

Buah delima mengandung antioksidan punicalagin yang lebih besar tiga kali lipat ketimbang anggur merah dan teh hijau. Buah delima juga mengandung senyawa punicic acid yang baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk merasakan manfaat buah delima, anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Namun karena kulitnya yang tebal, anda harus mengupasnya terlebih dahulu sebelum memakannya.

Kandungan nutrisi baik dalam buah delima, ternyata berkhasiat cukup banyak untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja khasiat buah delima untuk kesehatan tubuh;

5 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

  1. Cegah Kanker

Penelitian yang dipublikasikan Medical News Today menyebut, manfaat buah delima secara aktif ampuh mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Kandungan anti-inflamasi pada buah delima seperti punicalagins dan antioksidan, dipercaya ampuh menghentikan pertumbuhan sel kanker prostat.

Dengan mengonsumsi ekstrak buah delima, reproduksi sel kanker dalam tubuh bisa dihambat. Tidak hanya kanker prostat, khasiat buah delima juga ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada perempuan.

2. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah delima yang kedua yakni bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan punicic acid dan juga asam lemak pada buah delima, dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung lebih baik. Buah delima juga mampu menjaga kesehatan pembuluh darah manusia.

Salah satu penyakit berbahaya yakni kardiovaskular, ternyata bisa dicegah dengan rajin mengonsumsi segelas jus buah delima setiap hari. Ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Rutin konsumsi jus buah delima atau memakan buahnya secara langsung bisa menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam darah.

3. Atasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah delima yang ketiga yakni berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu pemicu utama serangan jantung. Nah konsumsi buh delima ternyata bisa menurunkan tekanan darah tinggi lho, ini sudah dibuktikan oloeh US National Library of Medeicine National.

Selain ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, khasiat buah delima juga bisa mengurangi peradangan pada pembuluh darah seorang pasien dengan riwayat penyakit jantung.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat buah delima yang berikutnya yakni bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. Buah delima dipercaya ampuh mengurangi peradangan serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

Kandungan serat dalam delima sangat baik bagi mereka yang menderita penyakit pada usus atau sistem pencernaan. Konsumsi jus buah delima segelas dalam satu hari akan membuat sistem pencernaan kamu sehat dan proses buang air besar bisa berjalan lancar.

5. Buat Kulit Tetap Cantik dan Segar

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, manfaat buah delima juga baik untuk kecantikan kulit anda. Penelitian yang dilakukan Washington University School of Medicine in St.Louis menyebutkan, bahwa buah delima mempunyai kemampuan untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering.

Buah delima mempunyai molekul kecil, yang dapat menghidrasi dan memberikan sensasi kelembaban pada kulit. Mengandung  asam puninic dan asam omega 3 bisa mengatasi jerawat dan kulit berminyak pada wajah.

Buah delima juga kaya akan vitamin A, E dan C, yang sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Kandungan nutrisi pada buah delima juga ampuh melawan penuaan kulit.

Selain itu, manfaat buah delima ternyata ampuh melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit anda. Kulit buah delima akan bertindak sebagai tabir surya alami serta melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Kandungan nutrisi pada buah delima, ampuh melindungi lapisan kulit bagian luar serta mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Nah itulah beberapa manfaat buah delima yang bisa kami uraikan. Anda bisa mencoba khasiat buah delima dengan membuat jus delima, ataupun memakannya secara langsung. Jika memakan secara langsung, pastikan anda mengupas kulit luarnya terlebih dahulu. Jika anda masih ragu untuk konsumsi buah delima, anda bisa konsultasi dulu dengan dokter. Selamat mencoba. (Jujang/R8/HR Online)