Senin, Oktober 18, 2021
BerandaArtikelManfaat Cuci Tangan Pakai Sabun untuk Kesehatan

Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun untuk Kesehatan

Manfaat cuci tangan pakai sabun banyak dirasakan oleh orang yang sadar akan kesehatan. Manfaat Cuci tangan dapat menyebabkan kita terhindar dari berbagai macam penyakit menular.

Bagaimana tidak, kegiatan sehari-hari kita tidak bisa dilakukan tanpa tangan. Tangan adalah organ tubuh yang setiap waktu selalu digunakan untuk melakukan pekerjaan. 

Dari pekerjaan yang enteng sampai pekerjaan yang berat pasti selalu menggunakan tangan. Mencuci tangan haruslah dilakukan oleh setiap orang, baik tua, muda, balita maupun lansia.

Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

Meski terdengar sepele hanya mencuci tangan, tetapi manfaatnya akan  sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita, seperti:

1.  Terhindar dari Diare

Diare merupakan penyakit yang bersumber dari saluran percernaan. Diantara saluran pencernaan mulut, kerongkongan, usus, lambung hingga anus.

Setiap makan pasti menggunakan tangan. Jika tangan kita bermasalah dan mengandung banyak bakteri jahat maka akan menjadi masalah serius. Maka cuci tangan sebelum makan adalah hal yang wajib.

Tak hanya sebelum makan saja, yang perlu kita perhatikan yaitu mencuci tangan setelah Buang Air Besar (BAB) atau setelah tangan kita menyentuh anus. Karena anus termasuk saluran pencernaan.

2.  Terhindar dari Batuk Pilek

Gejala awal dari batuk pilek bisa saja dari perubahan cuaca atau terlalu banyak minum es. Namun setelah terkena batuk pilek tangan adalah organ tubuh yang paling berperan aktif terutama dalam memegang hidung.

Setelah memegang dan mengucek hidung  lalu menutup mulut ketika batuk lalu memegang barang lain atau mencolek teman. Secara tidak langsung penyakit akan mudah sekali menular melalui tangan.

3.  Mencegah Infeksi Mata

Mencegah infeksi mata merupakan hal yang baik jika tidak terlalu memegang dan mengucek mata. Mata adalah salah satu organ vital manusia.

Mata merah, mata kering, mata gatal, atau sakit mata yang lain akan dapat mudah sekali menular dengan satu kali sentuhan tangan.

Dari manfaat cuci tangan pakai sabun diatas, maka ada beberapa cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Pertama, basahi kedua tangan dengan air yang mengalir. Karena dengan air yang mengalir air akan semakin bersih dan higienis.

Kedua, tuangkan sabun pada kedua tangan. Lalu gosok ke seluruh bagian tangan termasuk punggung dan sela-sela jari-jari kedua tangan.

Lakukan saling mencuci kedua tangan terutama dalam menggosok-gosok sabun ke sela-sela jari, dan menggosok jempol dengan memutar.

Ketiga, basuh kedua tangan yang telah rata digosok sabun dengan air yang mengalir juga. Maka tangan akan bersih lalu keringkan dengan kain yang bersih atau dengan tisu.

Dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun maka akan terhindar dari bebragai penyakit apa saja yang dapat menyerang tubuh kita. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img