Manfaat Jamu Kunyit Asam, Warisan Nusantara yang Kaya Khasiat, Salah Satunya Tangkal Virus

manfaat jamu kunyit asam
Ilustrasi manfaat jamu kunyit asam. Foto: Istimewa

Apa saja sih khasiat atau manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh? Bagi masyarakat kita khususnya yang ada di pulau  Jawa, minum jamu kunyit asam mungkin bisa dilakukan setiap hari atau beberapa hari sekali.

Jamu merupakan minuman tradisional yang sangat khas dan hanya ada di Indonesia. Popularitas minuman jamu juga telah mendorong berdirinya beberapa perusahaan jamu besar yang produknya sangat disukai.

Selain dalam bentuk sachet, kapsul dan kemasan praktis, masyarakat kita juga mengenal jamu gendong. Jamu yang dibuat langsung oleh ibu-ibu ini umumnya merupakan warisan dari orang tua mereka.

Jamu, seperti dikutip dari Wikipedia, merupakan obat tradisonal yang dibuat dari bahan rempah dan herbal yang memang memiliki khasiat untuk pengobatan. Begitu juga dengan jamu kunyit asam.

Ada banyak manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh. Masih bersumber dari Wikipedia, jamu ini dibuat dari kunyit dan asam jawa yang diketahui kaya dengan fitokimia dan senyawa yang penting untuk tubuh.

Dalam pembuatan jamu ini terkadang ditambahkan juga dengan bahan lain seperti biji kedawung, sinom, daun asam, temulawak, atau perasan jeruk nipis. Selain menambah nikmat rasanya, khasiatnya juga semakin berlipat.

Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan

Jamu kunyit asam sering juga disebut sebagai jamu ‘adem-ademan atau seger-segeran’. Nah, berikut ini beragam manfaat jamu kunyit untuk kesehatan yang wajib Anda tahu.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jamu kunyit asam diketahui kaya dengan vitamin C dan fitokimia yang bersifat antioksidan, antibakteri dan antiperadangan. Minum jamu ini berkhasiat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh serta menangkal bakteri dan virus. Jamu ini pun kini tengah diburu orang sebagai pencegahan virus Corona yang belakangan menyerang berbagai negara.

Membersihkan Racun dari Tubuh

Manfaat jamu kunyit asam juga dari khasiatnya sebagai detoks alami dalam mengusir racun yang ada di dalam tubuh. Baik yang masuk bersama makanan ataupun karena lingkungan. Minum rutin jamu ini untuk membersihkan tubuh.

Meredakan Nyeri Haid

Manfaat kunyit asem juga khasiatnya terbukti mampu meredakan nyeri saat datang bulan sekaligus melancarkannya. Kaum wanita umumnya menyukai minuman jamu ini saat haid untuk mengurangi rasa sakit.

Mengatasi Keputihan

Kandungan jamu kunyit asem juga ampuh mengatasi gangguan keputihan. Manfaat jamu kunyit asam untuk daerah kewanitaan ini telah dibuktikan dengan kebiasaan minum jamu untuk mencegah problem wanita tersebut.

Mengobati Sariawan dan Panas Dalam

Selain rasanya yang enak, jamu kunir asem juga ampuh menyembuhkan panas dalam, termasuk sariawan. Namun jamu ini bukan saja akan membuat perut menjadi dingin namun juga membuat tubuh lebih segar.

Menurunkan Berat Badan

Asam Jawa dalam jamu ini sangat baik untuk wanita yang sedang menjalankan diet menurunkan berat badan. Bahkan manfaat jamu kunyit asam menjadi minuman wajib wanita yang ingin tubuhnya langsing dan ideal.

Mencegah Jerawat, Keriput dan Penuaan Dini

Kebiasaan minum jamu kunyit asam juga baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C dan antioksidan jamu ini ampuh melindungi kulit, menyembuhkan jerawat, mencegah keriput sekaligus membuat kulit lebih kencang.

Mencegah Stroke dan Mencerdaskan Otak

Manfaat jamu kunyit asam juga sangat baik dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak. Minum jamu ini selain bisa mencerdaskan otak juga dapat mencegah stroke, alzheimer dan meredakan depresi.

Mengatasi Bau Badan

Minum jamu kunyit asam berkhasiat mengatasi bau badan karena kandungan minyak atsiri kunir dan asam Jawa. Masyarakat juga sering minum jamu ini untuk membuat badan lebih harum secara alami.

Itulah berbagai manfaat jamu kunyit asam, warisan Nusantara yang kaya khasiat. Minum jamu ini secara rutin sangat baik untuk menjaga daya tahan dan kesehatan maupun kecantikan tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...