Manfaat Kacang Panjang yang Bersifat Anti Bakteri dan Anti Virus

Manfaat Kacang Panjang yang Bersifat Anti Bakteri dan Anti Virus
Kacang panjang ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Foto:Ist/Net

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan ternyata juga sepanjang seperti bentuknya. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, kacang panjang kabarnya juga baik untuk memperindah bentuk payudara. Benarkah demikian?

Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang snagat populer dansering menjadi teman lauk makan masyarakat kita. Setiap hari sayuran berbentuk panjang dan berwarna hijau ini bisa ditemukan di pasar.

Tanaman kacang panjang (Vigna unguiculata ssp. Sesquipedalis), seperti dikutip dari Wikipedia, tumbuh dengan cara melilit dan memanjat. Buah dari tanaman inilah yang populer sebagai sayuran yang enak ditumis, dilodeh, ataupun untuk lalapan. Selain dikenal sebagai sayuran yang enak, manfaat kacang panjang ternyata juga sangat baik untuk kesehatan. Bahkan sayuran hijau ini telah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan penyakit.

Kacang panjang diketahui mengandung banyak nutrisi. Dikutip dari data USDA National Nutrient, sayuran ini banyak mengandung kalori, karbohidrat, protein, vitamin A, C, riboflavin, folat, thiamin, niacin, pyridoxine, dan pantothenic acid.

Kacang panjang juga kaya mineral kalsium, magnesium, zat besi, mangan, kalium, fosfor, selenium, tembaga, dan zinc. Di dalam sayuran ini juga terkandung lemak baik, serat diet, dan senyawa polifenol yang bersifat antioksidan.

Manfaat Kacang Panjang yang Berkhasiat Obat

Mengonsumsi kacang panjang sebagai lalapan mentah sangat baik karena kandungan nutrisinya masih utuh. Berikut berbagai manfaat kacang panjang untuk kesehatan dan mengobati penyakit.

  1. Menangkal Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan dan asam folat dalam sayuran hijau ini membuatnya sangat baik untuk mencegah dan menekan riiko penyakit kanker. Terlebih kanker payudara, kanker otak, kanker usus, maupun kanker paru-paru.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat kacang panjang juga berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan nutrisi, serat, dan lemak baik sayuran ini mampu mencegah penyumbatan darah sehingga baik untuk jantung.

3. Menambah Darah dan Mengatasi Anemia

Untuk Anda yang mengalami anemia atau kekurangan darah sangat dianjurkan mengonsumsi sayuran kacang panjang. Kandungan zat besi dan mineral lainnya berguna dalam merangsang produksi sel darah merah.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurunkan gula darah merupakan salah satu manfaat kacang panjang. Sebuah penelitian menemukan khasiat sayuran hijau yang efektif dalam menurunkan kadar glukosa darah meski masih dilarang untuk diabetes.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kacang panjang yang banyak mengandung vitamin C dan polifenol berkhasiat dalam meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Konsumsi sayuran ini juga baik untuk mencegah radikal bebas dan mengatasi infeksi.

6. Memperbesar Ukuran Payudara

Penelitian menemukan kandungan fitoestrogen dalam sayuran ini yang berguna memperbesar payudara. Namun manfaat kacang panjang yang satu ini tentunya efektif untuk Anda yang pertumbuhan fisiknya masih berjalan. Baik dimakan mentah atau dibuat masker payudara.

7. Meningkatkan Stamina Tubuh

Buat para olahragawan atau pekerja berat, konsumsi kacang panjang juga bermanfaat untuk mengatasi lesu lelah dan meningkatkan stamina tubuh. Kandungan serat dan mineralnya efektif meningkatkan kebugaran tubuh.

8. Makanan Wajib Ibu Hamil

Manfaat kacang panjang untuk ibu hamil juga sangat baik karena bisa menjadi sumber nutrisi. Kandungan asam folat dalam sayuran ini penting untuk pertumbuhan sel dan DNA janin sehingga wajib dimakan bumil.

9. Mengurangi Rasa Nyeri

Penelitian juga menemukan efek analgesik dalam kacang panjang yang berkhasiat meredakan dan mengurangi rasa nyeri. Baik nyeri saat haid maupun penyebab lainnya. Makan sayuran ini juga baik untuk kesehatan kulit.

Selain yang telah disebutkan, manfaat kacang panjang juga baik untuk mengatasi beri-beri, peluruh kencing, bersifat antibakteri, antivirus, mengatasi BAB, dan untuk diet menurunkan berat badan. (R9/HR Online)

Loading...