Manfaat Kacang Tanah yang Berkhasiat Haluskan Kulit, Atasi Penyakit Jantung Hingga Depresi

Manfaat kacang tanah
Ilustrasi Manfaat kacang tanah. Foto: Istimewa

Manfaat kacang tanah ternyata tak hanya enak untuk cemilan, namun juga kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kacang tanah mengandung minyak dan banyak digunakan di industri makanan.

Kacang tanah (Arachis hypogaea) merupakan tanaman jenis kacang-kacangan yang juga dikenal dengan sebutan kacang una, kacang kole, suuk, kacang jebrol, kacang bandung atau kacang banggala. Dalam bahasa Inggris disebut peanut atau groundnut.

Kacang tanah bukan asli dari Nusantara melainkan berasal dari Amerika. Kacang yang pematangannya di dalam tanah ini sangat populer bagi masyarakat Indonesia dan terpenting fungsinya selain kedelai.

Manfaat kacang tanah terutama karena kandungan nutrisinya yang cukup banyak. Seperti dikutip dari Wikipedia, kacang jebrol ini merupakan sumber energi tubuh yang penting. Protein dan asam aminonya penting untuk pertumbuhan tubuh.

Kacang tanah juga banyak mengandung vitamin B kompleks, seperti thiamin, niacin, asam pantotenat, riboflavin, asam folat, piridoksina, vitamin B6, B9, vitamin A dan vitamin E.

Kacang ini juga kaya mineral, seperti kalsium, magnesium, zat besi, tembaga, mangan, selenium, fosfor, seng, kalium dan natrium. Selain itu juga ada fitonutrien seperti B-karoten dan kriptosantin serta serat makanan.

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Begitu banyaknya kandungan nutrisi kacang tanah membuatnya sangat baik dikonsumsi secara rutin. Berikut ini berbagai manfaat kacang tanah untuk kesehatan dan kecantikan yang sebaiknya Anda tahu.

Mencegah Penyakit Jantung

Nutrisi kacang tanah juga bersifat antioksidan polifenolik dan resveratrol yang berkhasiat menangkal dan melawan gangguan jantung. Kacang tanah juga kaya asam lemak tak jenuh tunggal dan asam oleat yang efektif menangkal jantung koroner.

Mengatasi Penyakit Saraf dan Alzheimer

Manfaat kacang tanah juga karena kandungan fitokimia yang berkhasiat dalam mencegah dan mengatasi penyakit saraf, termasuk penyakit alzheimer. Karena itu konsumsi kacang ini dapat mencegah stroke maupun kepikunan.

Mengatasi Kanker

Antioksidan dalam kacang tanah berkonsentrasi tinggi. Bahkan kandungan ini semakin aktif jika kacang direbus yang sangat berguna mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengatasi kanker, khususnya kanker perut dan kanker usus besar.

TCL

Membuang Racun dari Tubuh

Manfaat kacang tanah yang kaya serat berguna membersihkan tubuh dari racun dan limbah. Baik yang menyerang kulit maupun pencernaan. Karena makan kacang tanah sangat baik untuk menetralisir racun.

Mengobati Batu Empedu

Mengonsumsi selai kacang tanah seminggu sekali sebanyak dua sendok makan saja berkhasiat mencegah risiko penyakit batu empedu. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat baik dikonsumsi secara rutin.

Meredakan Stres dan Depresi

Manfaat kacang tanah juga karena kandungan triptofan yang berperan dalam meningkatkan serotonin, sehingga bisa mengatasi stres dan depresi. Karena itu jika Anda sedang galau atau stres sangat baik makan kacang ini.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Mineral mangan dalam kacang tanah berkhasiat dalam mengontrol dan mengendalikan kadar gula darah. Mineral ini juga penting dalam melancarkan penyerapan kalsium dan menjaga metabolisme karbohidrat.

Meningkatkan Kesuburan

Buat Anda yang kesulitan mendapatkan momongan sangat dianjurkan mengonsumsi kacang tanah. Selain meningkatkan kesuburan, manfaat kacang tanah juga bisa mencegah bayi lahir cacat.

Mengatasi Jerawat

Kandungan kacang tanah juga bersifat anti-peradangan yang baik untuk mengatasi radang dan penyakit kulit, sepert jerawat, eksim dan jamur kulit. Karena itu kacang tanah dikatakan sebagai penyebab jerawat adalah mitos.

Mengencangkan Kulit

Kacang tanah juga kaya vitamin E, magnesium dan seng yang dibutuhkan dalam regenerasi sel kulit. Makanan ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kekencangan kulit dan membuat wajah lebih bercahaya.

Itulah beragam manfaat kacang tanah untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Besarnya khasiat kacang-kacangan ini sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Baik dengan direbus ataupun dalam bentuk selai kacang. (R9/HR-Online)

Loading...