Meski Rasanya Asam, Manfaat Buah Namnam Ampuh Obati Berbagai Penyakit

Meski Rasanya Asam, Manfaat Buah Namnam Ampuh Obati Berbagai Penyakit
Meski rasanya asam, manfaat buah namnam ampuh obati berbagai penyakit. Foto:Ist/Net

Manfaat buah namnam mungkin belum banyak yang mengetahui. Nama buah namnam dikenal di wilayah Jawa dan Sunda, namun di sunda buah ini juga dikenal dengan nama pukih. Sementara orang Makasar dan Manado menyebut buah ini puti ajeng, namute dan arepa.

Buah Namnam tumbuh subur di negara India, Malaysia termasuk Indonesia. Bentuk buah namnam cukup unik, karena berbentuk seperti ginjal yang berukuran cukup besar.

Saat ini pohon namnam mulai langka. Masyarakat pun mungkin sudah sulit mencari buah namnam. Padahal manfaat buah namnam begitu banyak terutama untuk kesehatan tubuh. Biasanya masyarakat menjadikan buah namnam sebagai bahan rujak dan sambal.

Namun selain buahnya, daun pohon namnam juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit secara alami.

Lalu apa sajakah manfaat buah namnam untuk kesehatan:

Manfaat Buah Namnam Untuk Kesehatan

1. Mencegah Diare

Diare terjadi akibat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus, bakteri dan parasit. Mengalami diare tentu cukup menyakitkan, karena tinja yang keluar saat BAB menjadi encer atau bahkan sebatas cairan.

Diare biasanya tidak akan berlangsung lama, setelah beberapa hari biasanya diare akan sembuh. Namun ada juga seseorang yang menderita diare dengan waktu berminggu-minggu. Untuk mencegah atau mengobati diare, cobalah manfaat buah namnam.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dengan makanan lainnya. Rasanya yang masam manis, akan lebih enak jika dikonsumsi secara langsung. Jangan lupa cuci dan kupas dulu kulit buah namnam.

2. Melancarkan Pencernaan

TCL

Selain bisa mengobati diare, manfaat buah namnam juga ampuh melancarkan sistem pencernaan. Buah namnam memiliki kandungan serat yang tinggi layaknya buah lain seperti apel, alpuket dan lainnya. Buah yang memiliki kandungan serat akan menyehatkan sistem pencernaan kita.

3. Mencegah Kencing Batu

Kencing batu adalah penyakit yang disebabkan karena serignya seseorang menahan ingin buang air kecil. Penyakit ini terdapat pada saluran kemih. Terkadang, penyakit kencing batu diderita seseorang karena kebiasaanya menahan air seni. Biasanya orang yang menderita kencing batu akan merasakan sakit sekitar daerah perut.

Jika penyakit kencing batu ini tak segera diobati, maka akan menjadi awal dari penyakit gagal ginjal. Jika tidak segera diobati, penyakit kencing batu ini adalah awal dari penyakit gagal ginjal. Nah untuk menjaga kesehatan ginjal agar anda terhindar dari penyakit kencing batu, kamu bisa mencoba manfaat buah namnam.

Bagian yang baik untuk mencegah dan mengobati kencing batu adalah daun namnam. Caranya ambil beberapa helai daun namnam, cuci sampai bersih, rebus dan minum air rebusannya sampai sakit kencing batu anda hilang.

4. Obat Kencing Manis

Manfaat buah namnam lainnya yakni ampuh mengobati diabetes militus. Saat ini penyakit diabetes atau kencing manis banyak diderita orang-orang di kota besar. Penyakit tentu saja mematikan jika tidak segera diobati.

Biasanya penderita diabetes atau kencing manis akan kehilangan berat badan secara drastis. Penderita kencing manis pun akan sering buang air kecil dan air kencingnya mengandung banyak gula.

Penderita kencing manis harus pandai menjaga kadar gula dalam darahnya. Untuk itu, penderita kencing manis bisa meminum ramuan rebusan daun namnam. Rebusan daun namnam dipercaya ampuh obati diabetes.

5. Ampuh Obati Darah Tinggi

Selain baik untuk obat diabetes, manfaat buah namnam juga baik untuk penderita hipertensi atau darah tinggi. Orang yang memiliki riwayat darah tinggi memang harus menghindari berbagai makanan yang terlalu asin.

Untuk mengobati penyakit darah tinggi, anda bisa meminum rebusan air daun buah namnam secara teratur. Usahakan juga anda tidak konsumsi makanan yang membuat tekanan darah tinggi naik. Perbanyak makanan kaya serat, magnesium dan potassium agar tekanan darah anda kembali normal.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah namnam lainnya yakni mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebabalan tubuh pada setiap orang berbeda, ada yang sifatnya kuat dan juga ada yang lemah. Untuk meningkatkan sistem imun, anda bisa meminum rebusan daun namnam atau buah namnamnya secara langsung.

Dengan sistem imun yang kuat, anda tidak akan mudah terserang penyakit yang berasal dari infeksi virus, bakteri dan parasit.

7. Sebagai Sumber Vitamin C

Buah namnam kaya akan kandungan vitamin C nya. Menurut sebuah studi, pada setiap 100 mililiter sari buah namnam, terkandung 121.44 miligram vitamin C. Mengonsumsi buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Vitamin C sangat baik untuk mengobati sariawan, dan juga bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

8. Menguruskan Badan

Manfaat buah namnam lainnya yakni bisa menguruskan badan. Bagi anda yang mungkin saat ini memiliki berat badan berlebihan, bisa mencoba rebusan daun namnam. Rebusan daun buah namnam ini dipercaya ampuh menurunkan berat badan. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih biasanya memiliki pola makan kurang sehat dan jarang berolahraga.

Orang dengan obesitas beresiko memiliki berbagai penyakit mematikan seperti kolesterol, diabetes dan darah tinggi. Maka dari itu, mulai sekarang turunkan berat badan anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Rutin minum rebusan daun namnam bisa menjadi salah satu pilihan anda.

Nah itulah beberapa manfaat buah namnam/pukih yang bisa kami sampaikan. Jika anda masih ragu untuk mencoba konsumsi buah namnam, coba konsultasikan dulu dengan dokter. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...