Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaArtikelManfaat Jus Labu Siam Bagus Untuk Diet, Atasi Kolesterol Hingga Diabetes

Manfaat Jus Labu Siam Bagus Untuk Diet, Atasi Kolesterol Hingga Diabetes

Manfaat jus labu siam ternyata baik untuk kesehatan. Jus labu siam memang cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Labu siam merupakan sayuran yang biasanya dimasak menjadi bahan sayur, tumis atau bahkan dipakai lalapan.

Namun saat ini beberapa orang mulai mengonsumsi labu siam dalam bentuk jus. Hal tersebut agar khasiat dari labu siam lebih maksimal dirasakan jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Lalu bagaimana cara membuat jus labu siam?

Membuat jus labu siam cukup mudah, anda cukup mengambil satu butir labu siam. Cuci bersih labu siam sampai getahnya hilang, lalu potong-potong. Labu yang sudah dipotong masukan ke dalam blender. Anda bisa menambahkan apel agar rasanya lebih nikmat.

Sebelum kita uraiakan beberapa manfaat jus labu siam, kita akan jelaskan dulu berbagai kandungan pada labu siam. Labu siam yang memiliki ilmiah Sechium edule ini mengandung cukup karbohidrat sehingga bisa mengenyangkan, meski demikian labu siap memiliki kalori dan lemak yang rendah.

Lemak pada labu siam juga merupakan lemak baik (HDL) dan labu siam tidak mengandung kolesterol sama sekali. Selain itu. labu siam mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti asam folat, vitamin C, vitamin B2, vitamin K, vitamin B6, pantothenic acid (vitamin B5), niacin (vitamin B3), vitamin B1 dan vitamin E.

Labu siam juga kaya akan kandungan mineral seperti kalium, zat besi, zinc, fosforus, sodium, kalsium dan magnesium. Luar biasanya lagi, sayuran yang mudah tumbuh ini mengandung protein dan juga kaya serat. Labu siam juga mengandung apigenin dan luteolin salah satu jenis senyawa flavonoid.

Manfaat Jus Labu Siam untuk Kesehatan

Lalu apa sajakah manfaat jus labu siam untuk kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami uraikan manfaat baik jus labu siam untuk kesehatan dan obat alami berbagai penyakit;

1. Menurunkan Berat Badan (Diet)

Jika anda tengah menjalani program diet, cobalah dibarengi dengan konsumis jus labu siam. Labu siam terbukti ampuh menurunkan berat badan.

Labu siam mengandung air, serat dan kalori yang sangat rendah sehingga cocok untuk anda yang tengah menjalankan program diet. Labu siam juga mudah dicerna dan tidak menumpuk dalam usus atau perut, sehingga perut anda akan terlihat langsing.

2.  Menurunkan Kolesterol

Manfaat jus labu siam yang kedua yakni mampu menurunkan kadar kolesterol. Labu siam diketahui  tidak mengandung kolesterol atau lemak jahat. Labu siam justru mengandung lemak baik. Sehingga bagi anda yang memiliki riwayat sakit kolesterol, jus labu siam bisa menjadi menu pilihan anda.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes juga dianjurkan konsumsi jus labu siam. Labu siam kaya akan berbagai vitamin termasuk vitamin  C, zat besi, asam folat, antioksidan dan lemak tidak jenuh. Rutinlah minum jus labu siam agar kadar gula darah anda berangsur turun.

4. Menurunkan Tekanan Darah (Hipertensi)

Manfaat jus labu siam selanjutnya yakni ampuh menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk mendapatkan khasiat dari labu siam, anda harus rutin tiap hari minum jus labu siam. Labu siam mengandung magnesium yang cukup tinggi, magnesium merupakan mineral yang sangat baik untuk penderita hipertensi.

Penderita hipertensi yang mengonsumsi labu siam akan cenderung tekanan darahnya akan turun berbeda dengan yang tidak mengonsumsi labu siam. Selain mengandung magnesium, kandungan antioksidan pada labu siam berperan penting dalam menurunkan tekanan darah.

5. Perawatan untuk Batu Ginjal

Selain mencoba manfaat jus labu siam, anda juga bisa mengonsumsi daun labu siam. Daun labu siam baik untuk perawatan sakit batu ginjal. Penelitian yang dilakukan University of North Florida menyebut manfaat daun labu siam ampuh atasi batu ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa menumis daun labu siam atau menjadikannya lalapan.

6. Mencegah Sembelit

Seseorang yang mengalami sembelit disebabkan karena kurangnya asupan serat pada tubuh. Untuk mencegah agar sembelit tidak menimpa anda, rutinlah konsumsi jus labu siam. Labu siam tak hanya mengandung serat, tapi juga kaya akan kandungan air, sehingga sangat baik untuk menjaga sistem  pencernaan dan mencegah sembelit.

7. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat jus labu siam berikutnya yakni ampuh menangkal radikal bebas. Mengandung senyawa flavonoid labu siam berperan sebagai antioksidan. Oleh sebab itu, konsumsi jus labu akan mampu menangkal radikal bebas dan membuang racun dalam tubuh.

8. Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Selain memmpunya kemampuan untuk menjaga tekanan darah, kolesterol, hingga menangkal radikal bebas, jus labu siam, juga berperan aktif mencegah berbagai penyakit berbahaya yang bisa saja menyerang tubuh, seperti penyakit kardiovaskular sampai kanker. Mengandung berbagai vitamin dan mineral, labu siam dipercaya ampuh menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

9. Menambah Darah

Manfaat jus labu siam juga baik untuk penderita anemia atau kekurangan darah. Labu siam merupakan sayuran yang mengandung vitamin B2 dan zat besi. Kandungan vitamin B2 dan zat besi inilah yang dipercaya ampuh atasi anemia karena dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh.

10. Baik untuk Perkembangan Janin

Jus labu siam juga baik dikonsumsi ibu hamil. Mengandung asam folat yang tinggi, labu siam sangat baik untuk pertumbuhan sel dan juga DNA. Konsumsi labu siam  dipercaya akan menghindarkan resiko kelahiran bayi cacat.

11. Menambah Stamina

Manfaat jus labu siam lainnya yakni bisa menjadi penambah stamina tubuh. Kandungan senyawa elektrolit  seperti potasium dan kalium pada labu siam, dipercaya menjadi salah satu penambah stamina yang dibutuhkan oleh tubuh.

12. Mencegah Penuaan Dini

Selain baik untuk program diet, jus labu siam juga berkhasiat mencegah penuaan dini. Munculnya penuaan dini sebelum waktunya, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pola hidup yang kurang sehat hingga terpapar radikal bebas. Mengandung senyawa antioksidan, labu siam mampu menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab utama penuaan dini.

Nah, itulah beberapa manfaat jus labu siam yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, terimakasih. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img