Manfaat Buah Sawo yang Kaya Gizi dan Bikin Wajah Awet Muda

manfaat buah sawo
Ilustrasi manfaat buah sawo. Foto: Istimewa

Manfaat buah sawo di balik rasanya yang enak ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Buah berbentuk bulat dengan kulit coklat ini memang enak dimakan langsung atau dibuat es buah.

Sawo bukanlah tanaman asli Indoensia melainkan dari Amerika Tengah. Pohon sawo bisa tumbuh hingga besar dan tinggi serta kayunya banyak dimanfaatkan untuk bahan mebeler atau kerajinan.

Ada beberapa jenis sawo yang dikenal di Indoensia. Diantaranya ada sawo kecik (Manilkara kauki), sawo manila, sawo duren, dan sawo mentega. Namun manfaat buah sawo umumnya tak berbeda untuk jenis yang bisa dimakan.

Sawo manila dicirikan dari buahnya yang berbentuk agak lonjong, dengan daging buah tebal dan banyak mengandung air. Sawo duren buahnya berbentuk bulat dengan kulit buah tebal dan tidak bisa dimakan.

Sedangkan sawo mentega mirip dengan jenis sawo manila dengan bentuk buah lonjong dan daging buah yang juga tebal. Hanya saja warna jenis sawo ini adalah hijau dan bisa dimakan.

Buah Sawo yang sudah matang memiliki rasa manis dengan tekstur yang khas. Manfaat buah sawo karena kaya dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh, seperti protein nabati dan karbohidrat.

Buah sawo juga kaya vitamin A, B1, C, E, mineral kalsium, fosfor dan zat besi. Sawo juga mengandung banyak energi, serat dan lemak sehat sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Segudang Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

Rasanya yang enak membuat buah sawo bisa dimakan dalam bentuk segar, dibuat es buah atau untuk jus. Berikut berbagai manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Menguatkan Tulang

Buah sawo yang kaya dengan kalsium dan fosfor sangat berguna untuk menguatkan tulang dan mencegahnya dari pengeroposan. Karena itu makan sawo sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Menyembuhkan Sembelit

Manfaat buah sawo juga dari kandungan seratnya yang berkhasiat untuk mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan. Buah ini mengandung fitokimia dari getah buah yang berguna memampatkan dalam mengatasi diare.

TCL

Mengobati Sariawan dan Radang Mulut

Manfaat buah sawo juga karena kandungan vitamin C yang berkhasiat meningkatkan daya tubuh dan mengobati sariawan. Makan buah ini berguna untuk menyembuhkan radang mulut.

Meningkatkan Sel Darah Merah

Manfaat buah sawo juga karena kandungan zat besi yang berguna untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Penderita anemia bisa mengonsumsi buah yang juga efektif meningkatkan oksigen darah.

Mencegah dan Menyembuhkan Infeksi

Buah berwarna coklat ini mengandung vitamin C yang berguna mencegah infeksi sekaligus menyembuhkannya. Buah ini juga mengandung mineral yang berguna melindungi tubuh dari infeksi.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah sawo berguna untuk meningkatkan kesehatan mata. Konsumsi buah ini secara rutin juga menjauhkan mata dari gangguan rabun dan penyakit lain.

Menghaluskan dan Mengencangkan Kulit

Siapa sangka jika makan buah ini baik untuk wajah. Manfaat buah sawo untuk kecantikan karena tingginya kandungan vitamin A dan C yang efektif meremajakan kulit, membuat kulit lebih halus, kencang dan bersinar.

Menjaga Kehamilan

Ibu yang sedang hamil disarankan makan buah ini secukupnya khususnya pada trimester awal. Kandungan vitamin B dan zat besi buah ini bisa mengatasi gangguan kehamilan seperti morning sickness, mual dan mencegah kekurangan darah.

Itulah beragam manfaat buah sawo untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Besarnya khasiat buah ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Namun ingat, jangan berlebihan ya agar berkah. (R9/HR-Online)

Loading...