Manfaat Kacang Kedelai Tak Hanya untuk Kesuburan Tapi Ampuh Cegah Virus

Manfaat Kacang Kedelai
Ilustrasi Manfaat Kacang Kedelai. Foto: Istimewa

Manfaat kacang kedelai selama ini sering diidentikkan untuk meningkatkan kesuburan. Namun tahukah Anda jika kacang kedelai juga efektif mencegah serangan virus? Namun begitu di balik manfaatnya ternyata terdapat efek samping dari mengonsumsi kacang kedelai.

Kacang kedelai atau disebut kedelai saja dihasilkan dari tanaman jenis polong-polongan. Tumbuhan ini bukanlah asli Indonesia melainkan dari kawasan Asia Timur, seperti China dan Jepang.

Kedelai juga populer dengan sebutan dele, kedele, kadele, dole, kadule, kacang jepun, kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, dekenana, demekun, gadelei, kacang kuning, dan sebagainya.

Dalam bahasa asing disebut soja, soja bohne (bahasa Jerman), sojaboon (bahasa Belanda), dan soybean (bahasa Inggris). Kedelai ternyata telah dimanfaatkan sejak 3500 tahun lalu.

Manfaat kacang kedelai karena menjadi sumber protein nabati dan minyak nabati yang utama di berbagai belahan dunia. Jenis kacang ini diketahui kaya dengan asam amino esensial dan gizi yang sangat lengkap.

Informasi dari Database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebutkan kandungan kacang kedelai terdiri dari energi kalori, protein, karbohidrat, rendah lemak jenuh, dan serat.

Kedelai juga mengandung vitamin C, B1 (thiamin), folat, kalsium, magnesium, zat besi, potasium, dan fosfor. Kandungan protein kedelai sangat lengkap yang mencakup semua dari sembilan jenis asam amino esensial.

Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Kacang kedelai banyak digunakan untuk diolah menjadi tahu, tempe, kecap, tepung, susu, dan sebagainya. Berikut ini berbagai manfaat kacang kedelai untuk kesehatan.

Menurunkan Kolesterol dan Menguatkan Jantung

Kandungan asam amino esensial yang lengkap dalam kedelai sangat berguna untuk mengontrol dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Makan kacang ini berguna untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung.

Menangkal Kanker

Manfaat kacang kedelai dalam melawan penyakit kanker juga telah diketahui sejak lama. Makanan ini kaya antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas penyebab kanker yang merusak sel dalam tubuh.

Efektif untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Kacang kedelai juga ampuh dalam mencegah obesitas. Kedelai rendah glikemik indeks namun kaya serat dan protein yang sangat baik dijadikan menu diet mengontrol dan menurunkan berat badan.

Menguatkan Tulang dan Otot

Manfaat kacang kedelai juga dari kandungan kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor yang berkhasiat untuk menguatkan tulang. Olahragawan juga menyukai minuman atau makanan kedelai karena mampu menguatkan otot dan sendi.

Mencerahkan Kulit

Kacang kedelai yang kaya dengan vitamin E dan nutrisi lain yang efektif membuat kulit lebih cerah dan lembab. Konsumsi kedelai secara rutin juga bisa mengatasi kulit kering dan membuat kulit wajah lebih kencang.

Bikin Awet Muda

Selain mencerahkan kulit, manfaat kacang kedelai yang kaya nutrisi juga mampu membuat panjang umur dan awet muda. Konsumsi makanan yang dbuat dari keledai sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh.

Efek Samping Kacang Kedelai yang Wajib Diketahui

Meskipun kacang kedelai merupakan makanan sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun ternyata juga ada efek negatifnya. Berikut ini beberapa efek samping kacang kedelai yang wajib Anda tahu.

Mengandung Antinutrien

Manfaat kacang kedelai salah satunya karena mengandung antinutrien, yaitu senyawa yang bisa menghalangi penyerapan zat gizi tertentu. Namun proses pengolahan menjadi makanan lain bisa menghilangkan senyawa ini, seperti dengan proses fermentasi menjadi tempe.

Benarkah Kedelai Bisa Menggantikan Daging Merah?

Sejumlah penelitian menemukan tingginya protein dalam kacang kedelai mampu menggantikan daging merah maupun makanan kaya protein lainnya. Yang menarik, keutamaan kacang kedalai karena tak mengandung lemak jahat seperti daging.

Benarkah Kedelai Memicu Kanker?

Kacang kedelai juga diketahui mengandung isoflavon. Senyawa ini mempunyai sifat mirip estrogen yang bisa menyebabkan kanker. Namun penelitian menemukan efek samping kacang kedelai terjadi jika dikonsumsi berlebihan.

Itulah berbagai manfaat kacang kedelai untuk kesehatan. Untuk mengoptimalkan khasiatnya untuk tubuh, sebaiknya olah kedelai dengan cara yang benar dan dikonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan. (R9/HR-Online)