Jangan Dibuang, Manfaat Gelembung Ikan Bagus Untuk Kecerdasan Otak dan Kesuburan Wanita

Jangan Dibuang, Manfaat Gelembung Ikan Bagus Untuk Kecerdasan Otak dan Kesuburan Wanita
Manfaat gelembung ikan ternyata bagus untuk kecerdasan otak dan kesuburan wanita. Foto:Ist/Net

Manfaat gelembung ikan mungkin belum banyak orang yang tahu. Padahal menurut beberapa penelitian, gelembung ikan atau renang banyak juga yang menyebut maw fish, ini banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Gelembung ikan adalah salah satu organ yang ada pada tubuh ikan. Gelembung ikan merupakan kantong berselaput yang berisi gas didalamnya, dan memiliki tekanan yang dapat berubah-ubah. Letak gelembung ikan berada tepat pada bagian rongga tubuh ikan.

Sebelum kita bahas apa saja manfaat gelembung ikan untuk kesehatan, kita akan paparkan dulu fungsi dari gelembung ikan. Gelembung ikan berfungsi untukk membantu ikan mengapung di dalam air, mengatur volume tubuh ikan.

Gelembung ikan juga berfungsi membantu si ikan mengetahui informasi mengenai lingkungan di sekitarnya. Pada beberapa jenis ikan, gelembung ikan ini berfungsi sebagai alat pernapasan. Pada umumnya, gelembung ikan ini mengandung udara sejenis oksigen dengan tekanan cukup tinggi, namun pada jenis ikan lainnya, gelembung ikan justru berisi minyak.

Namun, tidak semua ikan memiliki gelembung. Ikan yang hidup dilaut seperti ikan hiu tidak memiliki gelembung ikan. Gelembung ikan dapat dipisahkan dari tubuh ikan dan berikut kami uraikan manfaat gelembung ikan untuk kesehatan;

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

Di negara Cina, gelembung ikan ini biasanya diolah menjadi sup dan dikonsumsi manusia. Orang Cina percaya, gelembung ikan bisa menjaga kesehatan tubuh, dan memiliki manfaat lainnya:

  1. Membantu Kesuburan

Seperti sudah kita sampaikan sebelumnya, orang-orang Cina banyak yang mengonsumsi gelembung ikan. Bahkan wanita di Cina percaya, manfaat gelembung ikan bagus untuk kesuburan. Gelembung ikan banyak dikonsumsi wanita yang baru menikah di Cina, dengan harapan bisa segera memperoleh keturunan.

2. Meningkatkan Kecerdasan Otak Bahkan Saat Bayi Masih Dalam Kandungan

Selain bisa membantu meningkatkan kesuburan pada wanita, gelembung ikan juga baik untuk tumbuh kembang kecerdasan anak bahkan saat ia masih dalam kandungan (janin). Seorang Ibu hamil yang rajin mengonsumsi gelembung ikan, akan berpotensi memiliki anak dengan kecerdasan yang baik.

Konsumsi gelembung ikan akan membuat otak janin lebih encer dan berkembang cepat kendati masih dalam kandungan. Selain menambah kecerdasan pada otak janin dan konsumsi gelembung ikan juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada janin bayi.

3. Sebagai Sumber Kolagen

Manfaat gelembung ikan selanjutnya, yakni berfungsi sebagai sumber kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu jenis protein yang sangat diperlukan tubuh. Kolagen saat ini banyak ditemukan di berbagai produk kecantikan, fungsi kolagen pada gelembung ikan ini diyakini bisa  menjaga kesehatan kulit wajah.

Selain membuat kulit wajah cantik dan kencang, kolagen juga dapat membuat kulit wajah lebih sehat dan halus. Fungsi kolagen lainnya yaitu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kolagen juga membuat tulang, sendi, otot dan gigi lebih sehat lagi. Luar biasa bukan?

4. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat gelembung ikan yang terakhir yakni berfungsi untuk meningkatkan metabolismetubuh. Meningkatnya metabolisme pada tubuh, akan berdampak baik bagi kesehatan. Jika metabolisme meningkat dengan baik, maka proses pembakaran kalori pada tubuh juga akan bekerja lebih baik.

Metabolisme tubuh yang baik juga akan mampu mengontrol berat badan tubuh, agar tidak berlebihan atau obesitas. Metabolisme yang baik pada tubuh juga akan membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak, membantu mengeluarkan racu dalam tubuh,  serta menyerap nutrisi makanan dengan baik sebelum masuk ke sistem pencernaan.

Lalu bagaimana cara mengonsumsi gelembung ikan. Berikut kami sampaikan cara memasak gelembung ikan.

Cara Memasak Gelembung Ikan

Manfaat gelembung ikan untuk kesehatan akan kita dapat jika kita mengonsumsinya. Untuk mengonsunsi gekembung ikan, anda perlu memasaknya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan gelembung ikan, anda bisa membeli gelembung ikan di pasar (gelembung ikan gulama, kakap dan sejenisnya).

Anda pun bisa mengambil gelembung ikan dari ikan tawar yang akan anda masak, namun mungkin akan membutuhkan jumlah ikan yang sangat banyak. Jika kebetulan membeli dari pasar, walaupun gelembung ikannya mengering, namun kandungan kolagennya tidak akan hilang.

Anda bisa memasak gelembung ikan dengan cara dijadikan sup. Gelembung ikan akan mampu menyerap bumbu dan air saat dimasak menjadi sup. Memiliki tekstur yang lunak, sup gelembung ikan akan terasa nikmat jika dimakan dalam kondisi hangat.

Manfaat gelembung ikan yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, ternyata dihargai sangat mahal. Dibeberapa negara, gelembung ikan dihargai Rp 80 juta perkilogramnya. Namun ada juga yang harganya tidak sampai Rp 10 juta perkilogram, karena kualitas dari ikan dan keutuhan gelembung ikan itu sendiri. Bagaimana, tertarik tidak untuk mengonsumsi gelembung ikan, setelah tahu banyak manfaat baik untuk kesehatan. Selamat mencoba. (Jujang/R8/HR Online)